pulsa-logo

Mengaji dan e-Transaksi Dengan Bekal Muslim


Aldrin Symu

Kamis, 18 Januari 2018 • 14:17

bekal muslim, tips android


Bekal Muslim (sumber: Google Play Store)Bekal Muslim (sumber: Google Play Store)

Mungkin terdengar aneh judul tips kali ini. Apa hubungan mengaji dan e-transaksi? Hubungannya dengan Bekal Muslim. Kok Bekal Muslim? Ya… Bekal muslim merupakan aplikasi Android yang tidak hanya menyediakan kajian Islami tetapi juga menyediakan menu e-transaksi. Disebut kajian Islami karena didalamnya terdapat berbagai artikel tentang Islam. Selain artikel-artikel Islami, terdapat juga fitur tanya jawab antara pengguna dan asatidz. Kontributornya adalah asatidz ahlussunnah yang terpercaya. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, download aplikasi dari Play Store. Saat pertama dibuka, Anda akan diminta melakukan log in. Anda dapat menggunakan akun Facebook atau email yang terdaftar pada ponsel.

Aplikasi ini menyediakan 10 menu utama yaitu home (menu utama), gallery (berisikan kajian pilihan editor), favorit (berisikan kajian terkini), media (berisikan kajian dalam format video, audio dan safdah tv), e-transaksi (terdiri dari pembelian pulsa, pembelian paket internet, bayar tagihan, tv cable dan donasi), artikel islami (artikel pilihan tematik), kajian kitab (audio dan video tematik), tanya jawab, herbal dan thibbunnabawi (berisikan khasiat tanaman, penyakit dan obatnya serta konsultasi kesehatan) dan materi kajian (kajian ulama).

Setiap artikel yang Anda lihat, dapat dibagikan ke media sosial atau aplikasi lainnya. Cukup dengan mengklik icon share, pilih tujuan sharing dan klik next. Hanya saja, sharing disini tidak menyertakan image seperti yang terlihat di artikel.



Kajian favorit berisikan kajian yang sedang hangat dibicarakan. Menariknya, pada menu ini tersedia kajian yang tergolong lengkap dengan dalil yang shahih. Artinya, bahasan dalam kajian ini lumayan lengkap.

Khusus menu kajian kitab menyertakan tampilan audio dan video tematik. Artinya disini Anda dapat melihat kajian secara lebih terstruktur karena materi dibuat runtut berjenjang. Buat Anda yang masih awam, kajian ini sangat penting karena sistematisnya. Materi video juga tampil dalam format yang ringan sehingga tidak memberatkan ponsel dan terhindar dari buffering yang mengganggu.

Masuk ke menu e-transaksi. Aplikasi ini membuat Anda dapat menjadi pedagang pulsa layaknya di konter-konter pengisian pulsa. Tidak perlu multi chip, tidak perlu daftar yang ribet. Pengisian pulsa semua operator dapat dilakukan disini. Tidak hanya pengisian pulsa. Pengisian khusus paket data juga tersedia. Anda juga dapat menjadi agen pembayaran tagihan mulai dari PLN, PDAM, HP pasca bayar dan Telkom (telpon rumah). Selain itu, pembayaran TV kabel juga tersedia mulai dari Orange tv, Indovision, Nexmedia, Topas tv dan K-vision.

Setiap transaksi menyediakan daftar harga produk dan komisi yang diperoleh. Namun untuk dapat melakukan transaksi tersebut, Anda hanya perlu melakukan top up saldo. Caranya sederhana, cukup klik deposit, masukkan jumlah deposit yang diinginkan. Jumlah deposit minimal adalah Rp.50 ribu dan sejumlah angka unik yang harus diikuti. Sayangnya aplikasi ini hanya menyediakan transfer ke rekening BCA saja. Lalu klik lanjutkan. Bila Anda telah melakukan transfer tersebut, isikan keterangan nama Anda, nama bank dan klik konfirmasi. Dari hasil percobaan menggunakan mobile banking, diluar jam kerja, otomatisasi deposit ada mengalami kendala. Namun jangan khawatir, sebab Anda dapat mengajukan keluhan lewat menu utama di fitur customer service. Jangan lupa sertakan skrinsut transaksi yang dilakukan.

Menu lainnya yang tidak kalah menarik di aplikasi ini adalah herbal dan thibbun nabawi. Herbal dimaksud adalah pengobatan non kimiawi atau menggunakan tanaman obat. Bermacam manfaat tanaman baik berupa sayur-sayuran maupun buah-buahan dapat Anda lihat khasiatnya. Selain itu Anda bisa memilih khusus penyakit tertentu dan apa obatnya. Materi dalam menu ini menyandarkan diri pada thibbun nabawi atau pengobatan cara Nabi yang artinya pengobatan Islami. Sebenarnya disini tersedia fitur konsultasi kesehatan, sayangnya belum ada data yang diposting.

Semoga bermanfaat.