Atrk

Cara Mudah Backup Data Pribadi dari Akun Google

Bagi pengguna perangkat Android, akun Google tentu saja merupakan elemen paling vital. Selain sebagai identitas untuk masuk ke beragam layanan Google, akun tersebut pun kerap digunakan untuk menyimpan dan mensingkronisasikan seluruh data ponsel ke layanan penyimpanan awan (cloud) milik Google semisal Drive, Google Photos, email, daftar kontak (phonebook), notes, kalender hingga riwayat lokasi yang terdeteksi melalui Google Maps.

Meski pihak Google menjamin keamanan semua data tersebut, namun namanya layanan online pasti rentan terhadap serangan hacker. Atau jaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda lupa password untuk masuk kea kun Google tersebut. Nah supaya semua data tetap aman terkendali, ada baiknya Anda pun tetap menyimpan backup-an data tersebut secara personal, misalnya ke harddisk eksternal.

Untuk memudahkan proses backup tersebut, ternyata Google punya layanan khusus yang disebut Google Takeout. Selain menawarkan fasilitas backup data, Google Takeout juga bisa dimanfaatkan untuk migrasi satu akun Google kea kun Google lain milik Anda (jika Anda punya lebih dari satu akun Google loh).

Bagi yang ingin mencobanya, bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

1.Masuk ke situs myaccount.google.com dari browser ponsel atau desktop PC.

1 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

2.Selanjutnya geser ke opsi ‘Control your content’, dan Sign in menggunakan akun Google yang paling sering digunakan, atau yang datanya ingin dibackup.

2 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

3.Secara otomatis, Anda akan dibawa ke halaman Google Takeout.

3 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

4.Berikutnya, dibagian ‘Download your data’ pilih Create Archive.

4 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

5.Langkah selanjutnya ceklist data apa saja yang ingin Anda tambahkan untuk dibackup.

5 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

6.Jika sudah, pilih ‘Next’. Anda akan menjumpai informasi jumlah konten data yang siap dibackup beserta beberapa opsi tambahannya.

6 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

7.Di tahap berikutnya, Anda bisa memilih format data backup sesuai kebutuhan ( .zip, .tgz, atau .tbz). Kemudian, pilih kapasitas maksimal data backup. Terakhir, tentukan metode pengiriman informasi link download yang paling mudah bagi Anda.

7 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

8.Berikutnya, tap ‘Create Archive’ untuk memulai proses pembuatan data backup.

8 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

9.Pembuatan data backup ini membutuhkan waktu yang agak lama, tergantung kapasitas file backup (bisa hitungan jam atau bahkan hari). Namun jika prosesnya sudah selesai, Anda otomatis akan mendapat informasi link untuk mengunduh file data backup tersebut.

9 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

10.Buka tautan tersebut untuk melihat detil data backup. Perlu diingat, link tersebut hanya valid selama 7 hari.

10 1

11.Untuk mulai mendapatkan file backup tinggal tap ‘Download’, dan tentukan lokasi folder penyimpanan data backup tersebut.

11

12.Selesai. Anda pun sudah memiliki data backup dari akun Google untuk disimpan di tempat yang aman.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali).

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Tuesday, 24 January 2017 14:12
  • font size