pulsa-logo

7 Fitur Penting Android Nougat yang Perlu Diketahui


Galing

Kamis, 15 Desember 2016 • 17:56

7 Fitur Penting Android Nougat yang Perlu Diketahui


Ketika pertama kali diperkenalkan ke publik pada awal tahun ini, Google mengklaim bahwa Nougat nantinya akan mengusung pembaruan besar yang dimaksudkan untuk menyempurnakan kekurangan yang ada pada versi pendahulunya Android Marshmallow. Nah dengan masuknya perangkat pengusung Android Nougat ke pasaran lokal seperti Google Pixel dan LG V20, tentu sudah saatnya bagi Anda untuk mengenali satu persatu fitur penting apa saja yang dimilikinya.

1. Data saver

Sesuai dengan namanya, seluruh perangkat yang menjalankan sistem operasi Android Nougat sudah langsung dibekali dengan fitur yang punya fungsi untuk menghemat pemakaian data secara bawaan ini. Pengguna kini dapat dengan leluasa untuk menentukan aplikasi mana saja yang boleh mendapatkan akses data tanpa batas dan akses data terbatas. Dengan melakukan pembatasan data setiap aplikasi, jumlah konsumsi data perangkat nantinya akan dapat disesuaikan mengikuti kebutuhan masing-masing pengguna.  Pengguna bisa menemukan data saver dengan masuk ke Settings->Data Usage->Data Saver.

2.Balas pesan langsung dari notifikasi yang masuk

Ketika Anda menerima notifikasi pesan masuk dari SMS, WhatsApp, Line BBM dan aplikasi pesan instan lainnya, maka Anda bisa langsung membalasnya dengan memilih reply. Disematkannya opsi baru reply ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk menjawab pesan masuk tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang mereka gunakan.


3. Notifikasi berkelompok

Seluruh notifikasi yang masuk dimuat dalam satu kelompok yang sama untuk masing-masing aplikasi yang terinstal pada perangkat. Jika Anda menerima email, maka seluruh email tersebut akan masuk dalam satu kelompok yang dapat Anda baca satu persatu dengan mengusap jari ke bawah. Pengguna kemudian akan dapat melihat beberapa email yang masuk terlihat berbaris rapi dari atas ke bawah yang bisa Anda baca satu demi satu.

4. Kelola notifikasi lebih cepat

Anda bisa langsung mengelola notifikasi apa saja yang masuk pada perangkat dengan lebih cepat cukup dengan menahan notifikasi yang masuk tersebut dan memilih tiga opsi yang disediakan. Ketiga opsi tersebut mencakup notifikasi tanpa bunyi, aktifkan nada notifikasi dan blokir semua notifikasi.

5. Multiwindow

Android Nougat kini secara bawaan telah mendukung fitur multiwindow yang memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam dua jendela yang tampil secara terbagi pada layar yang sama. Penggun cukup menahan tombol multitasking beberapa saat dan aplikasi yang sedang tampil di layar akan mengecil serta memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memilih menjalankan aplikasi lain yang tengah berjalan di background. Anda juga dapat mengaktifkan multiwindow secara manual cukup dengan menyesuaikan ukuran jendela aplikasi yang tengah berjalan dan jalankan aplikasi lain yang bisa Anda pilih dari laci aplikasi.

6. Ukuran Tampilan

Pengguna sekarang dapat menyesuaikan ukuran teks yang tampil pada layar perangkat Android Nougat dengan masuk ke Settings->Display->Display Size. Jika Anda memilih opsi paling besar, maka dalam satu bentang layar teks akan tampak lebih besar. Sebaliknya jika Anda memilih ukuran yang paling kecil, maka Anda akan melihat teks tampak lebih besar dalam satu bentang layar yang sama. Disematkannya pengaturan ukuran tampilan tersebut tentu akan memudahkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat dengan kenyamanan mata masing-masing pengguna.

7. Tombol GIF

Google sekarang mengintegrasikan fungsi pencarian gambar animasi dalam format GIF pada keyboard bawaan Android Nougat. Silakan ketuk ikon emoji dan Anda akan melihat tombol GIF yang akan membawa masuk Anda pada fungsi pencarian gambar GIF di internet.