pulsa-logo

Trik Ampuh Bikin Lega Memori Android


Galing

Selasa, 07 Maret 2017 • 21:05


Berbicara tentang ponsel Android pasti tidak akan lepas dari banyaknya aplikasi gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari Play Store. Beredarnya aplikasi dengan aneka fitur dan fungsi yang unik tentu kerap memancing rasa penasaran pengguna untuk selalu mencoba. Akibatnya, memori internal perangkat Android Anda jadi cepat penuh dan menyebabkan kinerjanya jadi kian menurun. Meski aplikasi yang telah diinstal telah dihapus, nyatanya memori internal pada perangkat masih terlihat sesak. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan simak solusinya dalam  tulisan berikut.

1. Silakan unduh dan instal aplikasi CCLEANER dari Play Store.

2. Buka Aplikasi dan pilih “analyze” untuk memindai memori perangkat.

3. Tunggu hingga CCLEANER menyelesaikan proses pemindaian dan menunjukkan rekomendasi tindakan yang harus ditempuh.

4. Berikutnya berikan tanda centang pada seluruh kotak dan lanjutkan dengan “Clean”



5. Jika memori internal perangkat masih terasa sesak, maka Anda bisa mencoba menghapus beberapa aplikasi pada perangkat dengan memilih “App Manager” yang bisa diakses dengan memilih ikon tiga garis di sudut kiri atas aplikasi.

6. Berikutnya pilih ikon tong sampah untuk menghapus atau uninstall aplikasi. Beri centang aplikasi mana saja yang ingin Anda hapus. Berikan konfirmasi sebelum proses uninstal aplikasi dapat dijalankan.

7. Silakan gunakan fitur Storage Analyzer dengan cara yang sama seperti pada langkah lima untuk mengetahui jenis file apa saja yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan internal perangkat.

8. Agar perangkat Android Anda makin lega, maka Anda dapat mencoba mengaktifkan fitur backup otomatis Google Photo yang secara berkala akan mengunggah seluruh koleksi foto dan video Anda setiap kali terhubung ke jaringan internet baik lewat Wi-Fi atau data operator.

9. Silakan masuk ke Google Photo dan pilih ikon tiga garis pada sudut atas. Selanjutnya pilih “free up space” untuk memindai foto dan video dalam perangkat yang telah selesai di-backup.

10. Begitu Google Photo menemukan seluruh foto yang telah berhasil di-backup, maka pengguna tinggal berikan konfirmasi dengan memilih remove untuk melanjutkan penghapusan file yang tersimpan di dalam perangkat.