pulsa-logo

Cara Memanfaatkan Picture in Picture di Android Oreo


Galing

Rabu, 20 Desember 2017 • 14:08


Sumber: Android.comSumber: Android.com

Salah satu fitur penting yang dibenamkan pada sistem operasi Android Oreo 8.0 adalah mode Picture in Picture (PiP Mode). Sejatinya ini bukanlah fitur yang sama sekali baru karena Samsung sebelumnya telah menyertakannya pada perangkat garapannya meski dengan nama lain yaitu Pop Up Video Play. Fitur serupa kemudian juga mulai hadir pada perangkat Android lainnya termasuk beberapa aplikasi juga telah dikembangkan untuk meniru fungsi yang ditawarkan dari mode ini. Pertama kali muncul di tahun 2012, Google pada akhirnya menanamkannya sebagai fitur default. Sudah menjadi bagian dari sistem operasi, fitur ini sekarang tidak cuma menampilkan video pada jendela kecil yang bisa Anda geser-geser. Simak cara memanfaatkan mode ini dengan optimal dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Pertama pindahkan video yang ingin Anda putar ke dalam ponsel dengan memilih mode media transfer protocol (MTP).

2. Selanjutnya silakan Anda instal VLC for Android dari Play Store.

3. Buka aplikasi dan pilih video yang ingin Anda saksikan.



4. Begitu video diputar, sentuh jari Anda dan Anda akan melihat opsi menu berupa tiga titik berderet seperti dalam gambar.

5. Silakan pilih ikon di sudut kanan bawah, maka video yang Anda putar akan berubah bentuk dalam jendela kecil yang melayang.

6. Sayangnya hingga kini VLC for Android masih belum mendukung fitur penyesuaian ukuran bingkai jendela. Jika Anda menyentuh video, maka ukuran jendela akan membesar. Namun setelah beberapa detik, ia akan kembali ke ukurannya semula.

7. Anda juga dapat mengaktifkan mode PiP ini pada Google Maps ketika berada dalam mode navigasi. Nyalakan navigasi dengan memilih lokasi lalu tekan tombol start.

8. Berikutnya langsung saja tekan tombol home, maka Anda akan melihat navigasi pada Google Maps akan ditampilkan pada jendela kecil melayang yang bisa Anda geser dengan mudah. Sama seperti VLC for Android, ukuran jendela akan membesar setiap pengguna menyentuhnya dan akan kembali seperti sedia kala seteleh beberapa detik.

9. Implementasi lainnya dari mode PiP ini juga dapat Anda lakukan pada fitur panggilan video WhatsApp. Silakan lakukan panggilan video dari WhatsApp sebagaimana ditunjukkan dalam gambar.

10. Ketika panggilan video tengah berlangsung, silakan tekan tombol home. Maka percakapan video dalam aplikasi akan ditampilkan ke jendela kecil yang dapat Anda geser-geser. Menutup jendela tersebut tidak akan memutuskan panggilan video, karena Anda masih bisa meneruskannya lagi lewat menggeser bilah notifikasi dari atas ke bawah.