pulsa-logo

Cara Mengaktifkan Secure Folder di Samsung Galaxy A (2017) Series


Hairuddin

Selasa, 21 Maret 2017 • 13:10


Selain jago dalam menghadirkan handset yang memiliki spesifikasi hardware mumpuni, Samsung pun tidak meninggalkan sisi perangkat lunak alias software. Beragam inovasi terkini pun coba ditawarkan vendor asal Korea ini untuk para pengguna setianya.

Salah satu pengembangan anyar Samsung yang cukup menarik adalah Secure Folder. Inovasi yang di beberapa perangkat Samsung masih berupa aplikasi dengan launcher yang dapat didownload dari toko aplikasi ini, sejatinya merupakan salah satu fasilitas keamanan dari Samsung Knox untuk memproteksi data pengguna supaya lebih aman. Namun, fungsi dari Secure Folder ternyata tidak hanya itu saja. Perangkat lunak yang sudah menjadi fitur default di Samsung Galaxy A (2017) Series ini nyatanya mirip dengan Dual Space di ponsel Coolpad atau Private Space di ponsel asal Tiongkok.

Fungsinya, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi yang sama dengan aplikasi di folder umum. Bahasa sederhananya, dengan adanya Secure Folder Anda seolah-olah memiliki dua ponsel di satu perangkat. Yang mana Anda bisa menjalankan dua aplikasi yang sama dengan akun berbeda di satu ponsel. Misalnya, menjalankan dua aplikasi WhatsApp, BBM, Path, Instagram hingga game. Hanya saja, ikon launcher aplikasi ‘kedua’ ini tidak akan terlihat di jajaran menu utama ponsel. Tapi, ada di dalam Secure Folder.

Karena merupakan fitur rahasia, akses Secure Folder tentu saja memiliki mode pengamanan yang super ketat. Anda bisa memanfaatkan fingerprint atau mode pengaman ponsel lain semisal PIN, Pattern atau Password untuk memproteksinya.

Nah untuk Anda para pengguna baru Samsung Galaxy A (2017) Series semisal Galaxy A3 (2017), Galaxy A5 (2017) dan Galaxy A7 (2017) bisa mengaktifkan dan memanfaatkan fitur Secure Folder  dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka dan jalankan ‘Secure Folder’ yang ada di folder khusus Samsung, atau bisa juga dari menu Settings > Lock screen and security.



2. Anda akan menjumpai informasi terkait fungsi dari fitur tersebut, pilih ‘Start’ untuk mulai melakukan pengaturan.

3. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi akun Samsung terlebih dulu untuk bisa menggunakan fitur Secure Folder.

4. Selanjutnya, pilih dan buat Lock type sesuai keinginan sebagai salah satu cara untuk memproteksi.

5. Setelah terkonfirmasi, sistem akan membuat dan mengatur Secure Folder secara otomatis.

6. Berikutnya, Anda akan menjumpai daftar aplikasi/fitur standar di folder Secure Folder ini. Dan untuk mulai menambahkan aplikasi ke folder ini, tinggal tekan ‘Add’.

7. Anda bisa menambahkan aplikasi yang sudah ada di ponsel atau bisa mengunduhnya dari Play Store.

8. Untuk menambahkan aplikasi yang telah tersedia, cukup mencentang aplikasi-aplikasi yang diinginkan, lalu tap ‘ADD’. Misalnya, Anda menambahkan aplikasi WhatsApp dan BBM.

9. Ikon aplikasi-aplikasi tersebut pun akan muncul di Secure Folder.  Aplikasi ini sendiri bisa menggunakan akun berbeda dengan aplikasi yang ada di menu umum ponsel. Jadi dengan kata lain, Anda bisa menjalankan dua aplikasi yang sama di satu ponsel dengan dua akun yang berbeda pula.

Selesai dan selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)