pulsa-logo

Menikmati Radio Online Plus Membuat Stasiun Radio Sendiri


Aldrin Symu

Senin, 07 Agustus 2017 • 12:45

Radio Online,Stasiun Radio,aplikasi SounCloud,


Dunia internet membuka cakrawala yang luas dan sepertinya tanpa batas. Salah satunya adalah stasiun radio. Bila dahulu, stasiun radio terbatas pada perangkat tertentu dengan band AM dan FM, kini stasiun radio menjadi lebih luas maknanya dengan aplikasi SounCloud.

Dengan aplikasi ini Anda dapat menikmati alunan musik favorit yang tidak terbatas pada genre musik tertentu tetapi juga artis dan stasiun radio dari seluruh belahan dunia. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat stasiun radio pribadi atau publik dengan jadwal siaran yang penuh seharian. Untuk lebih jelasnya, berikut sedikit tips menggunakannya.

Seperti biasa, saat pertama membuka aplikasi, Anda diharuskan mendaftar dengan akun email yang dimiliki, lewat akun Google atau Facebook juga bisa. Bila menggunakan email, Anda akan diminta memasukkan alamat email, password, umur dan jenis kelamin.

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nama alias atau panggilan nantinya terlihat secara umum. Ada baiknya juga Anda menambahkan foto (image).

Foto profil ini dapat Anda ambil dari foto yang telah ada pada galeri ponsel atau foto baru. Foto tersebut masih dapat Anda sesuaikan ukurannya dengan menggeser 4 titik pada frame. Setelah itu Anda akan dibawa ke profil yang akan ditampilkan ke umum. Anda dapat merubah pengaturan dasar (basic settings) atau pengaturan notifikasi (notification settings).


Email yang Anda gunakan pada registrasi membutuhkan konfirmasi segera. Jadi, buka email yang dikirimkan ‘soundcloud’ dan klik ‘confirm your email’. Anda akan digiring memasuki aplikasi kembali. Karena untuk pertama, tampilan pilihan disesuaikan dengan lagu atau audio yang sedang tren saat ini.

Aplikasi ini menyediakan fitur pencarian yang keren dan cepat. Artinya, bila ada yang ingin Anda cari, aplikasi akan menampilkannya dalam 4 kategori yaitu all (kemungkinan semua kata yang terhubung), tracks (berdasarkan lagu atau audio), people (orang yang terkait dengan kata yang dicari) dan album (berdasarkan album yang terkait). Anda dapat mengklik salah satu opsi yang terlihat dan memainkannya.

Pilihan yang dimainkan menyertakan pilihan ‘next up’ dengan poa pengacakan random atau berurut. Pada audio pilihan yang sedang berjalan, terdapat beberapa icon yang dapat diklik yaitu suka, berbagi, daftar urutan dan opsi lain.

Pada opsi lain (tiga titik keatas), Anda dapat melihat stasiun dari lagu yang dimainkan, menambahkannya ke playlist, berbagi ke jejaring sosial atau aplikasi yang ada pada ponsel, repost (posting ulang) ke soundcloud, melihat komentar dan melihat info terkait file tersebut.

Kembali ke menu utama, setelah pencarian, ada icon tanda petir yang berarti playlist atau lagu yang pernah dimainkan. Bila Anda sedang memainkan salah satu lagu, maka lagu tersebut akan menjadi mengecil dan terlihat dibagian bawah. Menu selanjutnya adalah menu suka. Disini terdapat 3 kotak suka yang terdiri dari track yang disukai, playlist atau album yang disukai dan stasiun yang disukai.

Untuk menambahkan album atau stasiun yang disukai, Anda dapat masuk ke profil dari stasiun tersebut. Terdapat tulisan ‘follow’ atau tanda siaran. Anda dapat memilih salah satu atau keduanya.

Semua tracks yang Anda sukai, dapat disharing ke berbagai jejaring sosial, aplikasi, email atau pesan singkat. Langkah berbaginya juga sangat mudah dipahami, cukup dengan mengklik ‘kirim’.

Bila Anda ingin melakukan siaran sendiri, Anda dapat masuk ke profil Anda sendiri dan pilih ‘record’. Pilih tanda recording dan klik kembali bila ingin mengakhirinya. Selanjutnya pilih ‘next’.

Sebelum rekaman tersebut diposting, Anda dapat menambahkan judul track, menambah gambar artwork, dan memilih apakah buat umum atau pribadi. Artinya Anda dapat mengumpulkan beberapa tracks sebelum Anda mempublikasikannya. Klik post dan proses upload sedang berlangsung. Setelah selesai, akan ada notifikasi ‘upload finished’.

Sebaiknya lakukan pengaturan terkait aplikasi dan notifikasi. Ini sangat bermanfaat bila Anda ingin mengetahui segala hal terkait track yang telah diposting. Berapa yang telah mendengarnya, siapa yang memposting ulang, siapa yang menyukainya dan hal-hal lain terkait analitik dari rekaman Anda.

Bila Anda menjadikan akun tersebut sebagai stasiun radio, maka Anda membutuhkan aplikasi tambahan yang namanya Pulse. Aplikasi ini sebagai pelengkap dari SoundCloud yang menampilkan statistik dan laporan dari track yang Anda miliki.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Aldrin Symu