pulsa-logo

Manfaatkan Google Photos untuk Menghemat Memori Ponsel


Hairuddin

Selasa, 13 Desember 2016 • 14:06

Manfaatkan Google Photos untuk Menghemat Memori Ponsel


Selain memiliki Drive, Google juga masih punya layanan penyimpanan awan (cloud) lain yakni Google Photos. Bedanya, jika Google Drive bisa menampung dan menyimpan semua jenis file yang dikirim dari smartphone,  Google Photos hanya mengakomodasi untuk menyimpan file foto dan video.

Seperti halnya Google Drive, layanan cloud storage Google Photos juga bisa digunakan di perangkat smartphone berbasis Android, iOS maupun via browser PC Windows.

Dengan memanfaatkan layanan cloud storage Google ini, setidaknya Anda bisa menghemat dan memaksimalkan ruang penyimpanan di smartphone loh. Apalagi, Google juga memberikan unlimited storage untuk keperluan penyimpanan foto maupun video. Namun, untuk resolusi dan kualitas foto/video yang terbatas tentunya.

Untuk smartphone Android terbaru, umumnya aplikasi Google Photos sudah tertanam secara default dan berdiri sendiri, tidak lagi terintegrasi dengan Google+. Namun untuk ponsel yang belum memiliki launcher Google Photo, bisa mengunduh aplikasi tersebut dari Play Store maupun AppStore.

Supaya bisa memanfaatkan cloud storage, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan.

1.Unduh Google Photos jika ponsel Anda belum memilikinya. Jika sudah, buka launcher aplikasi tersebut.



2.Tekan ikon menu berupa tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan galeri Google Photos.

3.Selanjutnya pilih ‘Settings’.

4.Berikutnya, tap “Back up & sync”.

5.Aktifkan opsi “Back up & sync” dengan menggeser toglebar.

6.Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih akun Google mana yang akan dijadikan user di cloud storage. Di detil akun Google juga akan tertampil kapasitas penyimpanan awan yang tersedia dan syang sudah terpakai.

7.Jika sudah diaktifkan opsi back up, maka secara otomatis semua file foto maupun video yang ada di folder ‘Camera’ akan tersingkronisasi ke Google Photos. Namun, Anda bisa pula menambahkan folder lain. Pilih “Back up device folder”, dan tentukan folder mana saja yang ingin diback up dan ditampilkan di library.