Atrk
ads skin gagal

Trik Apple Watch yang Mungkin Terlewatkan

1 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Sampai tulisan ini dibuat Apple sudah melepas dua versi Apple Watch nya yakni Apple Watch dan Apple Watch Series 2. Pada dasaranya kedua wearable ini sama, yakni perangkat jam tangan pintar yang dapat menjadi gadget sekunder bagi penggunaan iPhone Anda, lengkap dengan sesnsor-sensor yang menyertainya. Dimana untuk urusan sensor dan ketahanan pada air, Apple Watch seri 2 masih lebih lengkap dari pendahulunya.

Sampai saat ini penggunaan Apple Watch belum bisa dibilang common. Tapi ketika kita sudah menggunakan Apple Watch, rasanya sulit untuk melepaskannya. Beberapa tips berikut akan menjelaskan kenapa Apple Watch bisa menjadi penting dan sekaligus menyenangkan.

1. Apple Watch untuk Membuka MAC

Anda yang bekerja dengan komputer, baik di sekolah, kampus, kantor, ataupun kegiatan sehari-hari, tentu tidak ingin privasi kita terganggu bukan? Minimal kita memberi password di komputer agar orang lain tidak bisa sembarangan menggunakannya. Atau dengan kata lain kita memberinya kunci. Nah, Apple Watch bisa digunakan untuk membuka kunci komputer kita tanpa harus memasukkan kode-kode lagi.

01 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Tapi ada syaratnya. Pertama, selain harus ada iPhone dan Apple Watch baik seri pertama maupun kedua, kita harus punya perangkat komputer dari Apple. Bisa Mac Mini, iMac, Macbook, atau Mac Pro. Artinya bisa desktop, ataupun laptop. Sebagai catatan, dari sisi hardware ini, pastikan perangkat komputer MAC Anda bikinan tahun 2013 ke atas. Karena versi-versi ini telah mendukung Auto Unlock via WiFi yang dibutuhkan dalam proses unlock menggunakan perangkat lain, termasuk Apple Watch.

Kedua, software yang tepat. Di Apple Watch harusnya Anda sudah menginstal WatchOS versi terbaru, yakni WatchOS 3. Dan di MAC Anda sudah terinstal OS Sierra 10.12 atau OS yang lebih tinggi.

Cara Set up:

  • Sebelum melakukan set up, pastikan Bluetooth dan WiFi pada Mac telah aktif.
  • Pastikan juga akun atau Apple ID yang digunakan di Mac sama dengan yang digunakan di Apple Watch (termasuk iPhone).
  • Atur agar Apple Watch terkunci dengan Passcode. Anda bisa mengaturnya lewat iPhone, masuk ke app Watch, lalu masuk My Watch > Passcode > Turn Passcode On.
  • Pastikan juga Mac Anda tidak menggunakan fitur internet sharing.
  • Terakhir, masuk ke Mac, klik logo Apple, pilih System Preference, pilih Security & Privacy, pilih tab General, lalu centang kotak kecil di sebelah tulisan Allow your Apple Watch to Unlock your Mac.
  • Lalu ikuti sejumlah dialog untuk memastikan bahwa Anda adalah administrator dari Mac dan selesai. Anda bisa meng-unlock mac lewat Apple Watch.

2. Aktifkan Layar dengan Cara Baru

Sayangnya, trik kali ini hanya berlaku untuk Apple Watch seri kedua, atau Apple Watch 2016. Tapi biarkan saya memulai dengan sebuah hal kecil yang kerap mengganggu saat menggunakan Apple Watch. Saat kita berdiri atau berjalan, mengintip apa yang ada di jam tangan dengan cara mengakat tangan dan mengarahkan ke wajah kita bisa terjadi dengan mudah dan hampir tak pernah gagal. Namun hal ini tidak terjadi pada saat kita berada di posisi duduk atau tak sengaja tengah bersandar. Kadang kita harus menggerak-gerakkan jam tangan agar layarnya aktif.

02

Akhirnya cara yang ditempuh adalah dengan menyentuh layar, bukan? Dan itu tidak keren sama sekali. Menyadari hal ini, Apple Watch seri 2 menyediakan opsi dimana kita dapat mengintip layar Apple Watch dengan menggerakkan secara perlahan crown dial. Sedikit saja. Kita tetap bisa terlihat keren seakan tengah menyeting sesuatu.

Cara mengaktifkannya pun terbilang mudah, yaitu, masuk ke iPhone, buka app Watch, masuk ke General, lalu masuk ke Wake Screen. Di sini aktifkan Wake Screen On Crown Up.

3. Mencari Letak iPhone

Jika Anda seperti saya, yang kadang lupa meletakkan iPhone, atau kebetulan Phone tertutupi oleh sampah kantong plastik dan atau cucian kotor, Apple Watch dapat menyelamatkan Anda. Meskipun dalam kondisi mute, iPhone akan ‘menyahut’ ketika kita menekan tombol ping iPhone di Apple Watch kita.

03

Caranya, di Apple Watch geser layar ke atas untu memperlihatkan Control Center, lalu tekan tombol berbentuk iPhone dengan logo vibrasi. Tekan sekali hanya kaan membuat iPhoen kita berbunyi sekali. Tekan lebih kencang (atau tekan lama) akan membuat iPhone kita juga bergetar dan menyalakan lampu flash. Cocok nih untuk yang sering kehilangan iPhone saat berkendara di mobil malam-malam.

Dengan Apple Watch kita tidak perlu lagi misscall.

4. Hindari Ambil Screenshot Tak Sengaja

Mungkin karena ukuran tangan saya yang besar, kadang, ketika kita menahan sesuatu dengan tangan, tombol Crown dan side button tertekan secara otomatis dan tak sengaja mengambil screenshot. Kita bisa menghindari hal ini terjadi kembali.

04

Caranya, masuk ke App Watch di iPhone, lalu masuk ke General, lalu non aktifkan enable screenshot.

5. Edit Watch Face Lebih Nyaman di iPhone

Watch Face alias tampilan jam di Apple Watch memang tidak sebanyak Android Watch yang memang didukung oleh banyak pengembang pihak ketiga. Tapi bukan berarti kita akan terlihat monoton, begitu-begitu saja. Meski tergolong sedikit, Watch Face pada Apple Watch dapat dikustomisasi hingga beberapa layer sehingga tidak akan sama dengan milik orang lain.

05a Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Tapi, kami menyarankan Anda mengutak-atik Watch Face tidak langsung di Apple Wacth. Selain karena layarnya kecil, yang mungkin membuat Anda tidak nyaman, melakukanny di iPhone bisa lebih leluasa tanpa harus memutar-mutar Crown dial lagi.

05b Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Yang Anda butuhkan hanya aplikasi Watch dan Apple Watch yang terhubung. Secara instan hasil editan Anda bisa langsung terpampang di layar Apple Watch.

Rate this item
(0 votes)