pulsa-logo

Cara Hapus Aplikasi yang Tidak Bisa di-uninstall


Hairuddin

Kamis, 12 Januari 2017 • 14:25

Cara Hapus Aplikasi yang Tidak Bisa di-uninstall


Apakah Anda pernah ‘ngalamin’ tidak bisa menghapus/uninstall aplikasi dari ponsel? Atau menemukan tombol ‘uninstall’ aplikasi tidak bisa dipilih/ditekan. Kalau sudah begitu pasti bikin Anda bingung dan senewen.Ada dua kemungkinan yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Pertama, aplikasi yang ingin dihapus merupakan software bawaan dari sitem operasi (OS) Android di ponsel. Jika yang ini, makan kemungkinan besar untuk menghapusnya dengan cara biasa akan sangat sulit. Kecuali, Anda ‘mengoprek’ sistem lewat cara rooting.

Kemungkinan kedua, aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut ternyata terintegrasi dengan sistem administrator ponsel. Biasanya, aplikasi ini memiliki fungsi-fungsi yang terkait dengan pengaturan password, lock/unlock ponsel, melacak lokasi, serta berbagai macam fitur canggih lainnya.

Untuk aplikasi jenis kedua ini, sejatinya masih bisa diakali supaya dapat dihapus/uninstall loh.Tapi tentu saja, Anda harus mengecek dan sedikit melakukan pengaturan supaya aplikasi tersebut bisa dihapus.

Buat yang penasaran, bisa mencoba cara berikut ini:

1.Buka aplikasi yang ingin dihapus, periksa apakah tombol ‘uninstall’ benar-benar tidak bisa dipilih/ditekan.

2.Jika memang tidak bisa ditekan, sebaiknya periksa apakah sistem administrasi dari aplikasi tersebut aktif.


Masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih ‘Security’. Untuk lokasi keberadaan menu ‘Device Administrators’ ini tergantung dari pengaturan UI ponsel, namun yang paling umum ada di menu ‘Security’.

3.Geser/scroll untuk menemukan opsi ‘Device Administrators’ tersebut.

4.Berikutnya, tekan dan periksa apakah aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut ada dan sistem administrasi-nya aktif.

5.Jika aktif (ada tanda centangnya), Anda harus men-deactivate-kan opsi tersebut. Tinggal tekan, dan pilih ‘Deactivate’.

6.Selanjutnya, periksa kembali aplikasi tersebut di menu ‘manajemen aplikasi’. Apakah tombol ‘uninstall’ sudah berubah atau belum. Caranya, masuk ke menu pengaturan aplikasi seperti biasa ketika Anda ingin menghapus aplikasi.

7.Jika tombol tersebut sudah bisa ditekan, berarti Anda sudah bisa menghapus/uninstall aplikasi tersebut. Cara menghapusannya tinggal tekan tombol tersebut, dan ikuti prosesnya secara otomatis.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)