pulsa-logo

Cara Mudah Mirroring Layar Ponsel


Hairuddin

Rabu, 04 Oktober 2017 • 13:24


Ponsel bersistem operasi Android, apalagi yang sudah menggunakan versi terbaru kerap banyak menyertakan update fitur yang secara default langsung tersedia di perangkat. Namun, dari beragamnya fitur-fitur tersebut ada saja yang belum secara luas diekplorasi oleh pengguna ponsel. Salah satunya adalah Wireless Display yang juga kerap disebut dengan istilah Screen Mirroring.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan tayangan layar ponsel ke perangkat lain seperti PC atau Laptop. Dengan fungsinya ini, Anda bisa bermain game, menonton video atau bahkan menampilkan presentasi bisnis di layar yang lebih luas ketimbang layar ponsel.

Sebelumnya, cara untuk mendeliver tampilan layar ponsel ke perangkat lain membutuhkan aplikasi pihak ketiga, dan prosesnya sendiri harus melalui langkah-langkah yang terkadang cukup ribet.

Nah…lewat fitur Wireless Display yang sudah menjadi fitur default dan banyak tersedia di ponsel-ponsel masa kini, cara Screen Mirroring pun jadi lebih mudah. Selain itu, perangkat pendukung untuk melakukan screen mirroring pun tidak terlalu susah. Anda hanya memerlukan PC/Laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Syarat lain yang juga harus dipenuhi, Anda hanya perlu memastikan kedua perangkat (ponsel dan PC/Laptop) terhubung di jaringan WiFi yang sama. Jika semuanya sudah oke, Anda tinggal sedikit mengutak-atik pengaturan saja.

Pertama, cari aplikasi/fitur ‘Connect’ yang sudah ada di platform sistem operasi Windows 10. Klik Windows > Pilih ‘Connect’ dari jajaran menu aplikasi.



Selanjutnya, buka aplikasi tersebut. Secara otomatis, Anda akan menjumpai jendela aplikasi yang berisi informasi nama perangkat PC?Laptop yang akan disambungkan ke ponsel.

Berikutnya giliran di ponsel. Langkah awal, Anda harus mengaktifkan ‘Wireless Display’. Di tips kali ini, PULSA menggunakan OPPO F3 Plus. Masuk ke menu Settings > Buka ‘Other Wireless Connection”.

Di dalamnya, Anda akan menjumpai beberapa pengaturan terkait koneksi. Pilih Wireless Display.

Aktifkan Wireless Display dengan menggeser toggle bar hingga berwarna hijau.

Ponsel akan secara otomatis memindai perangkat-perangkat yang memiliki fitur Connect untuk Screen Mirroring. Di bagian bawah, Anda akan menjumpai daftar ‘Paired device’. Pilih nama perangkat PC/Laptop yang akan menjadi media Screen Mirroring.

Proses berikutnya, sistem akan mengkoneksikan kedua perangkat secara otomatis.

Dan jika keduanya sudah terhubung, maka Anda sudah bisa melihat tayangan yang ada di layar ponsel juga tertampil di layar PC/Laptop.

Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)