Atrk
ads skin gagal

Panduan Penting Bagi Pengguna iOS 11 dan iPhone 8

Tips IPhone 8 Images Data 2017 November Thumb Other400 0

Seiring berjalannya waktu, penggunaan iOS 11 yang unik di perangkat lama menyisakan sejumlah pengalaman yang menarik, rata-rata menyenangkan, namun tak bisa dipungkiri ada beberapa hal yang kurang ‘sreg’. Tips kali ini akan difokuskan untuk mengatasi sejumlah masalah dan beberapa fitur tersembunyi yang belum kita bahas di tulisan sebelumnya. Dan sebagai bonus ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari penggunaan iPhone 8 selama beberapa minggu terakhir.

Langsung saja ke intinya:

Restart Paksa iPhone 8

Selama penggunaan iPhone 8 Plus, memang kita tidak menemui kendala yang memaksa melakukan force restart. Tapi berdasarkan informasi panduan, kami menemukan sebuah hal menarik. Apple mengganti kombinasi tombol yang harus ditekan, dengan sebuah runtutan penekanan tombol yang tidak biasa.

Jadi ketika iPhone 8 atau iPhone 8 plus Anda mengalami masalah. Nge hang misalnya, Anda bisa langsung menekan kombinasi tombol berikut:

  • Tekan dan lepakan dengan cepat, tombol volume atas
  • Tekan dan lepaskan dengan cepat, tombol volume bawah
  • Tekan dan tahan tombol power (wake button) sampai muncul logo Apple

Dalam pelaksanaannya memang tidak langsung berhasil di percobaan pertama. Setelah beberapa kali, kami baru berhasil melakukannya.

Sembunyikan App Dock iMessage

Saat menginstal iOS 11, Anda yang sering berinteraksi via iMessage akan menemukan App Dock di bagian bawah fitur perpesanan ini. Beberapa orang menganggapnya terlalu mengganggu. Tapi jangan khawatir, kita bisa mengatasiny dengan cara yang mudah.

Tips IPhone 8 1

Di sebelah kiri kerangka pesan ada dua ikon yang selalu menyertai, dari kiri ke kanan, itu adalah ikon kamera dan app store. Kali ini, kita konsentrasikan pada ikon App Store saja. Ikon ini apabila disentuh akan memperbesar area dock jadi sebesar area keyboard virtual. Dimana kita bisa menemukan link langsung menuju App store for iMessage.

Kalo disentuh sekali lagi akan memperkecil area tersebut dan app dock akan merapat ke bagian paling bawah.

Kita bisa menyembunyikan App dock dengan cara menyentuh ikon app store, lalu geser ke bawah. App Dock akan menghilang.

(update: di iOS 11.0.3 app dock ini bisa disembunyikan langsung dengan menekan tombol app store beberapa kali, tanpa harus menggesernya ke bawah)

Gunakan Do Not Disturb While Driving

Fitur yang digadang-gadang menjadi salah satu fitur andalan iOS 11 adalah fitur do not disturb yang lebih pintar, Karena mampu mengenali pergerakan kita ketika kita berkendara. Secara otomatis iPhone akan mematikan semua fungsi notifikasi sehingga Anda tidak akan terganggu atau teralihkan konsentrasinya dari kegiatan berkendara tersebut.

Tapi, sejatinya fitur tersebut tidak aktif secara langsung saat Anda mengupdate iOS 11 ataupun pertama kali membeli iPhone 8. Kita perlu terjun lebih dalam lagi ke menu setingan dan mengutak-atik kemampuan do not disturb while driving ini agar lebih efektif untuk Anda.

Pertama, kita akan coba mengaktifkannya. Masuk ke settings > Control Center. Lalu customize Controls, dan pilih ikon do not disturb while driving, Tekan tanda plus hijau di sebelahnya. Sekarang Do Not Disturb While Driving sudah ada di control center.

Lalu masuk Settings > Do not Disturb. Di bagian hampir paling bawah, ada area khusus untuk Do not Disturb While driving, kita bisa mengaktifkannya dengan 3 cara berbeda.

Pertama, ada secara otomatis. Kita mempercayakan pada sistem yang pintar untuk membuatnya aktif ketika kita “terbaca” tengah berkendara. Kedua, Saat terhubung dengan Car Bluetooth. Saat terhubung dengan perangkat Car Bluetooth, sistem akan mengenali Anda sudah di dalam kendaraan dan akan berkendara, dan di saat itu fitur do not disturb while driving akan segera aktif.

Ketiga, secara manual. Jadi Anda sendiri yang menentukan kapan fitur ini aktif atau tidak. Ikon Do not disturb while driving yang Sudah kita letakkan di Control center di awal tadi akan menjadi tombol kunci untuk melakukannya secara manual.

Saat mode ini aktif, kita juga bisa mengatur agar sistem dapat mengirimkan notifikasi pada calon penelepon atau mereka yang mengirimkan pesan ke kita, berupa sms otomatis.

Isi sms dapat kita atur, semisal “Mohon Maaf saya sedang berkendara, silakan tinggalkan pesan dengan membalas sms ini”, atau apapun yang Anda inginkan.

Matikan Bluetooh dan Wifi

Jadi begini, ada penemuan yang menarik, dimana ketika kita menonaktifkan WiFi dan Bluetooth via Control Center iOS 11, disinyalir WiFi dan Bluetooth tidak benar-benar mati. Hal ini sengaja ditempuh oleh Apple untuk tetap menghubungkan satu perangkat dengan eprangkat lain yang berjalan di bawah sistem. Semisal iPhone dengan Apple Watch, iPad dengan Apple Pencil dan sebagainya.

Tips IPhone 8 2 Images Data 2017 November Thumb Other400 0

Beberapa kasus memperlihatkan bahwa, ketika WiFi dimatikan via Control Center, ia akan kembali aktif secara otomatis di kemudian hari atau ketika kita berpindah tempat. Lalu bagaimana solusinya? Terutama jika Anda sengaja mematikan WiFi untuk keamanan atau menghemat baterai?

Lakukan cara klasik, yakni lewat fitur Settings. Non aktifkan WiFi dan Bluetooth dari setingan ini. Settings > WiFi > Off atau Settings > Bluetooth > Off.

Semoga bermanfaat*
 

Rate this item
(0 votes)