Atrk

Cara Mudah Amankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

Saat ini, teknologi pemindai sidik jari (fingerprint sensor) tidak lagi hanya dimiliki oleh smartphone premium. Ponsel ‘murah’ yang dibanderol kurang dari Rp 2 jutaan pun mulai banyak menerapkan fitur pengaman data ponsel berbasiskan sidik jari pengguna. Selain lebih aman ketimbang PIN, Pattern maupun Password, kehadiran fingerprint ini nyatanya tidak hanya untuk membuka lockscreen saja.

Belakangan, fingerprint dibekali pula dengan beragam fungsi tambahan semisal untuk pengganti tombol shutter kamera, membuka galeri foto hingga otorisasi pembayaran digital.  Fungsi tambahan lain yang tidak kalah menariknya adalah untuk memproteksi file atau aplikasi penting di smartphone.

Di beberapa smartphone malah bisa mengatur sidik jari mana yang bisa digunakan untuk mengamankan data-data penting ponsel. Sebagai informasi, rata-rata fitur fingerprint di smartphone masakini bisa menambahkan hingga 5 sidik jari berbeda. Masing-masing sidik jari tersebut pun bisa dikastem untuk keperluan yang berbeda.

Nah…buat Anda yang memiliki smartphone seperti ini, Ada baiknya untuk memanfaatkan fitur fingerprint sensor ini sebagai alat untuk mengamankan file maupun aplikasi penting, supaya data-data di dalamnya tetap aman dari jangkauan orang-orang usil.
Di tips kali ini, PULSA menggunakan smartphone Nubia M2 Lite yang baru saja resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Lalu, bagaimana caranya? Silakan simak langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke menu ‘Settings’, lalu geser ke bawah dan cari opsi ‘Fingerprint Identification’.

Lock 1 Images Data 2017 Mei Thumb Other400 0

2. Tap ‘Add fingerprint’ untuk mulai mendaftarkan sidik jari Anda.

Lock 2

3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengatur kode lockscreen sebagai alternatif jika fingerprint tidak terdeteksi dengan baik.

Lock 3

4. Di langkah ini, Anda bisa memilih opsi yang dibutuhkan. Sebagai contoh ‘Pattern unlock’. Di ponsel ini, Anda juga bisa meng-enkripsi lockscreen tiap kali ponsel dihidupkan harus menggunakan kode khusus ini. Jika tidak memerlukan enkripsi, pilih ‘No, thanks’ dan tap ‘Continue’.

Lock 4

5. Berikutnya, daftarkan kode pattern sesuai keinginan Anda. Lakukan sekali lagi untuk mengkondirmasi ulang dan tap ‘Ok’.

Lock 5 Images Data 2017 Mei Thumb Other400 0

6. Tahap selanjutnya, daftarkan sidik jari Anda. Ikuti notifikasi yang muncul di layar untuk proses pendaftaran sidik jari.

Lock 6 Images Data 2017 Mei Thumb Other400 0

7. Jika selesai, tap ‘Done’ untuk menyimpan data sidik jari tersebut dan Anda juga bisa menamakan tiap data sidik jari sesuai kebutuhan.

Lock 7

8. Langkah berikutnya mulai untuk memproteksi file dan aplikasi. Tap opsi ‘App lock’.

Lock 8

9. Lalu geser toggle bar untuk mengaktifkan proteksi tersebut, dan input kode pattern yang sudah Anda buat sebelumnya sebagai otorisasi. Anda akan menjumpai daftar file maupun aplikasi yang bisa diamankan menggunakan fingerprint.

Lock 9 Images Data 2017 Mei Thumb Other400 0

10. Pilih dan aktifkan file atau aplikasi yang Anda inginkan dengan menggeser toggle bar hingga berwarna hijau.

Lock 10 Images Data 2017 Mei Thumb Other400 0

11. Tap tombol back untuk keluar dan file atau aplikasi tersebut pun sudah aman terkendali. Untuk mengaksesnya, Anda harus menggunakan sidik jari atau bisa juga kode pattern yang sudah dibuat.

Lock 11

Mudah kan! Selamat mencoba. (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Monday, 15 May 2017 12:31
  • font size