pulsa-logo

Cara Mudah Isi Waktu Luang untuk Muslim


Aldrin Symu

Senin, 26 Februari 2018 • 20:47

kajian.net, soundcloud,


Kajian.net (Google Play Store)Kajian.net (Google Play Store)

Mengisi waktu luang dengan mendengarkan musik? Semua juga sudah tau. Buat Anda yang muslim, bila sekali-kali waktu luang diisi dengan kajian bagaimana caranya? Ternyata gak susah juga. Seabreg aplikasi di Google Play yang siap digunakan. Salah satunya, mungkin juga yang terbaik adalah kajian.net.

Aplikasi ini tidak sekedar menyajikan file audio berisi kajian tematik, namun juga menghubungkannya dengan aplikasi lain seperti YouTube dan SoundCloud. Selain itu, Anda masih dapat mencari bahasan khusus sesuai kebutuhan. Berikut sedikit tips penggunaannya.

Aplikasi buatan Yufid ini merupakan menyediakan 7 menu utama yaitu home (menu utama), top playing (yang paling banyak dimainkan), top rating (rating tertinggi), ustadz (kajian berdasarkan nama ustadz), favorites (kajian pilihan yang dipilih), search (menu pencarian) dan about (tentang aplikasi dan developer).

Anda dapat langsung memainkannya dengan mengklik kajian yang terlihat. Pada bawah layar akan tampil bar kajian yang sedang berjalan. Tersedia icon play dan pause yang dapat digunakan. Pada pojok kanan atas, tanda 3 titik menyediakan fitur play dan menyimpan kajian tersebut kedalam ‘favorit’. Perlu diketahui, aplikasi ini mengharuskan penggunaan internet. Jadi, meskipun aplikasi ini ringan dalam pemakaian data, namun sebaiknya Anda menggunakan akses Free WiFi bila menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Pada menu ‘ustadz’ Anda dapat memilih file kajian berdasarkan nama ustadz yang tersedia. Didalam nama ustadz tersebut terdapat pilihan tema kajian atau judul besar dari kajian yang tersedia. Pilihan ini akan membantu Anda yang ingin mengikuti kajian secara teratur dan runtut. Sembari menjalankan file pilihan, Anda dapat melakukan eksplorasi mencari file lainnya.


Didalam menu ‘about’ tersedia 4 pilihan ‘connect with us’ yaitu ‘listen to us on soundcloud’ (mendengarkan kajian Yufid yang ada di SoundCloud), ‘like us on facebook’ (memberi like di Facebook), ‘follow us on twitter’ (mengikuti di Twitter), dan ‘watch us on YouTube’ (tonton video Yufid di YouTube). Bila Anda tertarik untuk melihat kajian Yufid ini dalam format video, Anda dapat memilih ‘watch us on YouTube’. Aplikasi akan membuka aplikasi YouTube yang ada di ponsel secara otomatis.

Sedangkan bila Anda ingin menikmati audionya dalam aplikasi SoundCloud, Anda dapat memilih ‘Listen to us on SoundCloud’. Namun untuk masuk kedalam aplikasi Anda harus ‘login’ terlebih dahulu. Login ini dapat menggunakan akun Facebook atau email (Google Plus) yang Anda miliki.

Dengan mengikuti kajian.net lewat aplikasi ini, Anda dimudahkan dalam urutan kajian yang telah diisi oleh kajian.net. dimulai dari yang terbaru hingga yang lebih lama. Aplikasi SoundCloud memiliki enkripsi yang lebih baik dan lebih ringan dalam pemakaian data. Jadi, bila Anda pengguna paket data pribadi (bukan WiFi) dengan aplikasi SoundCloud lebih hemat biaya. Seperti halnya aplikasi lain, aplikasi ini menyediakan berbagi (sharing) ke sejumlah media sosial atau aplikasi lain yang terpasang pada ponsel. Sebagai contoh, bila ingin berbagi dengan Facebook, pilih berbagi, pilih Facebook, lakukan login dengan akun yang dimiliki lalu ketikkan status yang diingini dan kirim.

Menu selanjutnya adalah ‘search’ (pencarian). Pada menu ini Anda dapat mencari isi kajian berdasarkan tema tertentu. Ini tentunya memudahkan Anda yang ingin mengkaji bahasan tertentu. Sebagai contoh, bila Anda ketikkan kata ‘warisan’ maka sederet kajian yang memiliki judul warisan akan tampil dengan nama pemberi materi. Kajian disini tidak terbatas pada kajian full (lengkap) namun juga yang terkait tanya jawab sesuai materi.

Bila Anda tertarik untuk mengetahui aplikasi lainnya yang disediakan oleh Yufid, Anda dapat mengklik ‘other android apps by yufid’ di ‘about’. Sederet aplikasi menarik lainnya dapat didownload secara gratis.

Semoga bermanfaat.