pulsa-logo

Cara Kirim Gambar di WhatsApp Tanpa Resize


Hairuddin

Kamis, 01 Maret 2018 • 13:36

whatsapp


WhatsApp (whatsapp.com)WhatsApp (whatsapp.com)

Pernah gak sih Anda merasa foto yang dikirim di WhatsApp terlihat agak pecah atau kualitasnya menurun? Padahal saat dilihat langsung, file foto aslinya tajam dan keren banget. Persoalan ini sejatinya bukan hal baru dan tidak aneh lagi.

Pasalnya, setiap kita mengirim file foto ke orang lain, pihak WhatsApp akan secara otomatis melakukan proses kompresi (resize file) untuk memperkecil ukuran file saat dikirim. Tujuannya sih sangat mulia, yakni untuk menghemat kuota data yang digunakan saat mengirim file tersebut dan mempercepat proses pengiriman foto.

Hanya saja, untuk kondisi tertentu hal ini bisa saja merugikan. Apalagi, saat Anda mengharapkan kiriman foto tersebut benar-benar sesuai file aslinya.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengakalinya kok. Dan tetap bisa mengirim foto atau gambar sesuai file asli, tanpa terkompresi alias di-resize. Cuma resikonya, kuota data yang tersedot akan disesuaikan dengan ukuran file yang dikirim.

Untuk yang belum tahu, pasti penasaran gimana caranya. Nah, di tips kali ini PULSA akan mengulas cara mudah mengirim foto atau gambar di WhatsApp tanpa terkompresi. Disimak ya!

1.    Pertama-tama, buka WhatsApp dan pilih kontak yang akan Anda kirimkan foto.



2.    Di kotak dialog chat, tekan ikon berbentuk klip kertas (paperclip). Pastikan, Anda tidak menekan ikon kamera yang biasanya digunakan untuk mengirim gambar ya.

3.    Berikutnya, Anda akan menjumpai pop up beberapa opsi tambahan yang disediakan secara default oleh aplikasi WhatsApp.

4.    Pilih ‘Document’. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengirim beragam file yang tersimpan di ponsel dengan format serta ukuran aslinya. Bisa berupa file Word, Pdf, Txt, Gif, foto, video dan sebagainya.

5.    Selanjutnya tap “Browse other docs”, dan buka katalog foto. Di daftar file tersebut, Anda juga bisa melihat detil dari ukuran foto.

6.    Pilih salah satu foto yang akan dikirimkan.

7.    Terakhir, tekan ‘Send’ untuk mengirim file foto tersebut.

8.    Di WhatsApp orang yang Anda kirim foto, tidak akan terlihat preview gambar yang dikirimkan dengan metode ini, hanya berupa informasi file. Berbeda dengan cara standar yang bisa langsung tertampil gambar atau fotonya.

9.    Untuk memastikan apakah cara ini efektif dan benar, Anda bisa melihat hasil perbandingan kapasitas filenya berikut ini.

Selamat mencoba!