pulsa-logo

10 Aplikasi Android Wajib di Smartphone Baru


dian iskandar

Rabu, 19 Oktober 2016 • 19:01

10 Aplikasi Android Wajib di Smartphone Baru


Setelah berhasil membeli ponsel pintar Android yang sesuai dengan kebutuhan Anda, hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah mendapatkan manfaat optimal dari perangkat tersebut. Agar Anda bisa mengoptimalkan perangkat pintar, maka ada baiknya Anda menginstal beragam aplikasi bermanfaat dari Play Store.

Agar tak bingung menentukan aplikasi apa saja yang harus diinstal di perangkat baru, simak saja sepuluh daftarnya berikut ini:

1.       Aplikasi Operator

Sebelum menginstal aplikasi lainnya, pastikan Anda menginstal lebih dulu aplikasi besutan operator langganan Anda. Dengan menginstal aplikasi dari operator, Anda tentu dapat dengan mudah mengecek pulsa, sisa kuota data serta membeli ragam paket layanan khas yang ditawarkan oleh operator. Khusus bagi Anda pelanggan Smartfren dan Bolt, menginstal aplikasi besutan dari operator tentu merupakan syarat wajib bagi Anda. Hal ini dikarenakan pada ponsel yang berjalan di jaringan LTE, kedua operator tersebut tidak mendukung kode USSD yang umumnya digunakan untuk mengecek saldo pulsa.

2.       Aplikasi Navigasi



Agar dapat memudahkan Anda ketika melakukan perjalanan, aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze tentu merupakan hal yang wajib ada pada ponsel Anda. Berbekal Waze, Anda dapat memantau rute tercepat saat ingin melakukan perjalanan ke kantor misalnya. Selain mendapatkan rute yang paling pendek, Anda juga dapat memantau kondisi lalu lintas secara real time guna menghindari kemacetan.

3.       Aplikasi Sosial Media

Jika Anda ingin lebih mudah mengakses sosial media, maka Anda bisa memilih aplikasi resmi yang bisa Anda unduh secara gratis dari Play Store. Anda tinggal memilih sosial media mana sajakah yang ingin Anda akses mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain sebagainya.

4.       Aplikasi Pesan Instan

Menggunakan smartphone sebagai sarana komunikasi tentu jadi makin sempurna dengan kehadiran aplikasi pesan instan atau instant messaging yang memungkinkan pengguna berkirim pesan tanpa batas. Memanfaatkan jaringan internet, Anda tentu tinggal pilih saja aplikasi mana yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dekat Anda. Jika orang-orang di sekitar Anda lebih banyak menggunakan BlackBerry Messenger, tentu menginstal BBM for Android jadi keharusan bagi Anda. Hal ini berlaku pula untuk aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, Telegram dan masih banyak lagi yang lainnya.

5.       Aplikasi Pemutar Musik

Jika Anda ingin mendengarkan musik sebagai pengusir rasa suntuk, maka Anda dapat memilih untuk menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan atau menginstal aplikasi lain yang bisa Anda unduh secara gratis dari Play Store. Selain pemutar musik, Anda juga bisa menginstal aplikasi streaming musik yang menyuguhkan Anda beragam pilihan lagu terbaru dan terbaik berdasarkan genre-genre tertentu. Di antara aplikasi yang bisa Anda pilih adalah Spotify, PowerAmp, Samsung Music dan masih banyak lagi yang lainnya.

6.       Aplikasi Pemutar Video

Jika Anda hobi menonton video, maka MX Player adalah aplikasi pemutar video Android yang wajib diinstal. Meski gratis, aplikasi ini punya segudang fitur seperti hardware acceleration, multi core decoding, pinch to zoom hingga dukungan beragam format video serta audio.

7.       Aplikasi Produktivitas

Mengolah dokumen pekerjaan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Document atau WPS Office. Kedua aplikasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka serta mengedit dokumen dalam format word, excel dan powerpoint. Sementara bila Anda ingin berkolaborasi dengan rekan sekantor, Dropbox dan Google Drive bisa Anda optimalkan untuk keperluan sharing dokumen. Aplikasi bawaan Gmail kini juga sudah mendukung penyedia layanan email lainnya seperti Yahoo, Microsoft dan email perusahaan sekalipun.

8.       Aplikasi Browser

Menjelajah internet dengan leluasa serta nyaman tentu menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna smartphone. Selain dibekali dengan fitur penghemat data, beberapa browser yang tersedia di Play Store juga dibekali dengan add-on yang menyediakan berbagai macam fungsi yang sangat membantu Anda membaca informasi baik secara online ataupun offline. Jika Anda ingin mengunduh konten dari website, maka Anda bisa menginstal Pocket yang akan menyimpan seluruh isi halaman web agar dapat dibaca nanti tanpa harus terhubung ke internet.

9.       Aplikasi Olah Gambar

Dipersenjatai dengan kamera super tajam, Anda juga dapat mengedit foto hasil jepretan ponsel agar tampak lebih sedap dipandang mata. Selain untuk dipamerkan di media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi olah gambar untuk keperluan dokumentasi. Beberapa aplikasi olah gambar yang PULSA rekomendasikan diantaranya adalah Snapseed, PicsArt, Pixlr dan masih banyak yang lainnya.

10.   Aplikasi olah video

Selain mengolah foto, Anda juga bisa mengolah video untuk membuat dokumentasi momen istimewa Anda bersama orang-orang terdekat. Beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih antara lain Adobe Premiere Clip, Funimate, Movie Maker Filmmaker, Power Director Video Editor dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi editor video yang disediakan tersebut punya tingkat kerumitan dan kesulitan pengolahan yang berbeda. Karena kerumitannya, beberapa aplikasi yang tersedia hanya tersedia dalam versi berbayar. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung seberapa banyak fitur yang dimiliki. (*)