pulsa-logo

Cara Mudah Merekam Layar Ponsel Xiaomi


Hairuddin

Kamis, 01 Februari 2018 • 13:53

tips android, miui, miui 8, miui 9, screen recorder, xiaomi


MIUI Screen Recorder (sumber: miui.com)MIUI Screen Recorder (sumber: miui.com)

Untuk mengakomodasi ‘keinginan’ para pengguna setianya, Xiaomi kerap menghadirkan update sistem operasi khas miliknya MIUI yang berbasiskan Android. Sejak digulirkan update MIUI 8 hingga sekarang MIUI 9, beragam fungsi dan fitur baru pun dihadirkan Xiaomi.

Rata-rata, fasilitas anyar tersebut dipersembahkan untuk mendongkrak performa perangkat Xiaomi. Salah satu yang cukup menarik adalah Screen Recorder. Fitur default yang memiliki launcher aplikasi di jajaran menu utama ini bisa dimanfaatkan untuk merekam tampilan layar ponsel dalam bentuk video. Di beberapa produk kompetitor pun sejatinya mulai banyak yang menghadirkan fitur serupa secara default.

Sebelum fitur Screen Recorder ini hadir secara default, umumnya pengguna ponsel memanfaatkan aplikasi perekam layar pihak ketiga yang banyak betebaran di Play Store. Hanya saja, aplikasi-aplikasi tersebut kerap ada yang kurang mengasyikan. Mulai dari munculnya watermark aplikasi, hingga tayangan iklan yang bersliweran.

Kecanggihan lain dari fitur Screen Recorder di Xiaomi ini, Anda tidak perlu untuk melakukan proses rooting perangkat alias memodifikasi sistem. Di sini, Anda hanya tinggal mencari launcher aplikasinya, lakukan sedikit pengaturan dan tinggal aktifkan mode perekamannya.

Nah, untuk yang penasaran seperti apa sih fasilitas yang disediakan oleh fitur Screen Recording Xiaomi ini, bisa menyimak tips singkat berikut.

1. Langkah pertama, pastikan ponsel Xiaomi yang Anda gunakan sudah memiliki minimal sistem operasi MIUI 8 ke atas. Jika belum, lakukan update sistem terlebih dahulu. Di tips ini PULSA menggunakan Xiaomi Mi6.



2. Jika ponsel Xiaomi Anda sudah memenuhi syarat, bisa langsung mencari launcher aplikasi Screen Recorder di jajaran menu. Biasanya, ada di folder ‘Tools’.

3. Buka dan jalankan fitur Screen Recorder tersebut. Dan seperti ini tampilan awal dari fasilitas perekam layar dalam format video milik Xiaomi.

4. Sebelum mulai melakukan proses perekaman layar, sebaiknya lakukan sedikit pengaturan. Tap pengaturan aplikasi berupa ikon roda bergerigi yang ada di pojok kanan atas tampilan Screen Recorder. Di bagian dalam, Anda akan menjumpai sederet opsi pengaturan yang bisa diterapkan.

5. Tahap ini, Anda bisa melakukan pengaturaan resolusi rekam mulai Full HD hingga yang standar sesuai spesifikasi yang dimiliki ponsel Xiaomi. Termasuk kualitas video.

6. Anda juga bisa mengatur frame rate, orientasi tampilan rekam, hingga pengaturan microphone.

7. Jika proses pengaturan sudah dilakukan, kembali ke halaman depan Screen Recorder lalu tap ikon video recorder di bagian bawah.

8. Proses selanjutnya, tap ‘Start’ (ikon bulat merah) yang muncul di layar ponsel Xiaomi untuk memulai proses perekaman layar.

9. Waktu rekam akan berjalan secara otomatis ketika proses perekaman berjalan. Jika sudah, Anda bisa menekan ikon ‘Stop’ untuk menyelesaikan proses rekam, dan file recordingnya akan tersimpan ke memori ponsel secara otomatis.

Mudah bukan? Selamat mencoba.