pulsa-logo

Review- Sword Art Online: Hollow Realization (PS4)


Ahmad S.

Rabu, 30 November 2016 • 14:50

Sword Art Online,bandai namco enterprise Asia,Review- Sword Art Online: Hollow Realization (PS4)


Sebelum menutup bulan November ini, ijinkan PULSA mereview sebuah game PS4 menarik yang luncur bulan yang sama dari Bandai Namco Entertainment, berjudul Sword Art Online: Hollow Realization. Game ini tersedia pula untuk PS Vita dengan grafik yang dibuat lebih generik dan performa yang tetap dipertahankan berjalan mulus.

Original Story Line

Bagi fans Sword Art Online (SAO), mengendalikan Kirito ditemani karakter-karakter kuat yang sering kita tonton di film animasinya, tentu adalah sebuah tawaran yang sulit untuk dihindari. Meski tidak full Virtual Reality sebagaimana cerita animasi aslinya, bermain game ini sudah mendekati pangalaman yang diharapkan ketika Anda menonton dunia SAO selama ini.

Saat tulisan ini dibuat, anime Sword Art Online memang sudah tidak tayang lagi, namun penonton dan fans baru terus bermunculan, memperbesar jumlah fans SAO yang selama ini ada. Bagi Anda yang sedikit lupa, bagaimana jalan cerita SAO, mungkin bisa kami jelaskan dengan singkat sebagai berikut: dalam versi anime ada karakter gamer bernama Kirigaya Kazuto yang memiliki username Kirito dalam sebuah game VR berjudul Sword Art Online.

Kemudian masalah muncul ketika semua gamer yang sudah pe in dalam dunia game tidak dapat keluar atau log out dan disandera oleh developer game ini di dalam dunia SAO. Kirito bersama teman-temannya, kemudian berusaha keluar dari dunia game ini dengan hanya satu cara, yakni mengalahkan master game. Sebagai player yang juga berpartisipasi dalam ajang SAO beta, yang notabene sudah bermain lebih lama dari player lain, Kirito memiliki skill di atas rata-rata dan itu yang membantunya menjadi karakter utama dalam anime ini.


Cerita tersebut kemudian berusaha dikemas dalam sejumlah game SAO yang belakangan muncul. Seperti yang kita ketahui, sebelum Holow Realization, sudah ada game SAO: Hollow Fragment dan Lost Song. Kedunya tersedia untuk PS4 dan PS Vita. Bagaimana kemudian Hollow Realization sanggup memberi perbedaan dari dua game terdahulu?

Impresi Awal

6 jam pertama bermain game ini akan memberikan sejumlah impresi menarik yang langsung dapat digunakan untuk membandingkan Hollow Realization dengan dua game SAO sebelumnya. Pertama dari sisi hub/free roam, alias dunia yang bisa diakses, dalam Hollow Realization terasa jauh lebih luas. Namun menariknya, dengan semakin luas, tidak juga membuatnya lebih sepi dari karakter NPC. Justru yang dapat kita perhatikan adalah, selain dunia yang bisa dijelajahi semakin besar, jumlah NPC pun dibuat semakin banyak, berkeliaran, terutama ketika kita masuk suasana kota. Dan itu adalah hal yang positif.

Tampilan layout di layar akan mengingatkan kita pada game-game MMO, meskipun genre dari game ini sendiri bukan MMO. Well, di animasi nya game VR Sword Art Online (SAO) memang bergenre MMO, jadi kehadiran grafis yang bisa dibilang minor ini diharapkan mampu memberikan efek bermain MMO layaknya berada di dalam dunia SAO.

Map Luas, Unlock Sesuai Jalan Cerita

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dunia SAO dalam game ini dibuat lebih luas. Anda bisa melihatnya dari Map yang disuguhkan. Meski demikian, kita tidak bisa langsung membuka semua Map dalam sekali jalan. Artinya, ada storyline yang harus kita ikuti agar area-area yang sebelumnya terkunci dapat diakses oleh karakter kita. Dan itu adalah hal wajar, masih ingat Kaer Morhen di the Witcher 3? Anda tidak bisa ke sana sebelum menyelesaikan sejumlah misi utama di Skellige bukan?     

