pulsa-logo

Cara Sembunyikan Akun Facebook dari Search Engine


Hairuddin

Selasa, 16 Januari 2018 • 16:29


Bermain sosial media memang harus siap menghadapi berbagai konsekuensinya. Apalagi, jika Anda hobi curhat dan mengupload konten-konten sensitif termasuk foto maupun video pribadi. Alih-alih ingin berbagi kesenangan, Anda malah jadi bahan ‘kepoan’ orang di media sosial. Di Facebook misalnya, Anda juga bisa berhubungan dengan banyak orang, baik teman lama maupun baru.

Untuk sekadar kepo atau ingin melihat profile Facebook orang lain, Anda bisa mencarinya lewat fitur search langsung di Facebook atau memanfaatkan search engine semisal Google. Nah untuk yang terakhir sepertinya terasa sedikit agak berbahaya jika semua orang yang tidak kita kenal bisa melihat profile lengkap kita lewat mesin pencari tersebut.

Jika Anda agak khawatir bakal dijadikan ‘target’ scam atau tindak kejahatan lewat profile Facebook yang terdeteksi di search engine, ada baiknya untuk memproteksi dan menyembunyikan profile Facebook Anda tersebut dari Google Search. Gimana caranya?

1. Pertama-tama, buka dan login kea kun Facebook Anda. Bisa dari desktop PC maupun aplikasi smartphone. Di tips ini, PULSA menggunakan aplikasi Facebook di smartphone.

2. Selanjutnya, tap ikon settings berupa tiga garis di pojok kanan tampilan aplikasi Facebook.



3. Geser hingga Anda menemukan opsi ‘Account Settings’.

4. Buka dan pilih tab ‘Privacy’.

5. Berikutnya, geser kembali ke bagian bawah hingga Anda menemukan pilihan “Do you want search engines outside of Facebook to link your profile?” yang ada di tab How People Find and Contact You.

6. Jika sudah ketemu, buka opsi tersebut dan nonaktifkan opsi “Allow search engine outside of Facebook to link to your profile” dengan menggeser toggle bar.

7. Tampilan selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi pilihan tersebut. Jika setuju, tinggal tap “Disable” dan search engine pun akan menghentikan hubungan dengan profile Facebook Anda.

8. Selesai. Profile Facebook Anda pun tidak akan terdeteksi lagi oleh search engine semisal Google.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba! (Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)