pulsa-logo

Review: Dragon Ball Xenoverse 2, Perbaikan di Battle System


Ahmad S.

Sabtu, 14 Januari 2017 • 17:44


Konsep Dragon Ball Xenoverse merupakan impian siapa saja yang selama masa kecilnya hidup dengan karakter-karakter Dragon Ball. Daripada berkhayal menjadi salah satu karakter dalam cerita animasi fenomenal itu, Anda bisa langsung terjun ke dalamnya, membuat karakter unik dari 5 ras yang disediakan, lalu bergabung dengan karakter utama dalam mengalahkan musuh-musuh legendaris.

Alasan tersebut menjadi nilai lebih seri Dragon Ball Xenoverse, hingga akhirnya dibuat sekuel pada Oktober tahun lalu. Well, PULSA baru sempat memainkannya awal Tahun ini dan kami akan bahas semua aspek yang kami temukan di game ini.

Storyline

Layaknya game sequel lain, Dragon Ball Xenoverse 2 membawa cerita yang masih berhubungan dengan game sebelumnya. Karakter kita, yang dianggap sebagai karakter utama dalam game ini sudah dianggap sebagai pahlawan di Conton City. Jika sebelumnya hanya sebagai patroli waktu biasa yang membantu Trunks, maka di game anyar ini sudah meningkat dan memiliki pengaruh yang lebih baik.

Membawa plot yang datar, alias tidak begitu menarik di sisi SToryline, karakter utama akan diminta menjalankan quest dari Elder Kaiosin. Sehubungan dengan terjadinya kekacauan di lini masa alam semesta dimana Mira dan Towa tengah berupaya mengumpulkan semua musuh Goku, maka kita harus mempersiapkan counter attack.


Sama seperti di game sebelumnya, kita akan mengulangi sejumlah kejadian di awal-awal permainan. Pertemuan dengan Raditz misalnya, lalu bagaimana kemudian cerita dimulai dengan tempo yang cukup lambat. Tapi kemudian akan mulai meningkat sejalan dengan perkembangan cerita, meskipun tidak terlalu signifikan.

Gameplay

Ini yang menarik. Ada sistem battle yang diperbarui, meskipun tidak banyak. Sejumlah ability akan menjadi kunci kesuksesan Anda dalam menerapkan strategi untuk mengalahkan lawan. Terdapat lebih banyak combo dengan variasi yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Pertarungan terasa lebih mengalir, lancar dan terlihat apik untuk mata gamer. Diyakini hal ini karena framerate yang sudah lebih stabil di 60 fps, meskipun menggunakan PLaystation 4 biasa, bukan pro.

Oh iya selain penambahan pada storyline dan gameplay, sejumlah hal yang bersifat kosmetik, namun cukup membantu juga dimunuclkan. Smeisal hadirnya kendaraan yang disediakan oleh Capsule Corp untuk mempermudah karakter utama dalam berpindah tempat dan menjelajahi sebuah lokasi. Menarik.

Verdict

Jika Anda penggemar Dragon Ball dan pernah bermimpi untuk masuk ke dunia animasi tersebut, maka game ini sangt cocok untuk Anda. Kombinasi RPG yang tidak terlalu rumit, serta aspek brawling, bertarung dengan sejumlah trik dan ability menjadi beberapa hal yang sangat Dragon Ball. Terlebih lagi, jika Anda belum merasakan Dragon Ball Xenoverse sebelumnya.

Karena jika dibandingkan game sebelumnya, Dragon Ball Xenoverse 2 secara umum tidak menawarkan hal baru. Hanya saja penambahan pada storyline serta peningkatan pada battle mode menjadi satu hal yang sulit untuk dilewatkan.

  • Informasi:
  • Judul: Dragon Ball Xenoverse 2
  • Genre: RPG
  • PEGI: 12+
  • Platform: PS4 (yang direview), XBOX ONE, PC
  • Audio: Jepang, Inggris
  • Subtitle: Inggris
  • Harga: Rp 680.000
  • Developer: Dimps
  • Publisher: Bandai Namco Entertainment Europe

Penulis: usi