pulsa-logo

Aktifkan Fitur Split Screen pada MIUI 9


Galing

Kamis, 01 Maret 2018 • 14:19

miui, miui 9, xiaomi, split screen


Fitur split screen di MIUI 9 terbaru (miui.com)Fitur split screen di MIUI 9 terbaru (miui.com)

Sistem operasi Android Nougat 7.0 hadir dengan beragam fitur baru yang bertujuan memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna. Panel notifikasi yang lebih rapi, pemakaian data yang lebih optimal dan privasi yang lebih baik menjadikannya sebagai salah satu pertimbangan bagi calon pembeli saat memilih smartphone.

Salah satu fitur yang kerap jadi andalan adalah split screen atau layar terpisah yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu waktu. Contohnya Anda tetap dapat menonton video di setengah bagian layar dan mengecek email yang masuk pada setengah bagian layar yang lain. Sayangnya cara aktivasi fitur ini berbeda-beda tergantung pada antarmuka yang diadopsi oleh sang vendor. Bagi Anda yang menemui kendala untuk mengaktifkan split screen pada perangkat Xiaomi dengan antarmuka MIUI 9, berikut langkah sederhana yang bisa Anda tempuh.

1.    Masuklah ke pengaturan -> About phone.

2.    Aktifkan opsi pengembang dengan masuk mengetuk “MIUI version” dari perangkat sebanyak delapan kali hingga muncul pesan ”you are now developer”.

3.    Selanjutnya kembali ke pengaturan -> Additional Settings-> “Developer options”.


4.    Silakan gulirkan layar hingga ke bagian paling bawah serta sampai ke menu “force activities to be resizable”. Geser tombol ke samping kanan agar seluruh aplikasi mendukung fitur layar terpisah.

5.    Hidupkan ulang atau restart ponsel Android Anda.

6.    Berbeda dengan perangkat Android lain, Anda tidak akan bisa mengaktifkan split screen dengan menahan tombol task switcher. Contoh bila Anda menahan tombol task switcher saat berada di dalam aplikasi MX Player, maka Anda akan melihat pilihan pengaturan seperti dalam gambar.

7.    Solusinya silakan ketuk tombol task switcher sekali dan pilih split screen.

8.    Kemudian silakan seret aplikasi ke area dengan tulisan ‘drag item here’.

9.    Aplikasi yang Anda seret nanti akan berada di bagian atas jika ponsel Anda pegang dalam posisi vertikal atau sebelah kiri jika Anda menggenggam perangkat secara horisontal.

10.    untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran bingkai layar terpisah, Anda tinggal geser saja slider yang berada di tengah layar.