Dengan semakin luas area yang bisa dieksplor, maka akan semakin banyak tantangan dan misi yang bisa kita selesaikan.

Gameplay

Layaknya game RPG lain, terutama RPG Jepang, inti dari cerita ini akan tergdiri dari sejumlah Quest. Yang terbagi kedalam Quest utama yang sejalan dengan story line, dan side quest yang bisa kita temukan di quest board atau papan tempat meletakkan quest yang ada di beberapa tempat dalam dunia SAO ini.

Anda sebagai karakter Kirito dapat berpetualang dengan tiga orang lainnya, yang disebut party. Karena maksimal jumlah anggota yang adal di dalam party adalah 4 orang, maka Anda bisa dengan leluasa mengantinya dengan karakter yang sesuai dengan keinginan, atau yang paling efektif untuk melakukan quest apapun itu.

Menariknya kita bisa bebas memilih anggota party dari NPC-NPC yang kita temui. Jangan khawatir akan menemui anggota party yang mukanya sama, alias generi. Entah persaan kami saja, atau memang dalam Hollow Realization, karakter NPC dibuat berbeda satu sama lain, sehingga keragaman tampilannya pun bisa diilang sangat luas dan ini yang membuat party dalam free roam menjadi lebih menarik untuk dilakukan berulang-ulang kali. Anda mungkin bisa membandingkannya dengan NPC dalam game Dragons’ Dogma.

Berikutnya kita masuk ke Battle System, yang menurut kami adalah kunci dari game aksi SAO ini. Sesuai dengan dugan, battle system dalam Hollow Realization juga dibuat lebih baik dari SAO sebelumnya. Skill chain, skill combo, mixing combo, parry+evade menjadi variasi dalam bertempur. Jadi kita tidak hanya mengandalkan attack, attack dan attack saja.

Menariknya skill chain dibuat dinamin sehingga bisa dilakukan hingga 4 anggota party tanpa batas hingga musuh dikalahkan dengan sempurna. Hal ini merupakan peningkatan dari sebelumnya yang hanya memungkinkan skill chain untuk dua orang saja.

Karakter musuh juga dibuat lebih apik, tidak kaku, sehingga kita ditantang untuk terus mencari titik lemah sambil memutar dan bertahan.

Movie cutscene ditampilkan di beberapa event, menggunakan pewarnaan yang cerah mendekati anime SAO pada awal kemunculannya. Namun jangan banyak berharap dari cerita yang dibawa. Karena bagaimanapun storyline anime asli juga sebenarnya sangat klise.

Satu hal yang menantang untuk kami adalah hadirnya date sim di tengah-tengah game aksi ini. Layaknya game Visual Novel, Kirito harus membangun sisi emosionalnya dengan karakter pasangannya, Asuna. Yang dapat berujung positif atau negatif, tergantung dari bagaimana perlakuan kita dalam aspek date sim ini.

Verdict

Bagi fans SAO, ini merupakan game terbaik yang bisa Anda dapatkan. Sebagai bonus, ada grafis yang lebih baik, pergerakan karakter yang lebih fluid serta dunia yang lebih luas untuk dijelajahi. Tapi bagi penggemar RPG secara umum, mungkin jalan cerita yang klise serta gameplay yang masih sedikit repetitif akan menjadi hal negatif yang bisa ditemukan. (us)

Informasi:

  • Judul: Sword Art Online: Hollow Realization
  • Genre: RPG
  • PEGI: 12+
  • Platform: PS4 (yang direview), PS Vita
  • Audio: Jepang
  • Subtitle: Inggris
  • Harga: Rp 680.000
  • Developer: Aquri
  • Publisher: Bandai Namco Entertainment Europe

thx to om widy di jogja