pulsa-logo

14 Kiat Menghemat Baterai iPhone


dian iskandar

Selasa, 13 September 2016 • 18:42

14 Kiat Menghemat Baterai iPhone, tabloid pulsa


Memiliki ponsel pintar dengan waktu siaga panjang tentu menjadi dambaan semua orang. Selain membeli iPhone 7 yang memiliki kapasitas baterai lebih besar, pengguna juga harus lebih bijak kala menggunakan ponsel terutama saat sedang bepergian. Berikut 14 kiat praktis yang bisa Anda lakukan agar baterai iPhone milik Anda hidup lebih lama:

1.    Periksa aplikasi yang menyedot daya baterai paling besar

Periksa aplikasi yang mengonsumsi daya baterai Anda dengan masuk ke settings-> General -> Battery -> Last 7 days -> Geser ikon untuk melihat aplikasi mana yang menyedot daya paling besar lalu uninstall jika aplikasi tersebut memang jarang digunakan.

2.    Hapus aplikasi Facebook Anda

Hematlah baterai iPhone Anda dengan mengakses Facebook langsung dari browser dan lakukan uninstalasi aplikasi Facebook Anda dikarenakan aplikasi ini memang yang paling banyak menyedot daya.

3.    Gunakan ad blocker


Iklan pop-up pada situs dapat mempengaruhi konsumsi daya baterai saat menjelajah dunia maya dengan menggunakan iPhone. Jika Anda termasuk pengguna iPhone yang kerap berselancar di dunia maya, menginstal aplikasi pencegah iklan pop-up seperti 1Blocker dipercaya dapat mengurangi konsumsi daya baterai hingga dua kali lipat.

4.    Jangan paksa tutup aplikasi

Menutup aplikasi secara paksa yang sedang berjalan tidak akan dapat memperpanjang waktu siaga seperti yang selama ini banyak dipercayai orang.

5.    Gunakan Low Power Mode atau mode pesawat

Agar iPhone mengonsumsi daya lebih sedikit, aktifkan Low Power mode dengan masuk ke settings->Battery->Low Power Mode. Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat dengan masuk ke settings->Airplane mode. Dengan mengaktifkan mode pesawat, seluruh konektivitas komunikasi, data, NFC dan Bluetooth akan dimatikan.

6.    Turunkan kecerahan layar

Agar layar iPhone Anda tidak menghabiskan banyak daya, turunkan kecerahannya. Dengan mengatur kecerahan pada posisi rendah, konsumsi daya untuk menghidupi layar iPhone kini dapat lebih dihemat.

7.    Matikan GPS atau layanan lokasi

Pada posisi GPS aktif, iPhone akan secara terus menerus menyalakan layanan pencarian lokasi yang secara langsung akan membuat daya baterai cepat terkuras. Ketika Anda berada di dalam ruangan tertutup, GPS akan berusaha keras untuk menentukan lokasi Anda yang pada gilirannya membuat waktu siaga iPhone semakin singkat. Untuk mematikan layanan lokasi silakan masuk ke Settings->Privacy->Location Services.

8.    Matikan Push Email

Jika Anda memiliki banyak akun email, menyalakan pengaturan push email tentu akan memaksa iPhone Anda untuk secara terus menerus memeriksa keseluruhan akun milik Anda setiap saat. Agar Anda bisa menghemat pemakaian baterai, maka Anda bisa mengatur supaya email Anda dapat diperiksa setiap selang waktu tertentu seperti 15 menit, 30 menit atau setiap jam sekali. Perubahan pengaturan tersebut bisa Anda lakukan dengan masuk ke Settings->Mail, Contacts, Calendars -> fetch new data.

9.    Matikan Refresh Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya kerap membuat baterai iPhone Anda cepat terkuras. Nah agar semua aplikasi yang sudah tidak aktif tidak berjalan di latar belakang maka Anda bisa mematikannya dengan masuk ke Settings-> General -> Background App Refresh.

10.    Matikan Data ketika sinyal lemah

Ketika Anda berada di lingkungan dengan kekuatan sinyal telekomunikasi seluler yang lemah, iPhone akan secara terus menerus berusaha mendapatkan sinyal yang terbaik dengan menaikkan daya pada antena miliknya. Akibatnya, konsumsi daya kian meningkat yang menyebabkan iPhone jadi cepat kehabisan baterai.

11.    Matikan notifikasi aplikasi yang tak dibutuhkan

Masuknya notifikasi dari aplikasi secara secara berulang kali tentu akan membuat konsumsi daya meningkat karena setiap ada notifikasi yang masuk layar iPhone akan menyala yang notabene akan meningkatkan kebutuhan daya. Dengan mematikan notifikasi yang masuk dari aplikasi yang tak dibutuhkan maka Anda dapat menghemat pemakaian daya. Untuk melakukannya, maka Anda cukup masuk ke Settings->Notifications lalu pilih nama aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan lanjutkan dengan menonaktifkan Allow Notification. Jika Anda ingin mematikan semua notifikasi, maka Anda tinggal memilih Do Not Disturb dengan masuk ke Settings-> Do Not Disturb.

12.    Matikan iCloud Keychain

Jika Anda tidak membutuhkan iCloud silakan nonaktifkan iCloud Keychain dengan masuk ke Settings->iCloud->Keychain.

13.    Aktifkan pengindeksan Spotlight Search

Spotlight Search adalah fitur pada iPhone yang memungkinkan pengguna untuk menemukan sembarang item pada iPhone Anda dengan lebih cepat berkat proses pengindeksan yang diperbarui secara konstan dari waktu ke waktu. Membiarkan proses pengindeksan tersebut terus menyala tentu akan membuat baterai iPhone jadi lebih cepat habis. Matikan proses pengindeksan ini dengan masuk ke Settings->general->Spotlight Search.

14.    Jangan meletakkan iPhone di lingkungan dengan suhu ekstrim.

Dari ke 14 tips di atas, tidak semua harus dilakukan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk menonaktifkan data atau mode pesawat, bisa dilakukan jika Anda benar-benar tidak sedang menunggu informasi penting.  Semoga bermanfaat!

 

Sumber