pulsa-logo

Cara Jitu Hemat Baterai Saat Main Pokemon Go


Hairuddin

Kamis, 04 Agustus 2016 • 16:19


(Pic:thetechnews.com)(Pic:thetechnews.com)

Meski secara resmi belum tersedia untuk wilayah Indonesia, namun gaung Pokemon Go sudah terasa di mana-mana. Tak seperti game berbasis Augmented Reality lain, Pokemon Go mampu menghipnotis para gamer smartphone untuk mencicipi game anyar ini.

Selain menghadirkan katalog Pocket Monster (Pokemon) yang unik dan lucu, sesuai dengan game lawas dan film animasinya, Pokemon Go juga menghadirkan game play yang bisa bikin penasaran pemainnya. Untuk mendapatkan Pokemon yang diinginkan, Anda harus berkeliling kampung sambil berlari-lari kecil, bahkan kalau perlu sampai harus mampir ke rumah ‘mantan’ loh.

Sayangnya, selain menawarkan game yang cukup sensasional, Pokemon Go juga ternyata memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah menyedot konsumsi baterai ponsel yang cukup besar.

Lalu, ada gak sih cara yang cukup ampuh supaya baterai ponsel tetap aman saat bermain Pokemon Go? Jawabannya, tentu saja ada caranya. Bukan dengan membawa baterai cadangan atau powerbank, tapi Anda cukup memanfaatkan fitur yang ada di game Pokemon Go itu sendiri termasuk melakukan sedikit pengaturan.

Nah, buat yang penasaran berikut triknya:

1.    Mengaktifkan Mode Battery Saver

Meski tidak terlalu maksimal, namun cara ini cukup bisa diandalkan untuk sedikit menghemat penggunaan baterai saat Anda bermain Pokemon Go.


Ketika mode ini diaktifkan, layar ponsel akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan alias meredup. Meski begitu, Anda tetap akan mendapat notifikasi getar saat Pokemon muncul di dekat Anda.

Untuk mengaktifkan mode ini, masuk ke menu settings game Pokemon Go. Klik gambar Pokeball > Pilih ikon gir/Settings yang ada di pojok kanan atas tampilan game > Beri tanda centang di opsi ‘Battery Saver’ untuk mengaktifkan mode ini.

2.    Menonaktifkan mode AR (Augmented Reality)

Langkah selanjutnya adalah usahakan tidak menggunakan mode AR (Augmented Reality) ketika akan menangkap Pokemon yang muncul. Memang sih, saat mode AR ini dinonaktikan, sensasi Augmented Reality yang jadi unggulan game Pokemon Go jadi tidak terasa lagi.

Namun, jika masalah baterai yang boros saat bermain Pokemon Go jadi masalah terbesar bagi Anda, ya mau tidak mau sebaiknya mode AR ini harus dinonaktifkan.

Caranya, saat Anda ingin menangkap Pokemon liar yang muncul, di mode siap melempar Pokeball, geser toggle AR ke mode normal untuk menonaktifkannya.

Semoga bermanfaat! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)