Atrk
ads skin gagal

Cara Kirim SMS Gratis via Mi Message

Mi Cc Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Untuk para pemilik ponsel Xiaomi, rasanya kurang afdol jika tidak memanfaatkan semaksimal mungkin fitur dan layanan yang ditawarkan oleh vendor asal Tiongkok tersebut. Padahal, banyak loh fitur keren yang bisa dimanfaatkan, contohnya adalah Mi Message.

Layanan pesan singkat khas Xiaomi ini mirip iMessage di iPhone. Selain terintegrasi langsung dengan aplikasi messaging (SMS) default dan kontak phonebook ponsel, dengan Mi Message ini Anda bisa berkirim SMS secara gratis layaknya WhatsApp, BBM dan sebagainya.

Secara teknis, Mi Message ini memanfaatkan jalur koneksi data ponsel. Jadi bukan menggunakan jalur SMS operator. Inilah yang membuat pengguna Mi Message bisa berkirim pesan secara instan dan gratis. Tapi, pastikan pula Anda sudah memiliki paket data internet yang aktif.

Untuk bisa memanfaatkan Mi Message, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu, dan jangan lupa login ke Mi Account dari ponsel Xiaomi Anda. Mekanismenya benar-benar sama seperti iMessage di iPhone. Bahkan, cara pengoperasiannya pun terbilang ‘mirip’.

Supaya bisa menikmati layanan SMS gratis melalui Mi Message ini, baik Anda maupun rekan/kerabat harus sama-sama menggunakan ponsel Xiaomi dan telah mengaktifkan Mi Message.

Membuat dan Mengaktifkan Mi Account

Langkah pertama yang harus dilakukan para pemilik ponsel Xiaomi adalah membuat Mi Account. Nantinya, aku ini bisa digunakan untuk menikmati semua layanan Xiaomi seperti singkronisasi data ke Mi Cloud, Melacak lokasi ponsel (phone finder), Phone lock, Penawaran Flash Sales, Mi F codes, Mi Games, Mi Themes dan sebagainya.

Buka www.mi.com dari browser PC atau ponsel. Selanjutnya pilih ‘Daftar’, kemudian ikuti langkah-langkah yang diminta.

Di sini, ada dua cara untuk membuat Mi Account. Pertama dengan menggunakan nomor telpon, dan kedua memakai alamat email. Silakan pilih sesuai kebutuhan, nantinya Anda tetap bisa mengatur profile Mi Account tersebut kok.

Mi 1 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Jika Mi Account sudah terverifikasi, Anda bisa langsung mengatur dan mengaktifkannya di ponsel Xiaomi. Masuk ke Settings > Mi Account, selanjutnya sign in menggunakan akun Xiaomi Anda tersebut.

Mi 2 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Saat pertamakali aktif, akun Anda tersebut akan tersingkronisasi dengan Mi Cloud. Di sini, Mi Message juga akan tersingkronisasi.

Mi 3 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Mengaktifkan Mi Message

Setelah Anda berhasil membuat dan mengatur Mi Account, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Mi Message. Namun sebelumnya, Anda juga harus memastikan telah menyisipkan kartu SIM.

Masuk ke Settings > System apps > Messaging > Aktifkan Mi Message.

Mi 4 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Mi Message akan aktif dengan tanda toggle berubah jadi biru.

Mi 5 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Cara Mengecek Mi Message

Ternyata, masih banyak pengguna Xiaomi yang bingung ketika menggunakan Mi Message. Rata-rata, mempertanyakan apakah pengiriman pesan yang sudah dilakukan menggunakan Mi Message atau malah dikenakan biaya SMS normal.

Nah, untuk mengetahui apakah Mi Message sudah aktif dan siap digunakan untuk mengirim pesan gratis, sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal melihat kotak dialog pengiriman pesan baru setelah memilih kontak phonebook rekan, apakah muncul tulisan ‘Mi Message’ atau ‘Text Message’. Jika yang muncul Mi Message, artinya Anda sudah bisa mengirim pesan gratis.

Mi 6 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Tapi pastikan, Anda dan rekan yang akan dikirimkan pesan singkat sama-sama menggunakan Mi Message dan data internetnya aktif.

Mengirim Mi Message

Setelah semua langkah-langkah di atas berhasil dilewati, artinya Anda sudah bisa mulai berkirim pesan singkat secara gratis.

Pilih Messaging > New Message > tentukan kontak yang menggunakan Mi Message, yang ditandai ikon berwarna biru > ketik dan kirim pesan.

Mi 7 Images Data 2017 Februari Thumb Other400 0

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

Catatan: Jika setelah mengaktifkan Mi Message namun Anda tidak memiliki kontak yang menggunakan Xiaomi Mi Message, dan ternyata Anda mengalami kendala tidak bisa berkirim SMS (Text Message) biasa ke nomor telpon normal, coba untuk me-nonaktifkan Mi Message.

Rate this item
(0 votes)