pulsa-logo

Mengaktifkan Multi User Account pada Lava R1


Galing

Rabu, 16 Agustus 2017 • 13:54


Sejak sistem operasi Android Lollipop, Google mulai menggulirkan fitur yang memungkinkan satu perangkat Android memiliki lebih dari satu akun pengguna. Melalui fitur yang lazim disebut sebagai ‘Multi User Account’ ini, pengguna seolah-olah memiliki dua ponsel berbeda dalam satu perangkat yang sama. Ringkasnya, Anda dapat membuat dua akun pengguna berlainan yang dapat Anda hubungkan dengan dua akun Google yang berbeda.

Sayangnya tidak semua pabrikan pembuat Android mengaktifkan dukungan ini. Hal ini wajar mengingat prinsip kerja fitur ini pada hakikatnya serupa dengan ‘user account’ pada komputer Anda. Jika Anda membuat dua akun pengguna, maka ponsel Anda akan secara otomatis membagi ruang penyimpanan internal perangkat menjadi dua agar dapat dialokasikan untuk masing-masing akun tersebut. Dengan demikian seluruh file, data dan aplikasi yang berada pada setiap akun tidak akan saling tumpang tindih.

Nah buat Anda yang penasaran, langsung saja ikuti cara mengaktifkan ‘multi user account’ di Lava R1 lewat tulisan berikut.

1. Masuk ke Settings -> Users. Sentuh tiga titik di pojok kanan atas dan pastikan Anda tidak mencentang kotak di sebelah tulisan “Add users when device is locked”.

2. Berikutnya pilih ‘Add user’. Lalu pilih OK untuk melanjutkan.



3. Lakukan pengaturan pengguna baru dengan memilih set up now.

4. Selanjutnya Anda akan masuk ke akun pengguna baru dan akan diminta untuk memberikan persetujuan. Pengguna cukup tekan tandai lingkaran ‘continue’ dan tekan tombol ‘next’.

5. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Anda akan diminta untuk log in ke akun Google seperti layaknya pengguna ponsel Android baru. PULSA menyarankan agar Anda membuat akun Google yang berbeda untuk masing-masing keperluan. Contohnya jika akun yang pertama untuk urusan pekerjaan, maka akun kedua bisa Anda buat agar bisa dipakai untuk urusan pribadi.

6. Sesudah itu, jika Anda ingin masuk ke akun email lainnya maka Anda tinggal pilih saja penyedia layanan email yang Anda miliki. Sedangkan jika Anda tidak ingin melakukannya, maka Anda tinggal pilih ‘not now’.

7. Langkah yang juga tak kalah penting adalah dengan mengamankan kedua akun yang Anda telah buat. Anda bisa melakukannya dengan memilih untuk membuat kata sandi, PIN atau pola.

8. Begitu Anda berhasil mengamankan akun kedua, maka silakan geser jendela notifikasi Lava R1 dan pilih ikon ‘user’. Lanjutkan dengan memilih pemilik (owner) untuk berpindah ke akun yang pertama.

9. Ulangi langkah 7 untuk mengamankan akun pengguna pertama pada perangkat Anda.

10. Terakhir, fitur telepon dan sms pada akun kedua secara default dalam posisi tidak aktif. Untuk itu saat Anda sedang berada pada akun pertama silakan masuk ke pengaturan users. Lalu pilih ikon gear di sebelah new user dan geser tombol di sebelah tulisan ‘turn on phone calls and sms’ ke arah kanan.