pulsa-logo

Memanfaatkan Fitur Dual Front Kamera Vivo V5Plus


Hairuddin

Kamis, 23 Februari 2017 • 13:13


Tren foto selfie memang tengah menjadi fenomena global. Wajar, jika sebagian besar vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan produk yang menggadang-gadang kamera depan sebagai unggulan utamanya. Vivo salah satunya.

Setelah sebelumnya menggebrak pasar smartphone global lewat ponsel pintar berkamera depan 20MP pertama di dunia, Vivo V5, vendor smartphone asal negri tirai bambu ini kembali ingin mengokohkan eksistensinya sebagai produsen smartphone selfie yang menyandang gelar “Perfect Selfie”, dengan merilis Vivo V5Plus.

Selain sama-sama dibekali kamera depan 20MP, di Vivo V5Plus ini Anda juga akan mendapatkan satu lagi kamera depan berkekuatan 8MP loh. Ya, ini lah kekuatan utama Vivo V5Plus. Dengan “dual front camera” ini, Vivo ingin menghadirkan makna baru tren Selfie.

Di V5Plus ini, Vivo tidak hanya menghadirkan dua kamera depan saja, tapi juga disokong beragam fitur pendukung kamera Selfie yang cukup inovatif dan diklaim bakal mampu menghasilkan foto diri yang sangat berkualitas. Mulai dari fitur Face Beauty, HD Dual camera, Selfie Softlight hingga Efek Bokeh (background blur).

Nah…untuk menghasilkan foto Selfie yang berkualitas maksimal, Anda perlu untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan fitur-fitur tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Face Beauty

Fitur ini sejatinya sudah menjadi opsi standar di semua smartphone yang menonjolkan kemampuan selfie. Lewat mode Face Beauty ini, Anda bisa memberikan sentuhan berbeda pada foto diri. Misalnya, sedikit merubah warna kulit, menghaluskan tampilan wajah dan membuatnya terlihat lebih putih. Dengan kata lain, fitur ini hampir mirip dengan fungsi filter foto.


Mode Face Beauty ini bisa Anda temukan di jajaran mode kamera Vivo V5Plus. Tinggal geser dan pilih untuk menggunakannya. Di mode ini, ada tiga opsi lanjutan yang bisa Anda atur saat ingin Selfie yakni Buffering, Skin Tone dan Whitening. Cukup dengan menggeser-geser toggle bar yang tertampil di viewfinder kamera, sesuaikan dengan keinginan Anda.

Untuk mendapatkan kualitas Face Beauty yang lebih maksimal lagi, Anda juga bisa menambahkan opsi ‘Enhanced Beautification’ dengan memilih ikon bergambar ‘Beauty/Wajah HD’.

Selfie Softlight

Fitur ini sejatinya sudah diperkenalkan pada Vivo V5. Fungsinya, sama seperti LED flash yang mulai banyak diterapkan pada ponsel selfie untuk melengkapi kamera depannya. Tidak seperti kebanyakan LED flash yang kadang membuat mata silau saat digunakan foto, Selfie Softlight Vivo V5Plus ini mampu menghadirkan cahaya yang lembut alias tidak menyilaukan.

Cara mengaktifkannya, tinggal menekan ikon bergambar ‘lampu bohlam’ yang ada di pojok kiri atas viewfinder saat mode kamera depan digunakan. Di sini, Anda bisa mengaturnya otomatis hidup (Auto) ketika menjepret, atau selalu hidup (Fill lighting) saat digunakan. Pilih sesuai kebutuhan.

Bokeh

Inilah fitur utama Dual  Front Camera di Vivo V5Plus. Untuk menghasilkan foto dengan gambar latar yang ngeblur layaknya kamera DSLR profesional, Anda bisa mengaktifkan opsi ini dengan memilih mode khusus yang ada di bagian atas.

Di sini, Anda bisa mengatur bukaan lensa (Aperture) antara F0,95 untuk mendapatkan efek ngeblur (Bokeh) maksimal di bagian belakang selfie, atau Aperture F16 agak semua bagian foto tetap terlihat fokus. Pengaturan ini bisa ditemukan dengan menyentuh layar saat mode Bokeh aktif. Anda tinggal menggeser ke atas atau ke bawah toggle bar.

Menariknya, mode Bokeh di Vivo V5Plus ini juga dilengkapi fitur ‘Shot Refocus’ loh. Artinya, Anda bisa mengatur ulang titik fokus dari hasil foto Bokeh setelah diambil. Untuk mengetahui apakah hasil foto diambil menggunakan mode Bokeh dan bisa dilakukan Refocus, Anda bisa melihatnya di hasil foto yang ada di galeri yang ditandai dengan notifikasi bertuliskan ‘BOKEH’ di bagian bawah foto.

Cara menggunakan fitur ‘Shot Refocus’ ini, tinggal tekan ‘BOKEH’ dan otomatis akan muncul kotak editing untuk mengatur ulang fokus foto. Anda bisa mengatur ulang titik fokus di bagian mana saja sesuai kebutuhan. Jika sudah, tinggal tekan ‘Done’ dan hasil edit Refocus pun otomatis tersimpan di galeri.

HD Dual Camera

Kurang maksimal rasanya jika hasil foto menggunakan Dual Front Camera Vivo V5Plus ini terlihat standar. Supaya lebih maksimal lagi, Anda bisa memanfaatkan opsi ‘HD dual-camera’. Pilihan ini bisa ditemukan pada pengaturan tambahan kamera Vivo V5Plus.

Di viewfinder kamera, tekan ikon settings bergambar roda bergerigi yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih ‘HD dual-camera’ yang ada di tab pengaturan kolom keempat.

HDR

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur pencahayaan masuk secara merata saat akan mengambil foto selfie, baik di lokasi yang bercahaya redup maupun yang tempatnya terlalu terang. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto akan memancarkan gambar yang memiliki pencahayaan lebih berimbang disetiap bagian foto.

Untuk mengaktifkan mode ini, tinggal menekan opsi HDR yang ada di bagian atas viewfinder. Namun sebagai informasi, mode HDR di Vivo V5Plus ini nyatanya terkadang justru bisa menghasilkan warna yang berlebih di obyek foto. Jadi, sebaiknya gunakan mode ini sesuai kebutuhan saja.

Mudah-mudahan, dengan beberapa tips ini Anda bisa memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi Dual Front Camera di Vivo V5Plus lebih maksimal untuk menghasilkan perfect selfie yang makin berkualitas dan menarik lagi.

Selamat berselfie ria! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)