pulsa-logo

Cara Mengatur Bluelight Filter di Smartphone


Hairuddin

Rabu, 06 September 2017 • 15:04

Cara Mengatur Bluelight Filter, tips and trik, OPPO F1, F3 Series, Sharp, Xiaomi


Main game, nonton video serta WhatsApp-an, tentunya akan mengarahkan Anda untuk terus memandangi layar ponsel. Untuk jangka pendek memang tidak terlalu bermasalah. Namu untuk jangka panjang, memandang layar ponsel terus menerus kabarnya bisa merusak penglihatan (mata) loh. Paling ringan bisa bikin mata berair, merah, perih (kecapaian), tidak bisa tidur dan yang paling parah bisa membuat buta. Setidaknya, itu yang disampaikan oleh kebanyakan dokter mata.

Menurut para ahli, kerusakan mata ini diakibatkan karena radiasi yang dihasilkan oleh pancaran cahaya dari layar ponsel yang disebut ‘Blue Light Effect”. Paparan blue light menimbulkan ancaman serius terhadap saraf-saraf retina dan menghambat sekresi melatonin, hormon yang mepengaruhi ritme sirkadian.

Persoalannya, apakah efek cahaya biru ini tidak bisa ditanggulangi? Jawabannya, tentu saja bisa. Saat ini, hampir sebagian besar ponsel yang beredar di pasaran sudah dibekali teknologi dan fitur untuk meminimalisir efek negatif bluelight, salah satunya dengan menghadirkan ‘Bluelight filter’.

Fitur yang terdapat di pengaturan layar (display) ini bisa dimanfaatkan ntuk mereduksi cahaya jahat yang keluar dari layar. Ada yang hanya menawarkan opsi filter standar, ada juga yang menyertakan pengaturan intensitas filter secara manual. Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis cahaya layar ponsel akan meredup dan berwarna agak kekuningan.

Untuk para pemilik ponsel OPPO F1 dan F3 Series, Sharp, Xiaomi dan sebagainya bisa melakukan pengaturan seperti langkah berikut:

1.Masuk ke menu ‘Settings’ dan geser ke pengaturan ‘Display’.



2.Geser hingga menemukan opsi ‘Bluelight Filter’ atau ‘Eye protection display’.

3.Selanjutnya, Anda bisa menentukan pilihan filter layar sesuai kebutuhan. Bisa Low (rendah) 10% atau bahkan High (Tinggi) hingga 75%.

4. Secara otomatis, tampilan cahaya yang terpancar dari layar akan berubah.

5. Layar ponsel pun sudah lebih ramah untuk mata.

Bagi Anda yang ponselnya tidak memiliki fitur Bluelight filter secara default, bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store. Salah satunya adalah Bluelight Filter: Night Mode.

Aplikasi gratisan besutan Leap Fitness Group ini mampu menyaring dan mengurangi bluelight dengan cara menyesuaikan cahaya layar ke warna natural. Dengan mengaktifkan dan mengatur mode filter ini, ketegangan pada mata bisa jadi rileks.

File instalernya cukup kecil dan sangat mudah untuk digunakan. Penasaran? Download dan install aplikasi Bluelight Filter: Night Mode.

Selanjutnya, aktifkan dengan menekan ikon tombol power.

Di sini, Anda bisa mengatur tingkat intensitas filter sesuai kebutuhan, termasuk screen dim.

Anda juga bisa mengatur kapan Bluelight Filter: Night Mode ini aktif maupun nonaktif secara otomatis.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)