pulsa-logo

Ayat, Alquran Lengkap Dengan Terjemah dan Tafsir


Aldrin Symu

Kamis, 01 Maret 2018 • 15:32

ayat, ayat - alquran, apps, tips android


Ayat Al - Quran (Google Play Store)Ayat Al - Quran (Google Play Store)

Bila Anda ingin memiliki Alquran pada ponsel, banyak aplikasi gratis tersedia di Google Play Store. Namun satu aplikasi yang dapat disebut sebagai paling lengkap adalah Ayat. Aplikasi buatan King Saud University dalam Electronic Mosshaf Project ini dapat menampilkan quran web secara lengkap dan komprehensif.

Aplikasi yang dapat juga disebut mushaf elektronik ini menyediakan banyak sekali fitur unik yang tidak didapat pada aplikasi sejenis buatan developer lainnya. Pada Ayat versi 2.9 terbaru ini, terdapat perbaikan dibanding versi sebelumnya. Diantara perbaikan yang disediakan adalah menghilangkan bug dan dapat dijalankan untuk Android Nougat. Berikut tips penggunaannya.

Setelah aplikasi diinstal dan dibuka, Anda akan diminta untuk memilih bahasa default apakah bahasa arab atau bahasa inggris. Bila memilih bahasa inggris, tentu saja terjemahan yang terlihat adalah bahasa inggris. Saat aplikasi dijalankan, tidak perlu khawatir dengan panggilan masuk. Karena aplikasi dapat berhenti otomatis saat ada panggilan masuk. Aplikasi ini dapat dijalankan secara online maupun offline. Saat online, aplikasi menjalankan audio secara streaming. Namun bila Anda mendownload konten yang dibutuhkan (bacaan, terjemahan dan image halaman quran) maka aplikasi dapat dijalankan kapan saja.

Aplikasi ini menampilkan soft copy dari mushaf asli yaitu mushaf madina, copy mushaf tajwid (berwarna menurut hukum tajwid) dan copy mushaf warsh (riwayat warsh an-nafei). Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mendownload ‘pages’ atau halaman dalam format hafs, hafs dengan tajwid atau warsh.

Pada menu utama, Anda dapat melakukan perubahan pada pengaturan. Perubahan pengaturan yang pertama harus dilakukan adalah terkait media penyimpanan bacaan atau audio qori yang didownload. Sebaiknya menggunakan eksternal storage. Karena satu qori saja bisa memakan ruang sampai 1 gigabite. Bentuk mushaf juga dapat dirubah ke hafs tajwid bila Anda masih sedang belajar tajwid. Dengan hafs tajwid, quran tampil dengan kode warna yang memudahkan mata untuk melihat perbedaan.


Setelah merubah tampilan tajwid berwarna, selanjutnya adalah mendownload tafsir jalalain. Tafsir jajalain merupakan tafsir yang menggunakan bahasa Indonesia. Tafsir yang demikian tebal dengan ratusan halaman dapat tersedia dalam format yang sangat memudahkan Anda yang ingin mengetahui tafsir ayat per ayat. Sebenarnya tersedia 6 tafsir yaitu tafsir as sa'di, ibnu katsir, al bagawi, al kurtubi dan al wasit. Tersedia juga tafsir dalam bahasa Inggris dengan taftim alquran oleh al maududi.

Langkah selanjutnya, mengganti teks terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Untuk teks terjemahan, tersedia lebih dari 20 bahasa. Artinya Anda dapat mengganti bahasa lainnya bila memang menguasai bahasa lain. Sedangkan untuk lafal terjemahan, aplikasi ini masih terbatas pada 2 bahasa yaitu Inggris dan Urdu. Maksudnya, bila ayat dibacakan, Anda dapat mengkombinasikannya dengan lafal terjemahan ayat per ayat.

Hasil dari pengubahan diatas, Anda dapat melihat terjemahan quran dengan teks Indonesia. Saat melihat tersebut, tafsirnya dapat Anda lihat pada menu bawah dengan tulisan ‘tafsir’. Uraian tafsir ayat per ayat dengan tanda panah kanan dan kiri untuk berpindah dari ayat ke ayat lainnya.

Satu kelebihan dari aplikasi alquran adalah menyediakan banyak sekali qori (2 diantaranya menggunakan riwayat warsh). Qori yang tersedia merupakan bacaan murottal. Sedangkan untuk bacaan mujawwad, Anda dapat memilih qori dalam kolom ‘teacher’. Masing-masing qori menghabiskan ruang storage yang besar. Sebaiknya pilih satu saja yang benar-benar Anda sukai.

Sebenarnya masih banyak fitur yang penting seperti ‘repeating’ (pengulangan) untuk Anda yang ingin menghafal alquran ayat per ayat atau surat per surat atau bahkan halaman per halaman. Anda dapat mengulang setiap ayat sebanyak yang Anda inginkan dengan interval waktu antara sesuai keinginan.

Selain itu, masih ada fitur ‘browsing’ (pencarian) pada mushaf berdasarkan surah, ayat, juz atau nomor halaman. Aplikasi ini juga terlihat sempurna dalam sinkronisasi antara pengucapan dengan posisi ayat pada halaman atau sinkronisasi antara bacaan dan suara terjemahan (mengulang terjemahan setelah pengucapan).

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Instal dan rasakan sendiri kehebatannya.

Selamat mencoba.