pulsa-logo

Cara Mudah Berkreasi Dengan PhotoCollage


Aldrin Symu

Rabu, 20 September 2017 • 14:55

Cara mudah PhotoCollage, aplikasi PhotoCollage, apk PhotoCollage, aplikasi foto


Hasil foto menggunakan ponsel kini dapat diolah langsung. Beragam aplikasi pengolah foto tersedia di Google Play. Namun buat Anda pengguna ponsel Asus Zenfone tersedia pengolah foto default yang tersedia, salah satunya adalah PhotoCollage. PhotoCollage yang terdapat pada ZenUI 4.0 menyediakan beberapa peningkatan fitur dibanding versi sebelumnya. Berikut sedikit tips penggunaannya.

PhotoCollage ini menyediakan 6 (enam) pilihan kolase yaitu kolase 360 (membuat gambar 360 derajat yang dapat dilihat menggunakan VR), kolase kotak (kolase berbentuk kotak aneka bentuk), kolase majalah (kolase tampilan majalah), efek foto (memberi efek tertentu pada foto), toko stiker (mendownload stiker gratis maupun berbayar) dan pasang sendiri (berkreasi sendiri). 

Kolase pertama adalah ‘kotak’. Kolase kotak meminta Anda untuk memasukkan 9 image atau gambar yang nantinya akan diolah. Pastikan Anda cukup memiliki image yang sesuai tema yang hendak dibuat. Bila ragu, sebaiknya kumpulkan foto terlebih dahulu baru membuat kolase.

Selanjutnya memilih bentuk kotak yang sesuai. Anda bisa mencoba satu persatu bentuk kotak yang ada. Pada setiap gambar yang ada, Anda masih dapat mengeditnya dengan memindahkan posisi gambar yang ada. Misalnya pada sebuah foto terdapat objek wajah yang terpotong dengan bentuk kolase, Anda dapat menggesernya ke posisi yang lebih enak dilihat. Anda juga masih dapat memutar atau mengubah ukuran dari gambar tersebut. Cukup dengan cubit atau ciutkan. Anda juga masih dapat menambahkan teks dan stiker tertentu yang sudah didownload. Pilih next (pojok kanan atas) bila ingin lanjutkan menyimpannya.

Terdapat 4 pilihan ukuran dari kolase. Ukuran yang dimaksud adalah piksel. Terdiri dari 2560x2560 piksel, 1920x1920 piksel, 1280x1280 piksel dan 960x960 piksel. Kemudian pilih ‘simpan’. Aplikasi akan membawa Anda ke pilihan sharing atau berbagi. Anda dapat menambahkan judul kolase dan keterangannya.


Tersedia pilihan sharing ke Zinio, Facebook, Instagram dan Whatsapp. Bila Anda tidak ingin berbagi, silahkan back atau pilih ke menu awal. Jangan khawatir, kolase telah tersimpan didalam folder kolase. Bila ingin berbagi (contohnya ke Facebook) maka Anda cukup menambahkan judul status dan menambahkan keterangan lainnya seperti orang, tempat foto tambahan. Selanjutnya, klik ‘kirim’.

Kolase majalah menjadikan sebuah foto menjadi layaknya sampul majalah dengan beberapa teks tambahan. caranya cukup sederhana. Anda cukup memilih 1 (satu) foto saja dan memilih template yang telah tersedia baik yang gratis atau membeli yang berbayar.

Bedanya dengan kolase kotak, di sini Anda dapat bermain-main dengan bentuk teks, besarnya teks, warna teks hingga komposisi dari teks. Setiap teks yang ditambahkan dapat diatur posisi dan tingkat kemiringannya. Artinya Anda bisa berkreasi dan berimajinasi sendiri agar tampak seperti majalah yang menarik. Seperti kolase kotak, setelah disimpan, Anda dapat berbagi ke media sosial atau aplikasi lainnya.

Fitur selanjutnya adalah efek foto. Fitur ini cukup sederhana juga. Anda dapat memilih satu foto dan mengolesnya dengan efek yang tersedia seperti kembang api, lukisan cahaya, bingkai magis, nostalgia, photo in photo, lab warna, mengurangi kabut, miniatur, bokeh, gerak buram, whirpool, jendela berembun, sparkle, pelangi, pijar lensa, pikselisasi, kartun, planet mungil dan lubang cacing.

Foto yang dipilih masih dapat di crop sebelum diberi efek. Hasil pengolahan akan menjadi file gif (animasi) yang dapat disharing ke media sosial atau disimpan ke google drive.

Fitur lainnya adalah kolase 360. Efek ini membuat foto menjadi gambar 360 derajat dengan template yang cukup menarik. Tersedia template hotel busana, planet funky, rumah jazz, rumahku istanaku dan pemandangan venice street. Hasil pengolahan dapat dilihat menggunakan perangkat VR atau dengan menggeser posisi gambar. Anda diperbolehkan memilih 6 (enam) foto (bisa foto yang sama atau foto yang berbeda. Keseluruhan foto yang dipilih akan tampil di dalam bagian ruangan 360 nantinya.

Tersedia pratinjau sebelum hasil pengolahan akhir. Anda juga dapat menambahkan stiker tambahan dari toko stiker baik gratis maupun yang berbayar. Posisi tengah dari gambar juga masih dapat diubah jika mau. Hasil pengolahan dapat disharing ke media sosial.

Semoga bermanfaat.

Aldrin Symu