pulsa-logo

Kustomisasi Tampilan dan Fungsi OnePlus 5T dengan OxygenOS


Galing

Senin, 26 Februari 2018 • 19:18

oneplus, oneplus 5t, oxygenos


OnePlus 5t OxygenOS (OnePlus.net)OnePlus 5t OxygenOS (OnePlus.net)

OxygenOS yang merupakan antarmuka khas dari perangkat besutan OnePlus memang tidak banyak menawarkan pilihan kustomisasi seperti Samsung atau Xiaomi misalnya. Namun begitu, pengguna ternyata masih dibekali oleh sejumlah opsi ekstra yang memungkinkan ponsel kesayangannya terlihat lebih unik.

Nah buat Anda yang sudah penasaran, kira-kira bagaimana sih supaya OnePlus 5T milik Anda bisa terlihat lebih apik tanpa harus memasang launcher tambahan dari Play Store? Berikut PULSA berikan detail langkahnya khusus untuk Anda.

1.    Sentuh dan tahan jari Anda pada layar depan OnePlus 5T hingga muncul menu ‘settings’.

2.    Selanjutnya Anda akan melihat ‘home screen layout’.

3.    Pilih berapa banyak kolom aplikasi yang ingin Anda tampilkan di layar depan. Semakin sedikit jumlah kolom yang Anda pilih, maka layar depan dari sang perangkat akan terlihat semakin luas.


4.    Anda juga bisa memperbesar ukuran ikon aplikasi dengan cara mengulangi dua langkah paling atas. Berikutnya pilih salah satu dari tiga ukuran ikon yang disediakan.

5.    Masih pada menu yang sama, Anda juga dapat memilih bentuk ikon aplikasi. Dari langkah pertama, Anda tinggal masuk saja ke menu ‘Icon pack’.  Lalu pilih tiga paket ikon yang disediakan. Jika dirasa kurang, pengguna bisa mengunduh opsi ikon tambahan buatan pengembang pihak ketiga dari Play Store dengan menyentuh ‘more’.

6.    Meski tidak dibekali dengan tema untuk mempercantik tampilan, namun pengguna OnePlus rupanya juga bisa melakukan kustomisasi fungsi pada tiga tombol navigasi virtual miliknya yang terdiri dari back, home dan recent. Caranya dari pengaturan ponsel cukup masuk ke menu ‘button’.

7.    Lalu pilih fungsi apa saja yang bisa Anda tambahkan pada tombol home, recent dan back. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih yakni Long press button (Menekan tombol lama) dan Double tap action (Tindakan ketukan ganda).

8.    Silakan masuk satu persatu dan pilih opsi tindakan apa yang ingin dilakukan saat Anda menekan lama tombol atau mengetuk dua kali. Ada banyak opsi tindakan yang disiapkan mulai dari membuka/menutup menu, Asisten Pencarian, mematikan layar, pencarian suara, membuka shelf, membuka/menutup pusat pemberitahuan hingga membuka/menutup layar terpisah.

9.    Guna mengedit toggle pada bilah notifikasi, Anda cukup usapkan jari dari atas ke bawah sebanyak dua kali. Lalu pilih ikon menyerupai pensil untuk mulai mengedit toggle sesuai kebutuhan.

10.    Terakhir, seret dan letakkan (drag and drop) toggle yang berada di bagian bawah ke atas untuk menambahkan. Jika Anda ingin menghapus, toggle dari atas tinggal Anda seret saja ke bagian bawah.