pulsa-logo

Atasi Kegagalan Instal Hi-Suite


Aldrin Symu

Rabu, 20 Desember 2017 • 14:45

tips android, huawei, hisuite


Buat pengguna Huawei, aplikasi Hi-Suite dapat terinstal di PC/laptop saat terhubung ke PC/laptop. Keuntungan dengan adanya aplikasi Hi-Suite, Anda dapat melakukan manajemen data yang melingkupi manajemen daftar kontak, pesan, foto, video dan aplikasi. Back up data juga menjadi lebih mudah sehingga kekhawatiran hilangnya data dapat dikembalikan seperti sedia kala. Selain itu, update system dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Namun sayangnya, aplikasi Hi-Suite ini seringkali tidak dapat terinstal karena beberapa sebab. Seperti yang terjadi pada Huawei Y5 2017. Masalah ini bisa saja terjadi pada beberapa produk Huawei lainnya. Atau saat sudah terinstal, aplikasi tidak dapat terkoneksi dengan ponsel secara normal. Untuk itu, berikut tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada dasarnya, saat perangkat (menggunakan Huawei Y5 2017) terhubung dengan kabel data ke USB PC/laptop, maka file exe dapat diklik dan proses instalasi Huawei HiSuite akan berlangsung. Namun seringkali proses download terus mengalami kegagalan atau tidak dapat mendownload.

Trik pertama, buka bantuan sambungan USB dari pengaturan. Ikuti langkah tersebut. Pertama adalah dengan menginstal langsung dari website Huawei. Kunjungi www.consumer.huawei.com/minisite/HiSuite_en/. Install dan jalankan.


Pada dasarnya, saat menghubungkan ponsel dan PC/laptop, Anda akan diminta untuk memberikan izin menjalankan proses debugging. Namun, pada aplikasi HiSuite ini meskipun sudah memberikan izin, namun ponsel terbaca sebagai tidak terkoneksi atau tidak terhubung. Atau bilapun terhubung, koneksi bisa terputus tanpa diketahui sebabnya.

Trik selanjutnya adalah menguji tindakan cadangan. Buka menu pengaturan pada ponsel, pilih layanan pencadangan, klik setuju, pilih cadangan dan pilih komputer.

Bila Anda memiliki kartu memori eksternal (microSD card), Anda dapat juga melakukan penyimpanan di internal. Penyimpanan internal biasanya tidak akan mengalami masalah kecuali bila kartu microSD yang Anda gunakan telah korup, penuh  atau mengalami kerusakan.

Akan keluar notifikasi permintaan izin untuk terkoneksi dalam mode HDB. Lakukan pengujian kembali menjalankan aplikasi HiSuite. Bila dalam proses pengujian koneksi masih terputus tiba-tiba tanpa sebab, maka Anda harus melakukan mengaktifkan ‘mode pengembang’ dan izin debugging secara manual.

Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan klik ‘tentang ponsel’ dan klik ‘nomor pembuatan’ beberapa kali hingga keluar notifikasi ‘Anda sudah jadi pengembang’. Bila semua berjalan normal, maka di menu pengaturan akan muncul fitur ‘opsi pengembang’. Masuk ke dalam menu opsi pengembang dan skrol ke bawah hingga terlihat ‘debugging USB’ dan aktifkan.

Debugging dimaksudkan untuk tujuan pengembangan saja. Gunakan untuk menyalin data antara komputer dan perangkat Anda, memasang aplikasi pada perangkat tanpa pemberitahuan dan membaca data log. Dengan mengaktifkan ini, Anda juga mengizinkan sidik jari kunci RSA komputer.

Jalankan kembali aplikasi HiSuite, lakukan percobaan backup untuk kontak, pesan, gambar, video dan aplikasi satu persatu. Backup pada komputer sebaiknya dengan membuat folder baru agar mudah diingat dan tidak tercampur file lain. Biasanya sudah tidak ditemui kendala. Namun bila masih terjadi putus koneksi, umumnya terjadi pada backup aplikasi atau video yang memakan memori dan ruang storage yang besar.