pulsa-logo

Main Game di HP Lokal


Deni Hardian

Sabtu, 04 Februari 2012 • 07:00

bermain game, HP, aplikasi game, NES game simulator, Java, NES, MRP, Cina, Gamers, tabloid pulsa


Buat  yang gemar bermain game di HP, pastinya kemampuan menginstal aplikasi game tambahan menjadi tolak ukur. Apalagi bila HP tersebut dibanderol dengan harga sangat murah. HP lokal dengan platform MTK pastilah menjadi pilihan utama. Ternyata, seabreg sumber game siap untuk didownload dan diinstal di HP. Namun, bagaimana caranya?

 HP dengan platform MTK menyediakan aplikasi tambahan untuk disematkan dengan 3 cara. Pertama HP yang mendukung Java, kedua yang mendukung NES game simulator dan ketiga yang mendukung MRP game.

Untuk mengetahui apakah HP lokal yang memiliki mendukung Java, NES atau MRP, dapat ditanyakan pada saat membelinya. Atau bisa juga mencari informasi tentang spesifikasi HP tersebut. Mau tau lebih detil teknik instalasinya, ikuti uraian berikut ini.

1. HP dengan dukungan Java

Aplikasi Java memiliki format file .jar. Cukup copy file .jar ke dalam kartu memori. Proses copy file tersebut dengan menggunakan card reader tentunya.

Selanjutnya buka menu pada HP > klik file manager > pilih kartu memori > open > pilih folder dimana file .jar tadi diletakkan > pilih file jar > open/instal. Saat proses instalasi BG’ers akan diminta konfirmasi dimana file akan diinstal, pilih kartu memori. Beberapa game Java yang dapat diinstal pada HP lokal dapat didownload di http://www.china-mobile-phone.com/download/java_game.zip



Beberapa aplikasi mengharuskan BG’ers untuk menginstalnya di memori internal HP. Jadi, bila BG’ers menginstal aplikasi Java yang membutuhkan memori internal HP lebih besar dari yang ada, akibatnya aplikasi tidak akan dapat diinstal.

Kemudian, yang perlu menjadi perhatian dalam instalasi game Java adalah resolusi layar. Pastikan game yang diinstal memiliki resolusi layar sama dengan resolusi HP. Untuk HP lokal yang memiliki ukuran layar atau resolusi besar bisa saja tetap menginstal game menarik asalkan ukuran resolusi game lebih kecil dari resolusi layar HP nya.

2. HP dengan dukungan NES games

Seperti pada HP dengan dukungan Java, HP dengan dukungan NES game simulator juga cukup dengan mengcopy file .nes ke folder mana saja pada kartu memori. Kemudian buka menu pada HP > buka file manager > pilih kartu memori > open > piih folder dimana file .nes berada > pilih file .nes > run.

Beberapa NES game yang dapat diinstal pada HP lokal dapat didownload di

http://www.china-mobile-phone.com/download/nes_games.zip

3. HP dengan dukungan MRP games

Untuk mengetahui apakah HP yang BG’ers miliki mendukung MRP games, caranya dengan mengklik *#220807#. Jika HP tersebut memberi respon seperti mencoba mengakses jalur internet, berarti HP tersebut mendukung MRP games.

Lalu download file mythroad.zip via PC atau komputer di http://www.china-mobile-phone.com/download/mythroad.zip. Ekstrak file hasil download menggunakan winzip atau aplikasi sejenis. Buat folde dengan nama ‘mythroad’ atau ‘mulgame’ atau ‘downdata/mr’ pada kartu memori. Copy semua file hasil ekstrak tadi ke folder tersebut. Download MRP game dan copy file tersebut ke folder itu juga.

Pada HP ketikkan *#220807#, akan terlihat daftar game yang ada, pilih salah satu dan mainkan.  Beberapa game MRP dapat didownload di http://www.china-mobile-phone.com/download/mrp_games.zip . Bila ingin mendownload lebih banyak lagi, kunjungi http://www.lt163.com/sj/games/mrp/Index.html . Situs ini menggunakan bahasa Cina. Gunakan google translate untuk melihatnya dalam bahasa lain (misalnya Indonesia atau Inggris).

Seperti halnya pada game Java, pastikan game yang diinstal memiliki resolusi layar sama dengan resolusi HP. Bila tidak aplikasi tidak akan berjalan sebagaimana seharusnya.

Gak sulit kan? Selamat mencoba. (Aldrin Syaifulloh)