pulsa-logo

5 Langkah Irit Pemakaian Data Smartphone


HAIRUDIN

Kamis, 14 Juli 2016 • 09:58


 

Makin luasnya cakupan jaringan super cepat 4G LTE, membawa berkah bagi penikmat layanan social networking termasuk pecinta streaming (video maupun audio). Akses data jadi makin mudah, dengan akselerasi yang kian cepat. Namun imbasnya, pemakaian data smartphone bisa-bisa jadi tidak terkontrol.

Sebagai contoh, streaming video di YouTube untuk durasi sekitar satu jam bisa menyedot data hingga ratusan kilobyte. Itu baru satu, gimana kalau Anda juga main game online, chatting, Facebook atau Path sekaligus? Paket data yang standar saja sih pasti bisa ‘jebol’, dan musti ditambah lagi kuotanya. Kalau sudah begitu, pasti urusannya biaya lagi.

Nah…supaya Anda tetap bisa menikmati semua layanan ‘dunia maya’tersebut tapi tetap bisa ‘ngirit’, sebaiknya lakukan 5 langkah penting berikut ini:

 

1. Matikan Background Data 

 


Fitur ini sejatinya berguna untuk aplikasi-aplikasi tertentu supaya selalu update dan tersingkronisasi. Namun jika aplikasi jenis ini banyak Anda miliki, sebaiknya sih dinonaktifkan saja untuk menghemat data. Di pengaturan ‘Data Usage’ ada fitur Restrict background data yang harus di-off-kan. 

 

Untuk mengaturnya, masuk ke menu Settings > Data Usage, tap tombol menu (tiga titik di pojok kanan atas) > Tap restrict background data > OK.

 

 

2. Matikan opsi Singkronisasi

 

Opis ini akan otomatis muncul ketika Anda menambahkan akun Google ke perangkat Android. Dan semua fasilitas Google yang terintegrasi dengan akun Anda tersebut akan tersingkronisasi.

Nah, jika singkronisasinya aktif terus-menerus, otomatis akan menyedot data seluler yang Anda gunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pengaturan singkronisasi sesuai kebutuhan. Jika perlu, malah sebaiknya dinonaktifkan (dimatikan) saja.

 

Untuk mengaturnya, pilih Settings > Accounts > Tap akun Google Anda. Selanjutnya, atur opsi singkronisasi sesuai kebutuhan. Anda bisa menonaktifkan yang tidak terlalu penting seperti Google Play Newsstand, News & Weather dan lainnya.

 

 

3. Chrome Data Saver

 

Fasilitas lain yang juga kerap menjadi momok ‘borosnya’ penggunaan data adalah browser. Untuk meminimalisirnya, Anda bisa memanfaatkan opsi ‘mobile browser’ dan menonaktifkan tampilan image langsung saat browser beroperasi. Namun untuk Anda yang biasa menggunakan browser bawaan Google yakni Chrome, bisa pula dengan mengaktifkan mode ‘Data saver’. 

 

Caranya, buka browser Chrome > Tap menu berupa ikon tiga titik di sudut kanan atas > Pilih Settings > Tap ‘Data saver’ dan aktifkan opsi ini.

 

 

4. Kurangi Streaming

 

Anda yang biasa menonton video di layanan streaming, sebaiknya kurangi aktifitas online-nya. Manfaatkan mode offline seperti yang ditawarkan oleh YouTube. Lewat fitur ini, video yang ingin Anda tonton akan disimpan ke folder offline yang ada di ponsel.

 

Saat proses penyimpanan memang menyedot data juga, namun ketika sewaktu-waktu ditonton ulang, video tersebut akan distreaming langsung dari penyimpanan offline dan tidak menggunakan koneksi data lagi.

 

Buka YouTube > Pilih streaming video yang diinginkan > Tap ikon download. Untuk menontonnya, bisa masuk ke folder akun YouTube offline Anda.

 

 

5. Kurangi Kualitas Streaming

 

Saat streaming video maupun konten online lain, biasanya Anda akan memilih tayangan yang maksimal supaya tampilannya jernih dan bagus. Langkah ini tentu saja bisa menguras bandwidth data. Oleh sebab itu, sebaiknya atur kualitas tayangan sesuai dengan smartphone. 

 

Misalnya, dari yang biasanya Full HD 1080p atau HD 720p, rubah ke format standar 360p atau 480p. Toh jika ditayangkan di layar smartphone, kualitas standar pun sebenarnya sudah lumayan apik dan tentunya lebih ramah konsumsi data.

 

Untuk mengaturnya, Anda bisa menyesuaikan pilihannya dengan platform layanan streaming yang digunakan, misalnya YouTube. Buka YouTube > Pilih streaming video yang diinginkan > Tap menu berupa ikon tiga titik yang muncul di tayangan video > Pilih ‘Quality’dan sesuaikan resolusinya. 

 

 

Selamat mencoba!