pulsa-logo

Menikmati Video di Ponsel Hingga Streaming di Cloud


Aldrin Symu

Rabu, 04 Oktober 2017 • 14:03

Streaming di Cloud, cara Streaming di smartphone, Streaming di android, Streaming di smartphone


Banyak aplikasi pemutar video tersedia gratis di Google Play, namun yang paling menarik adalah dengan menggunakan GOM Player. Sebenarnya aplikasi ini sudah tersedia lama untuk PC dan ponsel. namun untuk versi yang terbaru, aplikasi ini menyediakan banyak penambahan fitur unik.

Banyak sekali kelebihan dari aplikasi ini. Mulai dari mendukung pemutaran video non-encoding, pengaturan speed control yang intuitif termasuk finger gesture, pengaturan subtitle, pergerakan bagian layar, pengaturan cahaya dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu memainkan video 360 derajat dengan baik. Tampilan (UI) yang enak dilihat juga menjadi daya tariknya. Buat Anda yang suka mengambil skrinsut dari video yang dimainkan, tersedia juga fitur skrinsut yang mudah. Dan buat Anda yang menyimpan file video di penyimpanan cloud, aplikasi ini bahkan sudah mendukung pemutaran secara streaming di Dropbox, Google Drive, One Drive, WebDAV dan FTP. Unik kan? Berikut sedikit tips penggunaannya.

Seperti biasa, setelah diinstal, saat pertama membuka aplikasi Anda akan diminta memberikan izin akses. Pilih OK atau izinkan.

Aplikasi akan menampilkan file video berdasarkan nama folder. Bila folder dibuka, akan terlihat file tersebut dan Anda dapat memainkannya langsung. Untuk membuka menu, pilih tiga garis di pojok kiri. Akan terlihat menu yang terdiri dari My Storage (didalam ponsel), Favorite (daftar file yang sudah dipilih), 360 degree video (video 360 derajat), dan daftar cloud (Dropbox, Google Drive, One Drive, WebDAV dan FTP).


Anda dapat mengikuti petunjuk penggunaan yang tersedia. Terdapat 2 bagian yang menjelaskan icon dengan fungsi-fungsinya. Fitur petunjuk dapat Anda lihat pada menu pengaturan bila terlupa.

Untuk dapat mengakses cloud (penyimpanan awan) tentu saja Anda harus melakukan login dan memberi izin akses. Masukkan username atau nama email dan password. Artinya untuk semua cloud, caranya adalah sama, yaitu dengan melakukan login terlebih dahulu.

Bila berhasil, Anda akan melihat file video yang dapat dimainkan. Perbedaannya dengan file yang terdapat pada penyimpanan internal ponsel, file yang dimainkan akan menampilkan tulisan ‘streaming’ sebelum judul atau nama file. Disini kecepatan pemutaran dapat tergantung koneksi internet yang Anda miliki.

Untuk membuka pengaturan player (saat memainkan video), klik 3 titik di pojok kanan atas. Terdapat setting HW/SW, substitle, screen settings, audio, playback speed, pop out player dan display guide. Untuk screen setting tersedia fitur mirroring (terbalik seperti melihat di cermin).

Dengan popout player, Anda dapat melihat player di layar utama sembari tetap memainkan video). Untuk kembali melihatnya didalam aplikasi klik layar bertumpuk. Untuk mematikannya, klik tanda X. sedangkan untuk merubah ukuran layarnya menjadi lebih besar, klik dan perlebar hingga maksimal selebar layar. Pengaturan subtitle juga menyediakan fitur on/off dengan pengubahan ukuran font atau menambahkan shadow (bayangan) dari teks tersebut.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuan pengaturan SW/HW decoding (meskipun tanpa HW+). Sekedar informasi, SW decoding adalah proses decoding yang dilakukan oleh CPU sementara HW decoding adalah proses decoding yang dilakukan oleh GPU.

Pengaturan utama aplikasi terdapat didalam preference. Disini terdapat pengaturan akses internet lewat data selualar ataukah lewat WiFi. Anda juga dapat mengatur sinkronisasi subtitle dengan section yang ada.

Untuk akun akses cloud yang sudah sign in, Anda dapat keluar dan memasukkan akun yang berbeda didalam menu ini.

Menu terakhir adalah terkait video VR. Aplikasi menyediakan petunjuk penggunaan dengan beberapa icon yang sedikit berbeda dengan memainkan file vidoe biasa. Bila fitur VR ini diaktifkan pada video biasa, Anda dapat memilih sudut tertentu (ada 4 sudut) dari frame video yang dimainkan.

Semoga bermanfaat.

Aldrin Symu