pulsa-logo

Cara Menambah/Menghapus Aplikasi di Private Space Coolpad Max/Max Lite


Hairuddin

Senin, 05 September 2016 • 16:04


Coolpad Max dan Max Lite merupakan dua smartphone terbaru Coolpad yang hadir di pasaran tanah air. Keduanya menawarkan spesifikasi dan fitur terkini, dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Dari deretan fitur yang dibawanya, ponsel ini mengunggulkan kemampuan “Dual Space”.

Fitur Dual Space ini menjadikan Anda seolah-olah memiliki dua ponsel berbeda di satu perangkat. Anda bisa memiliki aplikasi maupun game yang sama dengan dua akun berbeda di satu ponsel. Misalnya saja, WhatsApp, Facebook, BBM hingga game Clash of Clans.

Lewat teknologi Dual Space ini, Coolpad menghadirkan dua interface berbeda yang terdiri dari Main Space dan Private Space. Di main Space, Anda akan menjumpai daftar fitur ponsel yang umum. Sementara di Private Space, Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dan tentunya bisa diproteksi menggunakan system pengamanan khusus semisal password maupun fingerprint sensor.

Selain beberapa fitur default seperti pengaturan dan email client, di Private Space juga tersedia launcher Play Store layaknya di Main Space. Tak seperti layanan Dual Space yang banyak ditawarkan aplikasi besutan developer pihak ketiga, daftar aplikasi maupun game di Private Space tidak secara otomatis muncul ketika Anda menginstalnya di Main Space. Melainkan, Anda harus menambahkannya secara manual. Lalu, bagaimana cara menambahkan aplikasi maupun game ke Private Space ini? Simak ritualnya berikut ini:

Menambahkan Aplikasi/Game

1.    Di jajaran menu utama, Anda akan menjumpai launcher Private Space. Pilih dan buka ‘Private Space’. Anda akan disuguhi informasi penting terkait fitur ini, klik ‘Enjoy Now’.



2.    Di dalamnya, Anda akan menemukan Play Store. Login ke Play Store menggunakan akun Google yang Anda miliki.

3.    Setelah masuk ke Play Store, cari aplikasi atau game yang Anda inginkan. Misalnya saja aplikasi Path.

4.    Download dan Instal aplikasi Path layaknya Anda menginstal aplikasi pada umumnya.

5.    Jika prosesnya selesai, launcher aplikasi tersebut akan muncul di daftar menu Private Space.

6.    Untuk menjalankan aplikasi tersebut, tinggal buka dan login seperti biasa saja.

Menyembunyikan Aplikasi/Game

1.    Masuk ke Setting di Main Space, pilih ‘Space Management’.

2.    Selanjutnya tap ‘Private Space’.

3.    Di di opsi ‘Freezing Apps’, pilih aplikasi atau game yang ingin Anda sembunyikan. Cukup dengan men-tap-nya hingga muncul tanda centang di toggle bar.

4.    Dan aplikasi/game yang Anda pilih pun hilang dari daftar menu Private Space.

5.    Untuk memunculkannya kembali, tinggal menghilangkan tanda centang tadi.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)