Atrk

10 Fitur Keren Keyboard Besutan Google

  • Galing
  • Tuesday, 10 January 2017 20:16
  • Published in Tips And Apps


08 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Anda yang bosan dengan interface keyboard Android, bisa mencoba keyboard besutan Google yang disebut GBoard. Keyboard virtual untuk smartphone ini menghadirkan sederetan fitur anyar yang lebih menarik dari pendahulunya.

Fitur-fitur baru yang dihadirkan, bisa menghipnotis penggunanya untuk tidak lagi melirik aplikasi keyboard lain yang ada di Play Store. Agar Anda bisa memanfaatkan GBoard dengan lebih optimal, simak 10 fitur keren yang dimilikinya melalui tulisan berikut:

1.Terintegrasi dengan Google Search

01

Google menyematkan ikon G pada sudut kiri atas GBoard yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi lewat Google cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan tanpa harus meninggalkan GBoard. Jika Anda tidak menemukan ikon G tersemat di sudut kiri atas GBoard, maka Anda dapat mengaktifkannya dengan masuk ke pengaturan yang bisa Anda akses dengan masuk ke settings->Languages & Input -> Virtual Keyboard-> GBoard ->Search dan geser tombol di sebelah kanan Show G Button ke ruas kanan. Anda juga dapat masuk ke pengaturan

2.Geser Kursor dengan tombol spasi

Google menambahkan fungsi trackpad pada GBoard yang memungkinkan Anda untuk menggeser letak kursor cukup dengan menyentuh tombol spasi dan mengusapnya ke kiri atau ke kanan. Menggeser posisi kursor dengan cara seperti ini tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan mengepaskan posisi sentuhan jari di layar.

3.Mode operasi satu tangan

03

Anda dapat mengaktifkan mode operasi satu tangan melalui pengaturan yang bisa Anda akses dengan menahan tombol G -> Pilih ikon Gear -> Preferences -> One-handed mode. Selanjutnya silakan pilih mode operasi tangan kanan atau tangan kiri sesuai dengan kondisi Anda.

4.Cari Emoji dan GIF

04

Gunakan fungsi pencarian emoji dan GIF yang kini telah terintegrasi secara langsung di GBoard cukup dengan mengetuk ikon Emoji. Anda dapat memilih emoji dengan mengusapkan jari Anda ke samping kri atau kanan. Sedangkan untuk mencari GIF, pengguna tinggal ketuk GIF dan Anda akan disuguhi dengan ragam koleksi gambar animasi GIF dari berbagai sumber situs hosting gambar seperti giphy.com, imgur.com, riffsy.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

5.Pengetikan Multibahasa

05

Anda dapat mengetik teks dalam dua bahasa seperti bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia secara silih berganti tanpa harus terganggu dengan fitur prediksi teks. Pengguna tinggal tahan tombol G dan lanjutkan dengan memilih bahasa lewat Languages. Silakan pilih bahasa yang Anda inginkan dengan menggeser tombol ke samping kanan. Agar Anda dapat mengetik banyak bahasa maka Anda harus menonaktifkan lebih dulu “use system languages”  dengan menggeser tombok ke samping kiri.

6.Glide Typing

06

Glide Typing secara prinsip sebenarnya merupakan peningkatan dari fitur swipe typing yang telah lebih dulu ada pada sebagian besar keyboard Android yang ada di Play Store. Cara mengaktifkannya cukup dengan menahan tombol G -> Pilih ikon Gear serta aktifkan Glide Typing dengan menggeser tombol ke samping kanan.

7.Pisahkan tombol angka dengan tombol huruf

07

Jika Anda seringkali mengetikkan angka di perangkat Android, maka ada baiknya Anda aktifkan fitur number row dengan menahan tombol G -> Pilih ikon Gear -> Preferences dan geser tombol di sebelah tulisan Number Row ke arah kanan. Begitu “Number row”   aktif, maka Anda akan melihat barisan tombol angka berada tepat diatas tombol huruf GBoard.

8.Mengetik huruf kapital

08 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Gunakan metode glide typing untuk mengetikkan huruf kapital dengan mengusap jari dari tombol SHIFT ke arah huruf pilihan Anda. Contohnya, jika Anda ingin mengetikkan G, maka Anda tinggal usapkan jari dari tombol SHIFT menuju huruf g. 

9.Mengetik simbol

09 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Anda dapat mengetikkan simbol cukup dengan menahan tombol ?123 yang ada di sudut kiri bawah GBoard. Selanjutnya usapkan jari Anda mengarah ke pilihan simbol yang disajikan. Cara ini meski secara teoritis dapat mempercepat pengetikan, namun pada praktiknya pengguna harus membiasakan terlebih dulu demi mendapatkan hasil yang lebih efektif.

10.Akhiri kalimat dengan mengetuk tombol spasi

10

Untuk mengakhiri kalimat Anda tinggal ketuk tombol spasi sebanyak dua kali. GBoard secara otomatis akan mengetikkan tanda baca titik serta membawa Anda ke jarak satu spasi. Gunakan trik mudah ini setiap Anda ingin mengakhiri kalimat dan mengawali pengetikan kalimat baru.

Selamat mencoba!(Gal/Udn)

Source



 

Rate this item
(0 votes)