pulsa-logo

Cara Aktifkan Parental Control di Google Play


Galing

Rabu, 17 Januari 2018 • 13:54


Google Play Store (sumber: Google Play)Google Play Store (sumber: Google Play)

Meluasnya penggunaan ponsel di kalangan anak-anak dan remaja rupanya meningkatkan keprihatinan banyak orang akan dampak negatif yang ditimbulkannya. Banyak sekali kekhawatiran para orang tua tentang penyebaran materi pornografi di internet. Kecanduan game sekarang juga kerap menjadikan anak malas belajar sehingga dapat mengganggu prestasi mereka di sekolah.

Menanggapi hal tersebut, vendor smartphone pun mencoba memberikan solusi dengan menyediakan ruangan khusus bernama Kids Space yang memungkinkan orang tua untuk mengawasi penggunaan ponsel oleh buah hati mereka. Sayangnya tidak semua ponsel yang ada secara default membawa fitur dimaksud. Beruntung, mode parental control dengan fungsi yang kurang lebih sama kini dapat pula Anda jadikan alternatif pilihan. Simak uraian lengkapnya dalam tulisan berikut.

1. Buka Play Store dan silakan masuk ke pengaturan dengan menggeser jari Anda dari sebelah kiri ke arah kanan.

2. Temukan menu Parental Control dan pastikan ia dalam kondisi On.

3. Jika belum, aktifkan dengan menggeser tombol ke samping kanan.


4. Anda akan diminta untuk membuat PIN yang harus dimasukkan setiap kali Anda ingin mengubah pengaturan parental control.

5. Selanjutnya tentukan pembatasan konten mana saja yang ingin Anda terapkan dengan menyentuh Apps & Games.

6. Anda akan melihat kategori pembatasan yang diinginkan berdasarkan usia. Artinya hanya game atau aplikasi dengan rating usia yang sesuai saja yang akan diizinkan untuk dilihat.

7. Dengan parental control menyala, maka seluruh aplikasi dan game yang ditampilkan pada Play Store akan mengikuti rating yang dipilih. Contoh jika Anda memilih rating 13+, aplikasi dan game dengan rating diatas itu tidak akan ditampilkan oleh Google.

8. Tidak banyak memang yang bisa Anda lakukan dengan Parental control dari Google Play ini selain menyaring aplikasi dan game sesuai tingkatan usia pemakainya.