pulsa-logo

Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay YouTube


Hairuddin

Senin, 19 Juni 2017 • 16:05

Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay YouTube, tips YouTube,


Buat yang hobi nonton YouTube, pasti tau dong  fitur Autoplay. Ya, fitur ini memungkinkan video selanjutnya yang direkomendasikan playlist YouTube akan secara otomatis diputar (play). Secara default, opsi pengaturannya sudah dibuat ‘On’.

Untuk sebagian orang, fitur ini cukup membantu karena memudahkan pengaturan tontonan di YouTube. Anda tidak perlu lagi memilih video yang ingin ditayangkan secara manual. Karena, YouTube akan secara otomatis merekomendasikan video selanjutnya.

Namun nyatanya, ada juga loh orang yang tidak menyukai fitur Autoplay ini aktif. Alasannya, video yang disarankan oleh YouTube belum tentu sesuai dengan keinginan, dan harus mematikan fitur tersebut secara manual dengan menggeser toggle bar Autoplay ke posisi ‘Off’.

Yang jadi persoalan, apakah kita harus terus menerus menonaktifkan fitur Autoplay secara manual, tiap kali menonton tayangan video di YouTube? Jawabannya, tentu saja tidak. Karena ada trik yang bisa diterapkan untuk mengakali hal tersebut. Di tips kali ini PULSA akan coba menjabarkan cara menonaktifkannya.

Via Aplikasi YouTube di Smartphone

Untuk yang biasa streaming video via aplikasi YouTube bawaan smartphone, bisa mengutak-atik pengaturan Autoplay yang ada di opsi lanjutan.

1. Buka dan jalankan aplikasi YouTube di smartphone.


2. Tap ikon ‘Akun’ yang ada di pojok kanan atas, hingga muncul opsi tambahan.

3. Pilih ‘Settings’ > General.

4. Berikutnya, cari opsi ‘Autoplay’ dan nonaktifkan dengan cara menggeser toggle bar hingga berwarna abu-abu (off).

Via Browser Chrome

Langkah-langkah yang harus ditempuh jika menggunakan browser versi desktop baik di PC maupun di smartphone, sejatinya tidak jauh berbeda. Anda harus masuk ke opsi pengaturan media yang ada di browser. Berikut ini caranya:

a. Buka dan jalankan browser chrome versi desktop.

b. Tap ikon menu berupa tiga titik yang ada di pojok kanan atas, hingga Anda menjumpai daftar opsi tambahan.

c. Pilih Settings > Site settings.

d. Berikutnya, geser ke pilihan ‘Media’, Buka dan Anda akan menemukan opsi ‘Autoplay’.

e. Nonaktifkan dengan cara menggeser toggle bar hingga berwarna abu-abu (off).

Mudah bukan! Selamat mencoba. (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)