pulsa-logo

Bermain-main dengan Keyboard, Teks dan Gambar di iPhone


Ahmad S.

Kamis, 15 Maret 2018 • 09:11

tips iphone, iphone, ios, ipad,


Fitur iOS 11 di iPhone 8 (Apple)Fitur iOS 11 di iPhone 8 (Apple)

Apabila Anda termasuk pengguna iPhone yang sudah mengupdate versi iOS nya ke 11.2, maka tulisan ini bisa jadi akan membantu Anda mengoptimalkan perangkat yang digunakan. Atau bisa jadi, Anda sudah familiar dengan tips berikut dan menggunakannya sehari-hari.

Tanpa banyak pembukaan, kita langsung saja ke fitur-fitur yang terkait teks dan messaging. Kita mulai dengan keyboard.

1.    Trik Penggunaan Keyboard: One Hand Mode

Sudah jauh lebih dulu dari pengguna iOS, Android dengan custom ROM atau aplikasi pihak ketiga memungkinkan kita untuk mengetik dengan mudah. Lewat mode one hand, dimana keyboard bisa digeser ke arah yang lebih dekat dengan tangan pengguna. Bagaimana dengan iPhone?

Sebenarnya di iPad sudah ada fitur yang lebih keren sejak beberapa tahun lalu. Meskipun tidak sama persis, tapi pengguna bisa membelah keyboard menjadi dua agar lebih dekat dengan tangan yang memegang iPad. Karena layar iPad lebar, maka hal ini dianggap menyelesaikan masalah.

Masalahnya fitur tersebut tidak hadir di iPhone. Dengan semakin berkembangnya ukuran iPhone, terutama yang belakang namanya ada kata Plus, maka mengetik dengan satu tangan sudah dianggap menyulitkan. Eits tenang, di iOS terbaru hal ini sudah diperbaiki.

Jika Anda mengetik menggunakan keyboard bawaan iOS, baik keyboard berbahasa Indonesia, Inggris atau Jepang sekalipun, maka Anda bisa menggunakan one-hand mode ini dengan mudah.


Caranya, tekan ikon bola dunia agak lama, sehingga muncul jendela pilihan keyboard, nah kalau kita perhatikan ke yang paling bawah, di situ ada gambar keyboard dengan tanda panah ke kanan dan ke kiri.

Tergantung tangan mana yang Anda gunakan untuk mengetik dengan satu tangan, kanan atau kiri, maka solusi ini berhasil mengurangi beban pada jempol untuk tidak meraih tombol terjauh dengan susah payah lagi. Sederhana bukan?

Fitur ini tidak ada di keyboard-keyboard pihak ketiga, semisal G-Board yang kami gunakan di iPhone kami. Jadi untuk merasakan enaknya one hand mode, Anda mesti mengganti keyboard dengan keyboard bawaan iOS.

Cara menambah keyboard pihak ketiga dan menambah keyboard iOS dengan bahasa berbeda sudah pernah kita bahas berkali-kali. Tapi secara singkat, kita bisa melakukannya lewat pilihan Setting > General > Keyboard > keyboards dan dari sana Anda bisa menambahkan atau mengurangi keyboard yang dipakai.

2.    Drag-Drop Teks

Bagi penulis seperti kami, kebutuhan editing teks sangatlah penting dan iOS teranyar ini, setidaknya telah memberikan apa yang selama ini kita butuhkan, kemampuan drag dan Drop. Kadang saat membaca ulang tulisan kita, dirasa ada yang perlu dipindahkan. Atau ada satu paragraf yang seharusnya ada di bawah, justru ditulis di atas.

Nah dulu kita melakukannya dengan cara cut/paste. Ga salah sih. Dan juga ga banyak perbedaan di sisi waktu yang dibutuhkan. Tapi dengan Drag/Drop kita diberi pilihan untuk bisa melihat detil teks yang lengkap tanpa harus kehilangan teks sebelumnya.

Caranya, kita pilih teks yang mau dipindahkan. Seperti biasa dengan tekan di salah satu kata, lalu memanjangkan kursor agar semua yang ingin dipindahkan terhighlight. Lalu tekan lama bagian yang terhighlight tadi hingga terangkat dari tempatnya. Lalu geser ke tempatnya yang kita inginkan.

Apabila lokasi target berada jauh di bawah maka seperti biasa kita geser ke bawah hingga otomatis halaman bergerak dengan sendirinya ke bawah.

3.    Mark Up untuk Berkomunikasi

Pada pembahasan fitur-fitur iOS 11, fitur ini sempat disinggung. Tapi untuk tulisan kali ini, kami sengaja akan membahasnya lebih ke pengaplikasian sehari-hari. Teman saya, pengusaha katering sudah memanfaatkan fitur Mark Up sebagai foto editor untuk memperlihatkan menu mana yang bernama apa. Itu adalah contoh penerapan yang menarik.

Kali ini, kita kan membahas Mark Up untuk melakukan komunikasi dua arah. Semisal layouter dengan Redaktur, atau Desainer dengan Kliennya. Apapun bentuk file yang terkirimkan di antara mereka, bisa jadi jpeg, yang tersimpan di Photos, melalui kiriman WhatsApp atau email, bisa jadi file lain semisal png, pdf bahkan dokumen.

Ketika pihak klien atau redaktur ingin memberikan pesan terhadap desain yang dikirimkan layouter atau desainer grafis, maka kita bisa dengan mudah mengedit gamabr dan dokumen tadi dengan markup. Caranya: buka gambar tadi, tekan edit, lalu klik tanda titik tiga di pilihan paling kanan untuk memunculkan pilihan markup. Tekan markup.

Di situ kita akan menemukan tool berupa drawing tool yang terdiri dari gambar spidol, marker dan pensil. Gunakan salah satu tool ini sesuai kebutuhan. Untuk memberi tanda di teks misalnya, gunakan marker. Untuk membuat lingkaran atau teks, Anda bisa gunakan pilihan yang tersedia, lewat tanda PLUS di pilihan paling kanan.

Termasuk di dalamnya tanda panah. Anda bisa mengganti warna garis dan marker ini dengan menekan tombol warna. Dan jika sudah selesai, silakan klik done.