pulsa-logo

5 Langkah Jaga Privasi Pesan Pribadi


Ahmad S.

Senin, 26 Februari 2018 • 17:57

tips iphone, iphone, imessage, ipad, imac


Notifikasi iMessage (Apple.com)Notifikasi iMessage (Apple.com)

Ponsel, bagaiamana pun adalah komputer pribadi yang memuat data sensitif dan tempat berlalu lintasnya pesan-pesan yang ditujukan khusus untuk si pemilik ponsel tersebut. Tapi harus diakui bahwa kesan “pribadi” tersebut belum dapat disepakati oleh banyak orang, terutama mereka yang di bawah umur, semisal anak kita, atau keponakan dan sebagainya.

Hal ini terbukti, saat ini masih saja ada yang tanpa merasa bersalah meminjam ponsel kita, mungkin untuk sekedar googling, nonton YouTube, atau memotret sesuatu, tanpa mempedulikan apakah itu sensitif atau tidak. Bukan, saya tidak mengajari untuk pelit meminjamkan. Tapi, bayangkan ketika ponsel itu sedang digunakan anak, ada pesan pribadi dari seseorang yang penting, baik legal maupun ilegal dalam kehidupan Anda, hehe, pesan tersebut dibaca oleh mereka bahkan yang paling menyebalkan adalah dibalas, seakan-akan Anda yang membalas.

iPhone seperti seharusnya sebuah perangkat ponsel premium telah memiliki sejumlah fitur penting untuk mengatasi hal-hal kecil seperti ini. Tapi supaya imbang, akan coba saya jelaskan kelebihan dan kekurangan saat Anda mengaktifkan fitur tersebut.

1.    Matikan Fitur Send Read Receipts

Loh katanya privasi, kok justru mematikan sesuatu yang back end nya ada di kita? Iya fitur send read receipt hadir di iMessage sebenarnya untuk mempermudah dan meyakinkan si pengirim pesan bahwa pesan yang dikirimkan kepada kita telah dibaca. Tapi justru negatif kalau ternyata kita punya niat untuk membalasnya di kemudian hari, atau tanpa sengaja dibaca oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita.

Si pengirim pesan akan bertanya-tanya kenapa Anda tidak segera membalas pesan mereka. Anda akan dikira sombong, padahal mungkin bahkan Anda sendiri tidak menyadari bahwa ada pesan terkirim untuk Anda.

Caranya menonaktifkannya sebenarnya mudah. Anda bisa masuk ke pilihan Settings, lalu pilih Message. Di sini, geser agak ke bawah untuk menemukan pilihan Send Read Receipts. Pastikan slider yang ada di kanannya tidak menyala, atau OFF.


Jika Anda melakukan cara di atas, hal ini akan berlaku secara umum. Alias berlaku terhadap semua pesan yang masuk. Tapi jika Anda berniat untuk tidak mengirimkan notifikasi telah dibaca hanya ke satu kontak saja, Anda bisa melakukannya lewat fitur pesan. Tekan tombol “i“ yang ada di kanan atas halaman percakapan Anda dengan kontak tersebut lalu matikan Send Read Receipts dari sana. Tapi, ini hanya berlaku untuk iMessage saja loh ya, bukan sms biasa.

2.    Matikan Preview Notifikasi

Baik dalam kondisi layar terkunci maupun tidak, ada baiknya Anda mematikan preview notifikasi. Hal ini akan mengurangi kemungkinan pesan untuk Anda terbaca oleh mereka yang tidak berhak.

Preview notifikasi dibuat agar Anda bisa membaca pesan saat sampai ke ponsel tanpa harus membuka aplikasi messaging. Memilah mana yang perlu dijawab terlebih dahulu, atau mana yang harus dihapus sebelum Anda baca. Atau bahkan bisa Anda balas langsung melalui bubble notifikasi ini. Enak kan?

Tapi sayangnya, jika ponsel Anda ada di tangan orang lain, semua pesan tersebut akan bisa dibaca secara gamblang. Tanpa ada yang menghalangi. Bahkan bisa dijawab melalui bubble notifikasi tersebut. Hiyyy..

Anda bisa menonaktifkannya melalui pilihan setting > Notifications > lalu di bagian Show previews, Anda bisa memilih untuk selalu memperlihatkan preview (Always), hanya tampilkan preview saat layar tidak terkunci (when unlocked) atau tidak tampilkan preview sama sekali (never). Pilih Never untuk tidak menampilkan preview saat pemegang ponsel bisa masuk ke dalam sistem, atau pilih when unlocked ketika si peminjam ponsel hanya menggunakannya untuk memotret saja.

Bagusnya, cara yang saya rekomendasikan di atas akan berlaku tidak hanya untuk pesan saja. Tapi relatif semua notifikasi yang masuk ke dalam ponsel.

3.    Kirim dan Terima Pesan dari iPhone Saja

Pengguna iPhone yang juga memiliki perangkat Apple lain, semisal iPad dan komputer Mac diberi kemudahan oleh fitur Text Message Forwarding. Fitur ini, akan membuat praktis upaya membaca dan mengirim pesan, langsung di perangkat Mac atau iPad, tanpa susah mencari ponsel, atau membuka iPhone hanya untuk itu.

Tapi sayangnya, hal ini berpotensi menyebarkan pesan Anda ke sejumlah perangkat berbeda yang mungkin salah satunya sedang tidak Anda monitor. Walhasil, orang lain dapat membacanya.

Matikan saja fitur ini lewat Settings > Messages > Text Message Forwarding. Dan geser switch yang ada di sebelah kanan nama perangkat sekunder ke OFF.

4.    Hapus Pesan Lawas Secara Otomatis

iPhone memiliki fitur untuk menghapus isi pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Jadi pesan-pesan lama tidak perlu tersimpan semua di ponsel, dan Anda pun tidak perlu capek memilih dan menghapusnya secara manual.

Cara melakukannya adalah dengan masuk ke Settings > Messages > lalu pilih Keep Message. Di situ ada pilihan 30 hari, 1 tahun dan forever alias disimpan selamanya. Anda bisa memilih 30 atau 1 tahun untuk mengurangi kemungkinan terbacanya pesan di dalamnya oleh orang lain.

5.    Aktifkan Filter untuk Nomor yang Tidak Tersimpan di Kontak

Mungkin Anda terganggu dengan sms-sms dari nomor tak dikenal yang menawarkan produk atau hanya sekedar sms iseng. Anda bisa mengklasifikasikan nomor-nomor ini secara otomatis, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Cukup pergi ke Settings > Messages, lalu aktifkan Filter Unknown Senders. Pesan dari nomor-nomor itu akan secara otomatis masuk ke folder unknown sender di dalam fitur messages. Dan kita tidak akan mendapatkan notifikasi dari mereka.

    2018-12-05 14:42:20


    iPhone 4S di Tahun 2018?