pulsa-logo

5 Tips Ringan Bagi Pengguna Apple Music


tabloid pulsa

Jum'at, 22 Juli 2016 • 10:25


 

Siapa yang sampai saat ini masih menggunakan dan terdaftar di layanan Apple Music? Masih banyak kan? Sebagai orang yang selalu kepingin tahu, alias kepo-an, kami sebenarnya berlangganan ke semua aplikasi streaming yang tersedia untuk pengguna Indonesia. Dalam hal ini selain Apple Music, kami juga berlangganan Spotify. Dan dua layanan ini aktif di semua perangkat kami, entah itu iPhone, ponsel sekunder yang berbasis Android (iya, dengan Apple Music for Android Beta), hingga perangkat komputer untuk bekerja dan edit video. Keduanya saling melengkapi.

 

Namun karena satu alasan yang sebenarnya sepele, ahem, karena sampai tulisan ini dibuat di Spotify tidak ada lagu JKT48 :P maka Apple Music tetap menjadi andalan kami dalam mendengarkan musik baik secara streaming maupun offline.

 

Dan sebagai teman mudik di lebaran kali ini, mungkin Anda butuh sejumlah tips berikut. Dipastikan pengalaman Anda ber-Apple Music akan lebih baik.

 


1. Shuffle Musik, dan Biarkan Apple Mengejutkan Anda

 

Selama ini, mungkin Anda harus memilih daftar lagu atau playlist yang disediakan oleh para editor dan kurator musik Apple melalui playlist-playlist yang bertema. Atau membuat playlist sendiri dan mengatur algu apa yang akan dimainkan berikutnya dan seterusnya. Kalau Anda kangen ingin mendengarkan lagu-lagu yang ada di My Music, Anda bisa memainkan semuanya dengan mode shuffle. Biarkan sistem yang memilih lagu untuk kita.

 

 

Caranya masuk ke tab My Music, lalu geser ke bawah tampilan my music, sehingga muncul pilihan shuffle. Klik pilihan ini dan sistem akan mulai membuat daftar lagu yang acak dari daftar lagu yang ANda miliki.

 

2. Hanya Tampilkan Lagu yang Ada di Memori Ponsel

 

Secara default, tampilan my music akan memperlihatkan semua lagu yang kita daftarkan di my music, entah itu yang bersifat streaming maupun yang sudah kita download ke dalam memori ponsel. Oleh karena itu, mungkin kita akan secara sengaja memainkan lagu yang tersimpan di cloud sehingga mengambil kuota data. 

 

 

Untuk mengatasi hal ini, terutama jika Anda ingin menikmati musik tanpa terganggu naik turun kualitas koneksi data, Anda bisa memilih untuk hanya menampilkan musik yang sudah didownload saja. Caranya: Masuk ke tab My Music- Sentuh tulisn artits atau album atau songs, sehingga memunculkan pop up. Cari pilihan Only Downloaded Music yang terletak paling bawah dan geser saklarnya ke ON.

 

3. Matikan Apple Music Connect 

 

Fitur Connect pada Apple Music sejatinya disiapkan agar kita bisa lebih dekat dengan musisi yang kita ikuti (follow), tapi sayangnya fitur ini tidak terlalu bermanfaat dan bahkan kerap membuat Apple Music jadi lebih lambat saat tidak sengaja memilih TAB Connect ini. Anda bisa mematikannya secara manual.

 

 

Caranya, masuk ke settings > general > restriction> enable restricton > geser saklar pada Apple Music Connect ke OFF. Jika ANda kembali ke Apple Music, maka TAB Connect akan digantikan dengan TAB Playlist.

 

4. Ubah Musik Favorit

 

Selama ini Apple menggunakan algoritma yang tersimpan pada saat kita mendaftarkan diri di Apple Music untuk mengatur dan menyarankan kumpulan lagu kepada kita. Masih ingat saat kita ditanya musisi favorit atau genre musik favorit saat pertama membuat akun? Jika saat ini kecenderungan Anda sudah berubah. Mungkin dulu tidak suka dangdut dan tiba-tiba dangdut menyelamatkan hidup Anda, maka hal ini bisa dirubah kapan saja.

 

 

Caranya, sentuh ikon user di kiri atas layar Apple Music dan pilih Choose Artist For You. Akan muncul gelembungh-gelembung merah yang berisi genre musik. Ingat, bahwa semakin besar gelembung yang muncul maka semakin tertarik Anda pada jenis musik itu. Jika bermaksud mengubah salah satunya silakan sentuh gelembung tersebut atau rest dan mengulangi dari awal.

 

5. Cara Lain Beri Tahu Apple Musik Favorit Kita

 

Selain mengubah musik favorit berdasarkan genre, musisi dan sebagainya via gelembung preference di nomor 4, kita pun bisa memberi tahu Apple untuk mendaftarkan sejumlah musik ke dalam algoritma mereka dengan cara lain.

 

 

Yaitu dengan menyentuh ikon hati di setiap nomor lagu yang kita sukai. Saat meaminkan lagu, geser tampilan playnoe ke atas, atau sentuh pilihan playnow yang ada di bawah tampilan My Music. Lalu sentuh tanda hati yang ada di bagian kiri, sejajar dengan tombol revv, pause dan next. Dengan demikian Apple akan mencatat dan menambahkannya sebagai salah satu lagu favorit kita yang akan dijadikana cuan dalam merekomendasikan musik dan playlist di tab FOR YOU.