pulsa-logo

Jangan Dulu Beli Smartphone Dual Kamera, Begini Cara Ambil Gambar Bokeh ala Google Pixel


dian iskandar

Jum'at, 12 Januari 2018 • 11:07

Aplikasi kamera,kamera google pixel,kamera bokeh,foto bokeh,


Populartitas smartphone dual kamera tengah menanjak. Pasalnya, dengan dual kamera ini, pengguna bisa merasakan hasil gambar ala kamera DSLR dengan gambar yang fokus dan latar yang blur atau dikenal dengan istilah bokeh.

Sebenarnya, gambar bokeh yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini dibantu dengan prmrosesan oleh perangkat lunak. Sehingga, akan menghasilkan dua bidikan yang kemudian disatukan. Satu gambar fokus, dan satu lagi gambar blur.

Nah, sebetulnya, untuk mendapatkan kamera bokeh ini, tak mesti dari ponsel dual kamera. Ada beberapa smartphone yang juga bisa mengambil gambar bokeh dengan satu kamera. Nah, kamera single dengan  fitur bokeh ini diantaranya ditawarkan oleh Google Pixel dan Pixel 2. Dan hasilnya gambarnya tak kalah dengan smartphone yang dibekali kamera ganda.

hasil foto bokeh dengan Nokia 5hasil foto bokeh dengan Nokia 5

Nah, berutungnya, aplikasi kamera Google Pixel ini kemudian diporting oleh orang-orang di komunitas XDA Developers. Sehingga, Anda juga bisa menggunakannya. Cukup download file APK –nya saja lalu pasang. Tapi, berhubung aplikasi ini bukan bersumber dari Google resmi, resiko harus Anda tanggung sendiri, terutama mengenai keamanannya.

hasil foto bokeh dengan Nokia 5hasil foto bokeh dengan Nokia 5

Yang jelas, kami sudah mencoba aplikasi kamera ini di Nokia 5. Dan hasilnya bisa Anda lihat sendiri. Lumayan kan? Buat yang mau mencoba, cek lagi versi Android smartphone Anda. Sebab ini aplikasi ini bisa berjalan baik pada Android versi 7 atau yang lebih baru.


Hasil foto bokeh dengan Nokia 5Hasil foto bokeh dengan Nokia 5

Nah, karena ini digunakan di ponsel Nokia 5 yang hanya dibekali hardware kelas menengah, proses editing untuk menghasilkan gambar bokeh ini terasa sedikit lambat. Tapi, unuk hasil tetap bisa diandlkan. Buat yang mau mencoba, kami sediakan link-nya di bawah ini. (*)

Sumber:XDA via Phonearena