pulsa-logo

Cara Memindahkan Kontak Jika Lupa Akun Google


Galing

Kamis, 01 Februari 2018 • 10:42

google contact, google account, akun google, kontak google, backup, tips android


Google Contact (sumber:google)Google Contact (sumber:google)

Apa Anda punya rencana untuk membeli ponsel Android baru? Jika Ya! Memindahkan kontak dari perangkat lama ke perangkat yang baru tentu merupakan ritual yang wajib Anda lakukan. Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan hal tersebut. Cara yang paling umum tentu saja dengan memanfaatkan fitur bawaan Android yang akan melakukan sinkronisasi via akun Google.

Namun demikian bila Anda ternyata lupa dengan kata sandi dari akun Google milik Anda, maka cara berikut tentu akan lebih mudah ditempuh ketimbang harus repot-repot berupaya untuk memulihkan kata sandi yang tidak lagi Anda ingat. Penasaran? Ikuti langkah detailnya melalui uraian singkat berikut.

1. Buka Contacts-> Import/Export pada ponsel lama Anda.

2. Nah berikutnya silakan Anda transfer kontak pada ponsel lama Anda ke penyimpanan dengan memilih ‘Export to storage’.

3. Tentukan lebih dulu kontak yang ingin Anda pindahkan. Agar lebih praktis, silakan pilih ‘All Contacts’ untuk memilih semuanya.


4. Lalu tetapkan lokasi penyimpanan yang ingin Anda pilih. Agar lebih mudah dipindahkan ke ponsel baru, silakan pilih SD Card.

5. Berikan persetujuan konfirmasi dengan memilih tombol OK.

6. Lepaskan kartu microSD dari ponsel lama Anda dan pindahkan ke ponsel baru.

7. Silakan Anda buat akun Google baru dan log in lewat ponsel baru tersebut. Membuat akun Google baru pada ponsel baru ini tentu sangat diperlukan supaya pengguna bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari sistem operasi buatan raksasa mesin pencarian dunia tersebut.

8. Pada perangkat baru Anda silakan ulangi langkah pertama. Jika Anda tidak menemukan opsi Export/Import, maka Anda bisa mencoba mencarinya pada menu ‘Manage Contacts’ atau ‘Kelola Kontak’.

9. Lanjutkan dengan memilih impor, lalu teruskan dengan kartu SD Card.

10. Langkah terakhir, pengguna akan diminta untuk memilih apakah akan menyimpan kontak di perangkat atau pada akun Google. PULSA menyarankan Anda untuk menyimpan kontak pada akun Google demi alasan keamanan.