Weekend Review: Digimon World- Next Order (PS4), Pelihara Monster Digital Featured

Hampir setahun yang lalu, Bandai Namco merilis sebuah game Digimon dengan gaya yang berbeda. Mirip-mirip game Persona, dan diberi judul Digimon Story: Cyber Sleuth. Nah kali ini Bandai mencoba memberikan pendekatan berbeda lewat game Digimon anyarnya ini dan lahirlah Digimon World: Next Order. Bermain sambil bernostalgia, mengingat saat pertama kali menonton anime Digimon di layar TV swasta, penulis mencoba menceritakan apa yang bisa kita dapatkan dari game anyar ini.

Seperti biasa, akar dari cerita Digimon adalah ada anak-anak, karakter utama dari game ini, yang tiba-tiba masuk ke dunia digimon saat bermain DigiTamer. Di dalam dunia ini mereka dapat menyaksikan Digimon milik mereka bertarung dan berevolusi. Hmmm terdengar seperti dejavu, bukan?

Digimon 14 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Lalu dari situ kita akan dipandu dalam pembentukan karakter utama, mulai dari gender dan nama. Lalu sejumlah hal yang bersifat tutorial akan menyapa kita.

Digimon 15 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Karakter utama kita akan dibekali 2 Digimon. Masing-masing bisa dikontrol melalui tombol L dan R. Awalnya Digimon tadi masaih dalam bentuk telur, lalu mereka akan menetas dan ikatan antara karakter utama dengan Digimon mereka akan dimulai dengan memberinya nama sesuai dengan keinginan kita. Nama gebetan, misalnya?

Storyline

Sebenarnya jalan cerita dari game ini sangat sederhana, yakni bagaimana caranya agar karakter utama bisa kembali ke dunianya, keluar dari dunia digimon. Tapi ternyata dalam pelaksanaannya memang tidak mudah, karena untuk bisa keluar dari dunia Digital, kita harus menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam dunia ini terlebih dahulu.

Digimon 7 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Gameplay

Seperti kebanyakan game-game dari Bandai Namco Asia, yang dirilis di luar Jepang, game ini pun membawa dua audio, yakni Inggris dan Jepang. Hal yang membuat kami suka memainkan game-game yang mereka publish.

Digimon 9 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Lalu, satu hal yang kita sadari setelah beberapa menit memainkan game ini adalah, game ini termasuk rumit. Pertama dari sisi nurturing atau memelihara Digimon yang kita miliki. Seperti halnya memelihara Tamagotchi, hampir semua aspek harus kita perhatikan untuk membuat mereka bahagia dan terus bermental positif. Sedikit repot.

Digimon 1 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Bukan hanya kondisi perut, lapar atau kenyang, tapi juga bagaimana mengantar mereka ke kamar kecil dan seterusnya.

Digimon 2 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Mood akan mempengaruhi hasil evolusi dari Digimon kita. Semisal jika Moodnya terus menerus negatif atau jelek, maka ia akan berevolusi menjadi Digimon jahat. Sebagliknya jika terus menerus positif alias terlalu bagus, maka ia akan berevolusi menjadi Digimon yang manja, terlalu lembek.

Digimon 4 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Evolusi dalam Digimon World: Next Order ini sangatlah kompleks. Mungkin kita perlu membuat catatan khusus agar bisa melakukan evolusi dengan benar, sesuai dengan keinginan.

Digimon 3 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Tapi di situlah daya tarik game ini yang menurut kami sangat mendalami semangan Digimon itu sendiri.

Digimon 10 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Saat Battle, kita akan berperan sebagai penonton saja. Melihat bagaimana Digimon kita bertarung. Meskipun ada fitur Command, tapi hal ini tidak bisa bersifat mutlak. Artinya tergantung pada mood Digimon kita. Sudah bisa ditebak, ketika mood Digimon kita jelek, maka command apapun yang kita berikan, kadang tidak didengar.

Digimon 13 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Namun bagaimanapun command pada saat bertarung merupakan hal unik lain yang bis akita temukan di Digimon World: Next Order. Semakin banyak kita memberikan support pada dua digimon yang bertarung maka order point kita akan bertambah. Order P merupakan nilai yang dibutuhkan untuk memberikan command pada digimon.

Digimon 8 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Verdict:

Game ini keren untuk menghabiskan waktu sambil bernostalgia denga masa kecil kita. Cerita yang sederhana, namun dengan gameplay yang mendalam, memang sedikit terasa rumit namun akan memberikan kepuasan tertentu ketika kita bisa menyelesaikannya.

Informasi:

  • Judul: Digimon World: Next Order
  • Genre: RPG
  • PEGI: 7+
  • Platform: PS4 (yang direview), PS Vita
  • Audio: Jepang, Inggris
  • Subtitle: Inggris
  • Harga: Rp 680.000
  • Developer: B. B Studio
  • Publisher: Bandai Namco Entertainment Europe

Penulis : A. Sanusi

Rate this item
(0 votes)