pulsa-logo

Berbagi Playlist Apple Music dengan Teman


Ahmad S.

Rabu, 20 Desember 2017 • 15:58

apple music, tips iphone, ios 11, itunes store, playlist apple music, spotify


sumber: Apple.comsumber: Apple.com

Sejalan dengan update iOS versi 11, fitur Apple Music pun kini memiliki fitur sosial. Dimana pengguna Apple Music, atau yang telah terdaftar sebagai pelanggan Apple Music kini dapat berbagi playlist ke teman, atau sekedar memperlihatkan musik apa yang sering kita dengarkan. Demikian sebaliknya. Cocok nih buat pedekate, atau sekedar kepoin teman baru.

Apa yang perlu kita lakukan untuk memulai? Pertama tentu saja berlangganan Apple Music. Banyak perdebatan mengenai kualitas Apple Music dibandingkan dengan layanan serupa semisal Spotify, tapi apabila Anda seperti saya yang menggunakan iTunes Player sebagai pengelola file musik sejak 14 tahun terakhir, membeli lagu dari iTunes Store dan mengimport cd original ke perangkat Apple, maka Apple Music adalah pilihan yang paling pas. Bukan promo loh ya.

Harganya pun masuk akal, bahkan jika Anda mengambil subcription per bulan, seribu rupiah lebih murah dari Spotify. Ya Sudah kita lanjutkan saja pembahasan ini.

Jika dulu Spotify unggul di sisi interaksi sosial, dimana kita bisa mencontek playlist seorang user, maka Apple Music kini telah memiliki fitur tersebut. Dan jika Anda sudah berlangganan Apple Music, cara mengaktifkan music sharing nya akan seperti ini:

1. Buka Music di iPhone Anda. Lihat deretan menu paling bawah. Pastikan Anda memilih For You.

2. Perhatikan pojok kanan atas. Sentuh foto profile Anda, atau jika Anda Belum menentukan foto profile maka akan terlihat seperti siluet foto close up.


3. Anda akan menemukan halaman baru dimana ada pilihan start sharing with friends. Sentuh pilihan ini.

4. Ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai Anda menemukan lagu-lagu yang Anda dengarkan muncul di halaman profile ini.

5. Jika Anda ingin mencari playlist dari orang lain, silakan scroll ke paling bawah dan sentuh pilihan Find More Friends.

Dengan langkah-langkah sederhana di atas, kini playlist Anda sudah dapat dilihat orang lain, dan Anda pun bisa melihat playlist dari orang lain. Kita bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat apa yang kita dengar. Caranya kita bisa memilih siapa saja yang bisa mengikuti aktivitas kita, apakah semua orang atau orang-orang yang kita approve saja. Anda bisa mengatur hal ini lewat edit profile.

Apapun yang Anda pilih, ketika tiba-tiba Anda tidak menginginkan satu lagu atau satu playlist untuk tertampil di halaman profile, maka Anda bisa melakukan hal ini.

- Masuk ke profile, di bawah profile akan muncul playlist dan lagu yang terakhir kita dengarkan.

- Apabila Anda ingin menghilangkan salah satu atau beberapa lagu, tekan yang lama dengan memanfaatkan 3D Touch untuk memunculkan satu menu tambahan. Lalu pilih Hide from profile…

Khusus untuk playlist, Anda pun bisa mengatur daftar lagu tersebut untuk tetap tidak terlihat di permukaan dan menjaga privasi isinya dari diintip orang, semisal Anda malu kalau Anda suka lagu-lagu JKT48.

Caranya?

- Masuk ke Apple Music. Lalu pilih Tab Library dan pilih Playlist.

- Pilih Playlist yang ingin Anda bikin private.

- Klik Edit, lalu matikan pilihan “Show on my Profile and in Search”

Lalu bagaimana jika Anda kemudian tidak lagi suka berbagi dengan orang. Mungkin untuk alasan pribadi atau keamanan dan sebagainya, maka Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Satu-satunya cara untuk berhenti berbagi lagu adalah dengan menghapus profile kita. Langkah ini tidak akan mempengaruhi akun berlangganan kita di Apple Music. Hanya saja sejumlah playlist yang di-copy dari orang lain atau playlist bersama yang dibangun dengan teman akan hilang dari library Anda.

2. Cara menghapus profile adalah dengan mengakses Music > For You, masuk ke profile > Edit Profile, Scroll sampai ke bawah dan sentuh ikon Delete Profile.

    2018-08-09 14:35:57


    Bikin Ringtone untuk iPhone