pulsa-logo

5 Fitur Keren Android Marshmallow


Galing

Rabu, 12 Oktober 2016 • 18:58

5 Fitur Keren Android Marshmallow, os Android Marshmallow, tips Android Marshmallow, tips and trick Android Marshmallow


Meskipun sudah berusia setahun, tidak semua pengguna Android sudah menikmati manisnya Marshmallow. Bagi Anda pengguna perangkat seperti Samsung atau Xiaomi yang beruntung mendapatkan update Marshmallow, maka Anda sekarang dapat secara langsung menikmati fitur-fitur keren yang sebelumnya tidak tersedia pada Android versi lawas. Apa saja itu? Simak ulasannya pada tulisan berikut:

1.Google now on tap

Nyalakan Google Now on Tap dengan menekan tombol home beberapa saat hingga muncul perintah pengaktifan Google Now on Tap. Setelah Anda berhasil mengatur Google Now on Tap aktif, maka Anda bisa membuka Google Now tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang Anda buka sekarang. Begitu Anda menahan tombol home maka Anda bisa melihat Google Now akan terbuka diatas aplikasi lain yang sedang Anda jalankan.

2.Sesuaikan setelan cepat dan bilah status

Agar dapat mengotak-atik quick settings dan status bar, maka Anda harus mengaktifkan lebih dulu fitur System UI Tuner pada Android Marshmallow. Caranya cukup dengan mengusap jari dari atas ke bawah layar lalu tahan ikon gerigi atau gear di sudut kanan atas hingga Anda mendapatkan pesan “Congrats! System UI Tuner has been added to Settings.” Selanjutnya Anda dapat mengatur ulang pintasan ikon pada quick settings atau menonaktifkan ikon supaya tidak tampil di status bar.


3.Kelola izin aplikasi

Pada Marshmallow, Anda sekarang bisa menentukan izin apa saja yang bisa diberikan pada aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat. Contohnya pada browser Chrome, Anda bisa melihat bahwa aplikasi ini punya kemampuan untuk mengakses kamera, kontak, lokasi, mikrofon dan ruang penyimpanan perangkat Anda. Selain itu ketika Anda pertama kali menjalankan aplikasi, maka perangkat akan selalu meminta konfirmasi kepada Anda sebelum mereka ingin mengakses kamera misalnya. Dengan ditambahkannya pengelolaan izin aplikasi, Anda bisa memastikan bahwa aplikasi yang Anda instal tidak akan mengakses informasi dalam perangkat tanpa konfirmasi dari pengguna.

4.Terjemahkan dengan Google Translate

Ketika Anda menyorot atau memblok sebuah teks maka Anda akan diberikan opsi untuk menyalin, memotong, menempel atau mengetahui terjemahan teks yang terpilih. Begitu Anda memilih translate, maka perangkat akan secara otomatis membuka Google Translate guna menampilkan hasil terjemahan kata yang dipilih tersebut ke bahasa lain yang Anda inginkan.

5.Buka tautan dengan aplikasi tertentu

Dengan fitur baru ini, setiap jenis tautan yang Anda pilih kini akan dapat dibuka dengan aplikasi tertentu. Misalnya ketika tautan yang Anda pilih adalah YouTube, maka aplikasi default yang terbuka adalah YouTube. Sementara bila misalkan tautan yang Anda pilih adalah situs sebuah forum maka perangkat akan secara otomatis membukanya dengan aplikasi Tapatalk, demikian seterusnya. Untuk menghidupkan fitur ini silakan masuk ke settings -> apps->cog->advanced settings dan tentukan tautan yang ingin Anda kaitkan dengan aplikasi bersangkutan.

Demikianlah lima fitur keren Android Marshmallow yang bisa langsung Anda nikmati begitu Anda berhasil melakukan update perangkat Android Anda. Jika Anda termasuk salah satu pengguna Android yang telah berhasil mencicipi manisnya Marshmallow, silakan tinggalkan komentar Anda dibawah mengenai fitur-fitur keren apa saja yang sudah berhasil Anda coba gunakan.

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42