pulsa-logo

Ubah Sharp Z2 Jadi Remote Control Elektronik


Hairuddin

Selasa, 08 Agustus 2017 • 13:38


Lewat PT InFocus International Indonesia yang merupakan subkontraktor dari Foxconn, Sharp kembali meramaikan pasar smartphone tanah air lewat dua gacoan terbarunya yakni Sharp Z2 dan Sharp M1. Dua produk ini menyasar konsumen kelas menengah, dan dibekali beragam fitur serta teknologi terkini. Untuk Z2, Sharp menanamkan beberapa fitur unggulan yang diantaranya bisa dikoneksikan ke perangkat elektronik.

Fitur yang biasa dikenal dengan Infrared Remote Control ini sudah tertanam secara default di Sharp Z2. Dengan fitur ini, Sharp Z2 bisa dijadikan pengganti remote control konvensional untuk mengatur beragam perangkat elektronik rumah tangga semisal TV, AC, Fan, Box, Projector, Set-top-box, Power Amplifier dan DVD.

Seperti kebanyakan ponsel yang dibekali fitur Remote Control, sensor Infrared di Sharp Z2 pun tertanam di sisi atas bodi ponsel, tepatnya di samping port audio jack. Dibanding milik Xiaomi maupun beberapa tablet PC Samsung, pengaturan fitur Remote Control di Sharp Z2 ini terbilang cukup mudah. Selain itu, katalog perangkat elektronik yang didukung Remote Control Sharp Z2 ini pun lebih beragam. Tercatat, lebih dari ratusan merek elektronik asal Tiongkok maupun global yang bisa dikoneksikan. Ini lah keunggulan utama dari Remote Control milik Sharp Z2.

Nah…untuk para pemilik Sharp Z2 atau yang berniat membeli ponsel anyar ini, bisa loh menjajal fungsi Remote Control ini di rumah.

Bagi yang bingung gimana mengatur dan mengaktifkan Remote Control di Sharp Z2, begini caranya:

1. Masuk ke jajaran menu utama Sharp Z2. Selanjutnya buka folder ‘System Tool’.



2. Di dalam folder tersebut Anda akan menemukan ikon aplikasi ‘KooKong’, tapp untuk menjalankannya.

3. Anda akan masuk ke interface awal aplikasi Remote Control.

4. Untuk mulai melakukan pengaturan Remote Control, tap ikon bertanda ‘+’ dan atur Negara.

5. Berikutnya, Anda akan dibawa ke daftar home appliance alias kategori perangkat elektronik rumah tangga yang bisa dikoneksikan dengan fitur Remote Control Sharp Z2 ini.

6. Pilih salah satu kategori elektroniknya, missal ‘TV’.

7. Langkah selanjutnya, Anda diminta untuk memilih merek TV yang digunakan. Tinggal geser saja daftar merek TV hingga menemukan yang sesuai, atau Anda juga bisa memanfaatkan tab pencarian (search).

8. Setelah ketemu, tap merek tersebut dan Anda akan dibawa ke tampilan utama Remote Control.

9. Lakukan pengecekan koneksi dengan menekan fungsi remote, misalnya tombol power untuk menghidupkan/mematikan TV.

10. Jika TV merespon koneksi dari Remote Control tersebut, Anda bisa menyimpan pengaturannya dan memberikan nama remote.

11. Selesai. Anda juga bisa menggunakannya untuk perangkat elektronik lain. Cara pengaturannya pun sama.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)