Review: Super Mario Run, Gameplay Klasik dalam Balutan Modern

Setelah sekian lama dinanti, janji Nintendo saat E3 2014 mengenai gerakan mereka di sektor mobile gaming telah terwujud melalui sebuah IP Game jadul, namun dengan gaya yang up to date: Super Mario Run.

Seperti biasa, setiap memperkenalkan platform baru, baik itu konsol rumahan, maupun portable, Nintendo selalu mengawali dengan dunia baru Super Mario. Tetap dipertahankan berbentuk side scrolling, dan dengan cerita yang selalu sama, menyelamatkan princess peach. Tak terkecuali di platform mobile.

Memilih untuk muncul terlebih dahulu di ekosistem iOS, yang dikenal minim fragmentasi, Nintendo nampak serius menjadikan game ini sebagai game yang dapat dinikmati, dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja.

Layaknya game-game ponsel yang dirilis belakangan ini, Super Mario Run juga dibuat dalam aspek portrait alias vertikal. Dengan demikian game bisa dimainkan hanya dengan satu tangan, cocok untuk mereka yang melakukan perjalanan ke sekolah, kantor atau kemana saja menggunakan kereta atau bis kota.

Gameplay

Seperti sudah disinggung sebelumnya, game super mario run hanya membutuhkan sentuhan satu jari kita dalam semua gameplaynya. Ponsel akan aman digenggam hanya dengan satu tangan dan dengan tangan yang sama Anda bisa mengontrol semua gerakan dalam game ini.

Mario Run 2 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Mario akan berlari secara otomatis, layaknya game temple run ataupun rayman run dan run run yang lain. Dan kita hanya dapat mengontrol lompatannya dengan sentuhan. Sentuhan pelan dan cepat akan membuat lompatan kecil untuk Mario, sementara sentuhan yang lama, akan membuat lompatan Mario semakin tinggi dan jauh.

Mario Run 3 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Tugas utama kita adalah membawa Mario ke titik finish (bendera yang seperti biasa). Dengan mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya, dan menemukan koin khusus yang berwarna pink untuk membuk abonus-bonus tambahan.

Ada dua mode permainan di sini. Mode biasa, atau biasa disebut dengan World Tour, adalah mode permainan Mario klasik yang biasa kita mainkan sejak kecil. Termasuk boss fight yang kita rindukan.

Mario Run 4 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Yang kedua adalah mode rally. Dimana kita bisa mengadu skill melawan karakter toad atau karakter teman (berupa avatar), siapapun yang mengumpulkan koin paling banyak akan menjadi pemenang.

Semua mode tersebut dikombinasikan dengan mode kosmetik, dimana kita dapat mengatur tampilan kingdom dengan item yang bisa dibeli via shop.

Grafis dan Sound

Segi grafis memperlihatkan tampilan yang solid dan nyaman untuk mata meski dalam kecepatan tinggi.  Resolusi tinggi menjadikannya tampak seperti bermain di next gen nya Nintendo. Mungkin akan seperti ini kah tampilan di Nintendo Switch?

Termasuk game sound klasik yang hadir menghiasi setiap world dengan baik. Membawa kita bernostalgia ke beberapa tahun silam.

Verdict

Game ini boleh dibilang sebagai game Demo. Dibagi sebagai aplikasi gratisan, kita tetap harus membeli World 1-4 dan seterusnya seharga 149.000 Rupiah. Tapi bukan berati kita tidak bisa memainkan World 1-4 ke atas, hanya saja dibatasi 20 detik saja.

Kesan pertama benar-benar membuat kita tertantang menemukan koin pink dan menyelesaikan dengan nilai tertinggi. Selanjutnya mungkin akan terasa repetitif, namun tetap menyenangkan, terlebih jika Anda penggemar Super Mario.

Score: 4/5
Informasi:

  • udul: Super Mario Run
  • Genre: Casual, Adventure
  • Platform: iOS (yang direview)
  • Audio: -
  • Subtitle: -
  • Harga: Free App – Rp 149.000 in Game Purchase
  • Developer: Nintendo Co, Ltd
  • Publisher: -





 

Rate this item
(0 votes)