pulsa-logo

Tips iPhone: Berkreasi dengan Plotagraph+


Ahmad S.

Senin, 21 Agustus 2017 • 12:05


Belakangan di jejaring sosial, kita kerap menemukan video atau gif unik yang memperlihatkan sebuah gambar diam dengan beberapa bagian yang bergerak berulang-ulang. Teknik yang disebut dengan plotagraph ini secara mudah dapat diartikan sebagai Foto Animasi.

Berbeda dengan teknik lain yang berasal dari sebuah video dengan model yang diam bak difoto, Plotagraph merupakan modifikasi terhadap sebuah foto atau gambar diam. Banyak cara yang bisa dilakukan. Namun di tips ini kita akan melakukannya dengan cara paling mudah.

Bagi pengguna perangkat iOS. Anda bisa berkreasi dengan sebuah aplikasi bernama Plotagraph +. Sayangnya aplikasi ini bukan aplikasi gratisan, tapi cenderung murah kok. Kita bisa mendownloadnya dengan harga Rp 75.000.

Kelebihan Plotagraph+

Dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak perlu pusing melakukan cropping terhadap foto atau menimpakannya ke atas sebuah video. Menggunakan teknik-teknik tertentu, kita bisa membuat animasi pada foto yang tersimpan di dalam ponsel. Apapun.

Hasil foto yang telah diedit bisa diatur durasi dan keperuntukkannya. Terintegrasi dengan beberapa media sosial yang populer, atau tersimpan di camera roll dalam format MP4.

Cara Penggunaan


Setelah terinstal, dan membuka aplikasi ini untuk pertama kali, kita akan menemukan sejumlah penjelasan singkat mengenai ikom-ikon yang ada di dalam aplikasi.

Penjelasan yang muncul di awal tersebut tidak bersifat tutorial, tapi sedikitnya bisa menjelaskan apa yang harus kita lakukan.

Langkah 1

Pilih foto yang ingin kita utak-atik. Lakukan ini dengan menyentuh tanda “+”.

Sebagai saran, pilih gambar dengan bagian langit atau air yang dominan. Hal ini dimaksudkan agar animasi yang nanti dibuat tidak terlihat aneh. Pergerakan awan dan aliaran air adalah hal yang paling masuk akal.

Langkah 2

Tentukan apa yang harus diam, apa yang harus bergerak. Jika sudah, sentuh ikon mask tool. Sesuaikan besaran diameter tool aga rlebih presisi, lalu sapukan masking tool ke atas gambar yang sudah “dipilih untuk diam”.

Jika ada yang perlu dihapus, atau Anda salah menyapukan mask tool di tempat yang tidak semestinya, silakan pilih Erase tool dan hapus masking yang ada di area yang salah tersebut.

Lakukan ini sampai Anda benar-benar yakin bahwa gambar yang diupayakan untuk “diam” sudah tertutupi semua oleh masking.

Langkah 3

Sekarang alihkan konsentrasi ke bagian gambar yang ingin dianimasikan atau “digerakkan”. Pilih anchor point untuk memastikan gambar yang tidak bergerak agar tidak akan bergerak bersamaan dengan animasi yang ingin kita buat.

Lalu pilih ikon animation. Di sini, sapukan jari Anda ke arah mana animasi harus bergerak. Sebagai contoh kami ingin memunculkan pergerakan awan yang ada di foto. Pilih awan-awan yang terlihat jelas, lalu sapukan dari titik awal ke arah yang diinginkan.

Anda bisa membuat sejumlah titik animasi. Tapi saran kami gunakan arah yang sama, atau sejajar agar terlihat meyakinkan.

Apabila ada yang salah saat pengerjaannya, Anda bisa tetap kembali ke langkah sebelumnya dengan tombol back di bagian atas aplikasi, atau pilih selection tool, pilih titik animasi yang kurang sesuai dengan keinginan, lalu mengeditnya secara manual.

Langkah 4

Jika animasi yang dibuat sudah sesuai dengan keinginan, maka kita bisa melakukan cropping agar hasil animasi nantinya bisa lebih fokus ke titik tertentu, atau mengubah kecepatannya agar lebih dramatis. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggeser pilihan ikon yang di bawah ke arah kanan untuk memunculkan pilihan crop tool dan animation speed.

Langkah 5

Anda bisa menyimpannya di camera roll. Caranya adalah dengan memilih ikon share, pilih Video. Mp4, lalu pilih preset seusai dengan media sosial populer untuk durasinya, atur ukuran gambarnya, lalu klil save to Camera Roll.

Anda bisa melihat hasilnya di instagram kamia @_pulsaid dan video tips ini di PULSA Channel.