pulsa-logo

Scan Dokumen Lebih Mudah di iOS


Ahmad S.

Kamis, 07 Desember 2017 • 10:04

ios 11, adobe scan, microsoft office lens, ios 11 notes


Sumber: AppleSumber: Apple

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Anda masih akan berurusan dengan dokumen yang tercetak di atas kertas. Semisal struk belanja, struk pengisian bensin, surat tanda terima barang, atau sekedar coret-coretan anak kita yang menyentuh hati. Dimana terkadang kita hanya mengandalkan kamera untuk menyimpannya ke dalam ponsel, namun dengan kualitas dan posisi apa adanya.

Dulu, kita akan membutuhkan scanner untuk menyimpan dokumen-dokumen tadi ke dalam bentuk digital. Lalu dengan perkembangan kamera di iPhone, kita kemudian bisa menyimpannya sebagai foto. Tapi ini saja kurang cukup, Karena gambar yang dihasilkan, layaknya foto, akan banyak mengalami distorsi, terutama pada bagian tepi dokumen, atau tulisan yang jadi kurang tampak karena tidak padatnya resolusi. Belum lagi munculnya bayangan, atau semburat cahaya flash.

Solusinya adalah dengan menggunakan document scanner. Secara umum, aplikasi scanner dokumen akan menyamaratakan pencahayaan dengan fokus pada kontras dan dengan pintar mengenali sudut-sudut dokumen, lalu mensejajarkannya secara otomatis. Tidak semua memang yang punya fitur otomatisasi, tapi setidaknya kita akan menemukan opsi-opsi yang disebutkan tadi di dalam sebuah aplikasi scanner.

Beruntung, di iPhone, terutama yang menggunakan iOS 11, kita bisa langsung mengakses kemampuan scanner ini di aplikasi notes. Seperti apa? Yuk kita bahas lebih lanjut.

iOS 11 Scanner



Salah satu fitur anyar yang diperkenalkan di iOS 11 adalah kemampuan scanner di aplikasi notes. Tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan, kita sudah mendapatkan kemampuan tersebut, meskipun, menurut saya masih terbilang generik.

Kemampuannya terbilang ‘to the point’. Jepret, crop untuk mensejajarkan, simpan. Selebihnya kita hanya diberi kemungkinan memberi efek warna yang terdiri dari color, greyscale, black & white dan photo. Dan menyimpannya sebagai file pdf.

File pdf ini bisa Anda jadikan lampiran untuk email, atau dikirimkan via aplikasi chat sebagai bukti yang resmi. Atau apapun yang Anda inginkan.

Meski tidak memiliki fitur mensejajarkan dokumen secara otomatis, kita bisa mengeditnya secara manual menggunakan opsi cropping yang memiliki 4 sudut kerangka persegi panjang yang bisa disesuaikan. Hasilnya memuaskan. Untuk sebuah aplikasi bawaan.

Dengan demikian Anda bisa melakukan scanning terhadap whiteboard dari berbagai sudut. Untuk kemudian disejajarkan di post editing.

Office Lens dari Microsoft

Sebagai alternatif, saya merekomendasikan Office Lens buatan Microsoft. Meskipun Microsoft sebenarnya telah menyediakan fitur scanner tertanam di dalam aplikasi OneDrive, Office lens ini merupakan aplikasi yang dapat berdiri sendiri tanpa membutuhkan sinkronisasi dengan isi dokumen di OneDrive. Dan fiturnya juga lumayan lebih banyak.

Pertama, yang saya suka adalah sejumlah fitur tambahan selain scanner dokumen. Kita bisa memindai tulisan dan grafik yang dibuat di atas whiteboard. Anda bisa mengambilnya dari sudut mana saja. Semisal saat kita sedang rapat atau berada di kelas menempuh mata kuliah.

Lalu hadirnya pilihan photo scanner, akan menghemat ruang penyimpaanan iPhone. Selama ini saya menggunakan Google PhotoScan ungtuk melakukan “photocopy” dokumen, surat-surat berharga dan foto-foto jadul yang sudah dicetak di atas kertas. Dengan Office Lens kita bisa uninstall Photoscan dan bisa menyisakan satu aplikasi ini saja.

Hasil scan dapat disimpan di Photo Library iPhone, sehingga dapat digunakan sebagai lampiran di email, maupun dikirim menggunakan aplikasi chatting kapan pun kita mau.

Adobe Scan

Melakukan pindai dokumen dengan Adobe Scan merupakan cara baru yang masih berumur 6 bulanan. Adobe terjun ke dunia ini dengan kepercayaan diri yang tinggi bahkan dengan line up yang cukup lengkap. Adobe Scan adalah salah satu yang bersifat basic.

Adobe menawarkan otomatisasi, sejak pengambilan gambar hingga penentuan kontras dan menjadi pdf. Tapi bukan berarti hasil otomatisasi tadi sudah oke. Kita masih bisa mengedit, melakukan crop, memberi efek warna dan sebagainya.

Hasil scan akan berformat pdf dan hasil file hanya disimpan di aplikasi dengan kemungkinan menshare link atau mengirimkannya via email. Sayangnya tidak ada pilihan disimpan di dalam Photo Library seperti Office Lens, karena tentu saja format file yang pdf ya. Tapi bisa didownload melalui aplikasi files.